Tugas dan Peran Manajer Pemasaran Digital

Banyak perusahaan dan organisasi saat ini yang mengalihkan cara pemasaran mereka ke media digital. Apalagi, saat ini banyak cara untuk menghemat biaya pemasaran usaha dengan memanfaatkan berbagai media sosial dan media digital lainnya.

Koneksi erat dengan individu maupun perusahaan atau organisasi lain juga meningkatkan kemungkinan untuk menghemat biaya pemasaran digital. Seorang manajer pemasaran digital adalah orang yang paling bertanggung jawab untuk mengarahkan para supervisor dan staf pemasaran di bawahnya dalam menjalin koneksi tersebut.

Di saat yang sama, menjalin koneksi yang berguna untuk perusahaan atau organisasi bukan satu-satunya tugas manajer pemasaran digital. Alih-alih, tugas manajer pemasaran digital juga mencakup hal-hal berikut ini:

1. Mendampingi para staf saat berbicara dengan klien

Poin pertama dari tugas manajer pemasaran digital ini adalah salah satu yang paling penting, mengingat semua staf pemasaran digital selalu menjadi jajaran pekerja yang berhubungan paling erat dengan berbagai klien.

Seorang manajer pemasaran digital adalah pemimpin dari semua staf pemasaran digital yang berada di bawahnya. Terkhusus untuk staf yang baru masuk, manajer pemasaran digital biasanya mendampingi saat melakukan negosiasi dengan klien sehingga arah pembicaraan sesuai dengan kebutuhan perusahaan.

Download Template dan Sampel Social Media Marketing Plan - Sekarang.....

Ada kalanya pula seorang klien ingin mengenal strategi dan produk dari perusahaan. Kedua hal ini juga termasuk hal yang perlu seorang manajer pemasaran digital komunikasikan hingga klien dapat melakukan pembelian pada produk atau jasa dari perusahaan.

2. Merancang strategi untuk digital marketing

Seperti halnya manajer di departemen lain, seorang manajer pemasaran digital pada umumnya memiliki cakupan tugas yang bersifat strategis dan bukan teknis. Karenanya, seorang manajer pemasaran digital lebih dekat dengan tujuan, misi, visi, dan nilai perusahaan.

Mengenai kedekatan dengan berbagai pernyataan misi perusahaan ini, salah satu tugas dari manajer pemasaran digital adalah merancang strategi digital marketing yang sejalan dengan nilai perusahaan.

Dari sana, seorang manajer digital marketing juga merancang kampanye digital marketing yang akan dijalankan.

Misalnya, manajer digital marketing menentukan jadwal posting Instagram Feed, menentukan warna dan konsep desain postingan, dan lain-lain. Setelahnya, para staf digital marketing mengeksekusi konsep tersebut sehingga para pengunjung nyaman melihatnya.

3. Menentukan Arah Lanjutan Dari Kampanye Digital Marketing

Hal lain yang tidak kalah penting dari tugas manajer pemasaran digital hampir mirip dengan sebagian besar manajer di departemen lain dalam hal menentukan arah lanjutannya. Untuk manajer pemasaran digital, kampanye digital marketing adalah hal yang arah kelanjutannya harus ditentukan.

Posting media sosial, spanduk, dan video tertentu pada media daring apa pun, merupakan sebagian kecil dari kampanye digital marketing yang para manajer pemasaran digital harus perhatikan dengan seksama.

Dari semuanya ini, seorang manajer pemasaran digital harus dapat menentukan KPI untuk mengukur kinerja para staf pemasaran digital dalam memenuhi konsep yang telah diberikan. KPI ini nantinya akan dijadikan satu dengan dari departemen lain dan dipertanggungjawabkan pada para dewan direksi.

Misalnya, KPI penjualan produk tertentu harus setidaknya 85% per staf tenaga pemasaran digital. Seorang manajer pemasaran digital tidak hanya menjaga agar rata-rata KPI 85% atau di atasnya.

Alih-alih, manajer pemasaran digital juga harus mengevaluasi secara berkala strategi dan kampanye digital marketing yang dirancang.

Misalnya, bila masalah terletak pada kurangnya pemahaman atau salah tafsir dari para staf digital marketing mengenai rencana kampanye pemasaran yang ada, maka manajer pemasaran digital harus menyesuaikan dengan strategi yang semua anggota tim pemasaran digital dapat penuhi.

4. Memberikan Motivasi Kepada Para Staf Pemasaran Digital

Pemasaran digital atau digital marketing seringkali merupakan departemen yang membutuhkan kelincahan tingkat tinggi. Demikian pula dengan seorang manajer pemasaran digital yang tidak hanya harus mempertahankan keseluruhan rata-rata KPI dan mengevaluasi programnya secara berkala.

Banyak kejadian di perusahaan yang melibatkan para staf yang seharusnya pandai dan berbakat. Namun, karena kurangnya motivasi dari atasan, performa atau KPI mereka menjadi turun. Kelelahan kerja dan hal tersebut juga terjadi dalam departemen pemasaran digital.

Dari sini, salah satu bagian tugas manajer pemasaran digital adalah mendorong semangat atau memotivasi para staf pemasaran digital. Meskipun insentif berupa uang sering menjadi motivator yang populer, tidak ada salahnya untuk memberikan insentif dalam bentuk lain.

Misalnya, karena profesi digital marketing sangat terkait dengan bepergian, tidak ada salahnya mengajak staf pemasaran digital untuk berjalan-jalan di sekitar pusat perbelanjaan atau supermarket di hari libur. Kali ini, pertimbangkan untuk mengajak mereka hanya sekadar berjalan-jalan, menikmati diskon, atau merawat diri.

Dengan menciptakan suasana yang tenang tersebut, para staf akan memahami kegiatan perusahaan tidak selalu terkait soal proyek. Dalam kegiatan yang santai pun, para staf dapat melihat cerminan nilai perusahaan yang digambarkan.

Dengan demikian, makin banyak staf pemasaran digital yang termotivasi untuk melakukan yang terbaik. Jika sudah demikian, bukan hal yang mustahil lagi untuk angka KPI yang naik. Kampanye digital marketing pun akan menjaring lebih banyak pelanggan potensial.

Jadi, keempat hal tersebut adalah tugas manajer pemasaran digital yang perlu para manajer pemasaran digital masa kini penuhi.

Dalam menjalankan keempat tugas tersebut, tidak jarang manajer pemasaran digital membutuhkan serangkaian alat.

Jika di masa lalu SAP sering manajer pemasaran gunakan untuk memasukkan data KPI dan lain-lain, saat ini terdapat banyak alat untuk menyimpan semua laporan kemajuan kampanye pemasaran digital yang dapat manajer pemasaran digital gunakan.

Download Paket 20 Presentasi Marketing + 22 Marketing Tools Sekarang.....