Peran dan Tugas Manajemen Pemasaran dalam Bisnis

Kemampuan mempengaruhi orang lain dapat diarahkan untuk membujuk calon konsumen untuk membeli dan berlangganan suatu produk. Posisi yang punya tanggung jawab itu disebut manajer pemasaran. Anda yang memiliki kemampuan berkomunikasi lancar cocok sekali menjadi peran manajer pemasaran.

Sayang tidak semua orang memahami siapa itu manajer pemasaran dan tugasnya. Jika seseorang berniat bekerja di divisi ini maka diharuskan untuk memiliki pengetahuan luas dan setidaknya berpengalaman. Penjelasan lebih rinci tentang hal yang berhubungan manajer pemasaran akan dibahas lebih lanjut berikut.

Pengertian Manajer Pemasaran

Manajer pemasaran merupakan pekerjaan yang akan berperan menangani bagian pemasaran suatu produk atau layanan. Demi dapat menjalankan tugasnya dengan baik, seorang manajer pemasaran perlu memiliki keterampilan berkomunikasi, ramah, senang bergaul, dan bersikap spontan tetapi tetap sopan.

Seorang manajer marketing juga diharuskan untuk selalu berfokus memajukan penjualan dan punya orientasi mendetail. Bahkan seorang manajer juga diharuskan untuk selalu bersikap sesuai SOP dan berhati-hati dalam membuat jadwal serta anggaran yang dikeluarkan untuk pemasaran. Kemajuan perusahaan akan menjadi pesat ketika bagian pemasaran berhasil membujuk banyak pelanggan dengan dana seminimal mungkin.

Lingkungan kerja seorang manajer pemasaran adalah di kantor. Seorang manajer ini diharapkan mampu melakukan riset produk mendetail dengan selalu memperhatikan kompetitor. Penting juga untuk terus mengamati tren pembelian yang dilakukan konsumen. Tak selesai sampai di situ, seorang manajer pemasaran diharuskan untuk mampu menganalisa produk baru apakah sesuai tren terbaru atau tidak.

Keterampilan yang perlu dimiliki adalah mengoperasikan komputer, Microsoft Office, dan beberapa software pendukung lainnya. Seorang manajer juga diharuskan mampu mempelajari background klien sehingga dapat berpikir dengan sudut pandang kliennya. Manajer juga tidak hanya bekerja secara mandiri tetapi mampu bekerja bersama tim.

Mampu menjalin komunikasi yang baik terhadap divisi lain yang ada di perusahaan. Misalkan saja mampu menjalin komunikasi yang baik dengan tim produksi. Hal ini penting dilakukan agar dapat menyempurnakan produk dan mengambil saran positif yang ditinggalkan dari komen klien.

Tugas dari orang yang berprofesi ini adalah melakukan perjalanan untuk bertemu klien dan juga media pemasaran. Bahkan harus menjadwalkan waktu bertemu perusahaan produksi untuk pembuatan video maupun perusahaan cetak.

Peran Manajer Pemasaran

Kondisi keuangan perusahaan selalu tergantung pada manajemen pemasaran. Tidak heran kalau manajemen pemasaran sering dikatakan sebagai ujung tombak perusahaan. Agar bisa berfungsi dengan baik, manajer pemasaran harus tahu perannya secara spesifik.

  1. Mengetahui Pangsa Pasar

Peran manajer pemasaran yang pertama adalah mengetahui pangsa pasar. Mengetahui pangsa pemasaran yang tepat dapat membuat kegiatan pemasaran menjadi lebih efektif. Sekali melakukan pemasaran maka akan banyak klien atau konsumen yang tertarik. Terlebih lagi pangsa pasar sering dipakai menjadi patokan dalam mengukur kompetisi antar perusahaan.

Pangsa pasar dapat dijadikan acuan perkembangan dan performa perusahaan di tengah gempuran persaingan. Seluruh kegiatan pemasaran diharapkan mampu disesuaikan hasil analisa pengamatan.

  • Tahu Peluang Pemasaran

Kesuksesan pemasaran hanya bisa terlaksana ketika seseorang mengetahui peluang. Hal ini berlaku juga di bagian pemasaran dimana perusahaan akan bisa menjual banyak produk saat tahu peluangnya. Mengetahui peluang yang tepat dapat mempengaruhi kegiatan pemasaran. Bahkan proses melihat peluang juga dapat melibatkan media.

Seorang manajer pemasaran harus terus mengeksplor perkembangan media sosial untuk melaksanakan kegiatan pemasaran. Setelah menjajal penggunaan media sosial untuk pemasaran hasilnya perlu dievaluasi juga. Jika benar dapat meningkatkan hasil penjualan secara signifikan berarti bisa menjadi jalur strategi pemasaran berikutnya. Tak hanya itu, seorang pemasar juga bisa menyusun strategi lain untuk bisa semakin meningkatkan keuntungan.

  • Menyusun Strategi Pemasaran

Tidak sembarang orang dapat menyusun strategi pemasaran karena memerlukan insting dan analisa kuat. Seorang manajer harus benar-benar berfokus menyusun strategi pemasaran dengan banyak cara. Seorang pemasar juga diharuskan mengupgrade pengetahuan melalui buku, website, dan media lainnya. Hasil dari perancangan strategi sepenuhnya akan mempengaruhi kegiatan pemasaran.

Strategi yang jitu memungkinkan proses pemasaran menjadi efektif. Apabila mengambil strategi yang keliru maka akan ada keuangan perusahaan yang terbuang percuma. Dalam penyusunan strategi diperlukan riset tentang karakter dan kebiasaan konsumen, tempat pemasaran, dan lain-lain.

  • Menjalin Hubungan Baik terhadap Konsumen

Seorang manajer yang baik juga selalu membina hubungan baik terhadap konsumennya. Penjalinan hubungan yang baik dapat mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap perusahaan. Ada banyak cara baik yang bisa ditempuh untuk bisa membina hubungan dengan pelanggan. Semakin baik hubungan dengan konsumen maka bisa dipastikan konsumen akan semakin lengket dengan perusahaan.

Apabila membuat konsumen berpaling, bisa-bisa justru mereka lari ke perusahaan kompetitor. Sudah pasti hal ini akan menyulitkan perusahaan tempat Anda bekerja. Mendapatkan pelanggan setia sudah pasti merupakan hal yang sangat sulit. Marketing yang berhasil mendapatkan pelanggan diharapkan menjaganya sebaik mungkin.

  • Mengawasi dan Meningkatkan Kinerja Anak Buah

Mengelola rekan kerja di kantor sebagai tim bukan hal yang mudah. Terlebih lagi karakter setiap individu di kantor berbeda-beda. Seorang manajer yang baik harus mampu menciptakan budaya kerja saling membantu dan bukan saling menyalahkan. Setiap anggota dalam tim pemasaran juga punya pengetahuan dan keterampilan berbeda.

Peran manajer pemasaran adalah mampu menemukan keunggulan dari masing-masing anggota yang bisa diarahkan ke kegiatan pemasaran. Apabila ada anak buah yang punya kinerja belum sesuai harapan maka perlu dilakukan pembinaan, agar ke depan bisa memberikan performa yang terus meningkat.

Anda ingin mendapatkan Summary 20 Buku Bisnis Terbaik Dunia secara GRATIS? Silakan KLIK gambar di atas.

Slide1