Strategi Promosi yang Efektif untuk Meningkatkan Penjualan

Banyak dari pelaku usaha yang tidak sadar tentang pentingnya strategi promosi agar jualan laris. Sebagian besar mengira semua itu hanya bergantung dari seberapa besar biaya yang mereka keluarkan untuk kebutuhan promosi.

Tapi semua biaya itu akan terbuang percuma jika tetap saja minim pembeli. Tidak jarang mereka terpaksa gulung tikar karena terlalu banyak mengeluarkan biaya promosi. Nah, kalian tentu tidak ingin usaha kalian jatuh ke lubang yang sama kan?

Untuk itu kalian perlu mengetahui apa saja strategi promosi agar jualan laris. Ya, promosi juga membutuhkan strategi dan perencanaan untuk mendapatkan hasil maksimal. Selain produk yang laris, nama usaha kalian akan dikenal oleh lebih banyak orang.

Lalu, apa saja sih strategi yang perlu kalian terapkan? Apa iya kalian bisa menghemat biaya promosi? Dan apa saja hal terpenting untuk dilakukan selama melakukan promosi?

Kenali pelanggan dan sainganmu

Sebelum mulai membangun strategi promosi, kalian perlu mengenali  semua pelanggan dan saingan yang ada. Kalian perlu tahu apakah sudah ada banyak toko yang menjual barang yang sama.

Ada baiknya kalian menentukan target jualan kalian sejak awal. Hal ini akan mempermudah promosi yang akan dilakukan. Satu hal yang perlu diingat adalah target pembeli erat kaitannya dengan lokasi jualan. Selain berhubungan dengan harga, hal ini juga bisa mempengaruhi promosi apa saja yang bisa kalian gunakan.

Brand ternama seperti Louis Vuitton dan Hermes tidak akan pernah memberikan promo beli 1 gratis 1. Hal ini karena mereka mengerti target pembeli mereka berasal dari kalangan yang tidak peduli akan diskon dan promo seperti itu. Karena itu mereka juga ada di mall mewah atau memiliki butik terpisah.

Manfaatkan Social Media sebaik mungkin

Social media adalah salah satu tempat efektif untuk melakukan promosi. Ada jutaan pengguna media sosial di Indonesia, ini menjadikan lahan promosi kalian tidak terbatas. Walau demikian,, ada beberapa tips yang harus kalian ketahui agar jualan kalian bisa lebih laris lagi.

  • Ketahui kapan pelanggan kalian online

Salah satu strategi promosi agar jualan laris adalah dengan posting di social media kalian di jam-jam tertentu. Inilah salah satu hal tentang pelanggan kalian yang perlu kalian pahami, jam berapa saja mereka aktif di media sosial.

Dengan membuat post di jam mereka aktif, besar kemungkinan pelanggan lama untuk melihatnya dan berinteraksi dengan kalian. Laman yang interaktif akan memberikan nilai tambah bagi calon pembeli baru.

  • Gunakan kata kunci yang tepat untuk promosi

Kalian harus sadar bahwa ada jutaan took lain yang juga menggunakan media sosial sebagai tempat promosi mereka. Tenang saja, ada banyak cara untuk tampil di hasil pencarian.

Cara utama adalah dengan memanfaatkan tagar yang tepat. Kalian harus tahu tanda pagar (tagar) apa saja yang sedang menjadi tren. Lalu kalian membuat narasi dengan menggunakan kata-kata tersebut. Dari begitu banyak kata kunci dan tagar, pilih yang paling banyak digunakan. Karena itu berarti ada banyak orang yang mencari kata tersebut.

  • Gunakan foto asli yang terbaik

Kesalahan ini umumnya dilakukan oleh usaha rumahan. Seringkali, mereka menggunakan gambar seadanya saja atau bahkan gambar milik orang lain. Banyak diantara mereka yang beralasan bahwa mereka tidak pandai mengambil foto.

Jika tidak memiliki dana untuk menyewa fotografer professional, kalian bisa menggunakan kamera ponsel untuk mengambil foto. Sekarang ada banyak tips dan tutorial tentang mengambil foto untuk usaha. Yang terpenting adalah kalian menempatkan produk kalian sebagai fokus foto.

  • Gunakan data dan marketing tool yang ada

Media sosial memberikan fasilitas insight untuk melihat data kunjungan dan interaksi dari pelanggan. Mereka akan memberikan gambaran dari jumlah orang yang telah melihat foto usaha kalian.

Tidak masalah jika kalian tidak terlalu mengerti tentang statistik yang ditampilkan. Kalian hanya perlu memahami bahwa data tersembut menggambarkan jumlah view atau click yang kalian dapat.

Kalian bisa melihat sendiri pelanggan dan calon pelanggan kalian menyukai post yang seperti apa. Lalu kalian hanya perlu menyesuaikan strategi promosi berikutnya sesuai dengan post yang berhasil tersebut.

Seberapa sering bisa meakukan promosi?

Ini merupakan salah satu pertanyaan yang banyak diajukan. Haruskah kalian bisa melakukan promosi setiap hari? Untuk menjawab pertanyaan ini, kalian harus mempertimbangkan jumlah produk yang kalian miliki dan berapa banyak pesanan yang bisa kalian penuhi.

Jika usaha kalian baru dirintis, maka kalian harus melakukan promosi jangka panjang. Hal ini berarti kalian harus terus membuat post secara berkala di media sosial.

Kalian bisa memanfaatkan fitur boost yang ada di Facebook atau Instagram untuk memperluas jangkauan. Fitur ini akan menampilkan post yang sudah kalian pilih ke calon pelanggan. Kalian sendiri yang menentukan foto mana yang digunakan, dan seberapa jauh jangkauannya. Tentu saja hal ini tidak diberikan secara cuma-cuma.

Karena itu, kalian harus bisa menghitung seberapa sering boost dilakukan untuk menjaring lebih banyak pelanggan. Jangan sampai terlalu banyak membuang uang untuk promosi tapi tidak banyak perubahan pada jumlah pelanggan.

Nah, semua ini adalah strategi promosi agar jualan laris. Banyak usaha yang sudah menerapkan sebagian dari strategi ini untuk usaha mereka. Tidak sedikit pula yang berhasil meningkatkan produksi dan penjualan hingga dua kali lipat. Inilah kesempatan kalian untuk mengembangkan usaha ke tingkat yang jauh lebih tinggi lagi.

Jangan lupa untuk memperhitungkan biaya yang digunakan untuk promosi. Jumlah ini penting untuk mengetahui berapa jumlah keuntungan yang didapat dari semua promosi ini.

Anda ingin mendapatkan Summary 20 Buku Bisnis Terbaik Dunia secara GRATIS? Silakan KLIK gambar di atas.

Slide1