Memahami Fungsi Manajemen Pemasaran Digital

Perkembangan teknologi memungkinkan manusia mengerjakan beberapa tugas dengan lebih ringan dan efisien, seperti teknik pemasaran. Divisi marketing sekarang tidak hanya perlu melakukan proses promosi secara konvensional. Ada banyak media berpromosi yang benar-benar hanya membutuhkan kuota internet dan kreativitas seseorang. Namun semua itu tetap memerlukan manajemen pemasaran digital agar promosi lebih terarahkan.

Apa Itu Manajemen Pemasaran Digital?

Pengertian dari manajemen pemasaran digital adalah proses untuk menentukan tujuan, analisa, dan juga eksekusi dari pemasaran untuk meningkatkan pendapatan perusahaan. Bahkan sistem manajemen pemasaran modern ini juga diterapkan pada organisasi. Perusahaan maupun organisasi tidak bisa mengabaikan begitu saja tentang proses ini, karena akan berpengaruh banyak terhadap proses penjualan produk ke target.

Memberikan arahan nilai yang diminta konsumen dan menonjolkan dalam pemasaran juga menjadi tugas dari orang yang bekerja di divisi marketing. Setelah diproduksi sejumlah tester maka divisi ini juga bertugas dalam menganalisa produknya berdasarkan konsumen yang mencoba tester. Apabila masih banyak konsumen yang kurang puas maka kembali dilakukan analisa dan memberitahukan kepada bagian produksi.

Terlebih lagi bagian divisi marketing harus selalu update terhadap perkembangan pemasaran perusahaan kompetitor. Beban tanggung jawab memajukan finansial perusahaan berada di pundak para divisi marketing. Orang-orang yang berada di divisi tersebut juga harus pandai dalam berkomunikasi dengan berbagai divisi lain, seperti sales, QC, produksi, dan lain-lain.

Konsep Pemasaran Berbasis Teknologi

Anda sudah memahami tentang proses manajemen pemasaran digital, maka juga perlu tahu mengenai konsep apa saja yang sering digunakan. Langsung saja kita bahas lebih mendetail seputar konsep yang dipakai di era digital ini.

  1. Perjalanan Pengguna Media Digital

Orang yang bekerja di bagian manajemen pemasaran digital harus memahami tentang perjalanan pengguna media digital. Perjalanan pengguna media digital dapat berguna untuk mempertemukan penjual dan pembeli. Media digital dapat menjadi pembentuk emosi dan persepsi orang yang menggunakannya.

Faktanya sebagian besar dari hasil penjualan terjadi karena emosional pembeli. Terdapat juga tahapan pembelian berikutnya seperti tahapan kesadaran dan juga penyebaran dari mulut ke mulut. Setiap kali suatu produk yang di-launching memang berkualitas maka popularitas akan terus meningkat dari waktu ke waktu.

Tak jarang pelanggan akan memberikan feedback sebagai cara berinteraksi dengan suatu iklan dan konten. Mereka banyak meninggalkan komentar sesuai pengalaman selama menggunakan produk atau layanan. Bagian manajemen pemasaran digital dapat memanfaatkan momen tersebut untuk terus memperbaiki kualitas juga.

Tidak selamanya interaksi dengan pelanggan harus berlangsung melalui pengisian formulir. Jalinan interaksi iklan yang baik dapat memancing orang untuk terus membeli dan justru menambah pelanggan. Semua jenis produk proses pemasaran harus melalui rute yang satu ini.

  • Update Saluran Pemasaran Digital

Seseorang yang bertugas di bagian manajemen pemasaran digital juga diharuskan selalu update terhadap saluran pemasaran digital. Popularitas suatu media digital selalu berubah dari masa ke masa. Beberapa contoh saluran pemasaran digital yang sering digunakan para penjual adalah pencarian organic untuk meningkatkan traffic Google, penelusuran berbayar, email, media sosial, dan juga referral.

Sedangkan media sosial sendiri selalu ada yang baru dan booming, seperti TikTok. Jadi media sosial yang sering dipakai berpromosi tidak hanya berupa Facebook atau Instagram saja. Ditambah lagi cara mendapatkan uang dari kedua platform tersebut juga terus diupdate dan sudah seharusnya bagian pemasaran paham akan hal itu.

  • Pembuatan Konten yang Inovatif dan Kreatif

Anda yang berniat menarik perhatian pelanggan harus selalu mengembangkan kreativitas. Pembuatan konten yang menarik sudah pasti akan menarik perhatian calon pelanggan untuk melihat iklan sampai akhir. Tidak heran iklan yang kreatif akan cepat menjaring minat pembelian terhadap produknya.

Konten yang dimaksud dapat berupa grafis, teks, dan juga video. Setiap grafis maupun video sebaiknya dibuat dengan kualitas tertinggi, sehingga menunjukkan profesionalitas suatu perusahaan dan produk. Tentu saja perkembangan dari kualitas foto dan video setiap masa selalu berubah menjadi semakin membaik.

Strategi Manajemen Pemasaran Digital

Setiap kegiatan pemasaran harus selalu punya strategi. Terdapat beberapa strategi yang populer dan biasa diterapkan oleh perusahaan modern. Kita bahas langsung strategi modern yang dapat diterapkan:

  1. Influencer

Manajemen pemasaran digital harus berpikir untuk berkolaborasi dengan para influencer. Seorang influencer punya follower cukup banyak yang mana dapat memberikan pengaruh besar terhadap followernya. Mayoritas follower berkecenderungan untuk mengikuti arahan dari influencernya.

Hanya saja memang mengajak bekerjasama seorang influencer harus memerlukan sejumlah biaya lebih. Pastikan juga produk sesuai dengan karakter influencernya dan terbukti punya nilai plus yang baik dibandingkan produk sejenisnya. Jika suatu produk memiliki nilai yang baik dan menggandeng influencer berfollower banyak maka dipastikan cepat menjadi tenar dan banyak pelanggan.

  • Ikut Affiliate Program

Strategi lain yang perlu diterapkan adalah ikut program afiliasi. Salah satu teknik afiliasi adalah memasarkan produk dari perusahaan lain. Setiap kali ada produk yang terjual maka proses pemasaran akan mendapatkan komisi yang besarnya tergantung kesepakatan.

Orang yang memasarkan suatu produk melalui program afiliasi dapat bekerja tanpa ada batasan waktu dan tempat. Proses pemasaran dapat dilangsungkan melalui laptop dan juga smartphone. Berdasarkan pembahasan di atas dapat diketahui kalau manajemen pemasaran digital pada suatu perusahaan sangat penting. Orang yang bekerja di bidang tersebut harus selalu melek terhadap perkembangan dunia digital sehingga tidak hanya sebatas media sosial saja. Proses pembuatan konten juga harus kreatif dan disesuaikan gaya hidup yang menjadi tar

Anda ingin mendapatkan Summary 20 Buku Bisnis Terbaik Dunia secara GRATIS? Silakan KLIK gambar di atas.

Slide1