Cara Memanfaatkan Social Media Marketing untuk Bisnis

Apa saja yang termasuk marketing di media sosial itu. Lalu, seberapa pentingnya jenis pemasaran ini untuk usaha kalian?

Media sosial sudah ada sejak lebih dari dua dekade yang lalu. Akan tetapi, saat itu mereka hanya digunakan untuk berbagi kabar dengan teman dan saudara. Baru pada satu dekade terakhir, dimana mulai banyak orang menggunakan laman media sosial mereka untuk usaha.

Mari berkenalan lebih lanjut dengan bentuk pemasaran ini. Apa saja yang termasuk di dalamnya dan apa saja yang bisa kalian lakukan. Tapi yang paling penting adalah kalian memahami dasar social media marketing untuk keperluan usaha.

Apa sih Social media marketing Itu?

Ada beberapa pengeertian tentang Social media marketing. Penjelasan yang umum digunakan adalah metode pemasaran dengan menggunakan semua media sosial yang ada. Tidak hanya menggunakan, kalian juga mengerti tentang pelanggan kalian dan calon pelanggan baru.

Satu pengertian lain tentang hal ini adalah proses pembuatan konten, yang nantinya akan banyak digunakan di media sosial. Semua hal ini mengacu pada hal yang sama, memanfaatkan media sosial sesuai dengan profil pengguna untuk meraih pelanggan sebanyak-banyaknya.

Perlu kalian ketahui, tiap media sosial memiliki profil pengguna yang berbeda-beda. Dan ini berarti membutuhkan bentuk konten yang berbeda-beda pula. Selain itu, para pelanggan kalian juga berasal dari berbagai kalangan, dan tentu saja memberikan perhatian dengan cara yang berbeda.

Sebagai contoh, media sosial Instagram sekarang banyak digunakan untuk konten berbentuk video. Hal ini karena Instagram menyediakan fitur reel preview dimana kalian bisa menempatkan highlight dari video kalian di 20 detik pertama. Cara ini bisa menarik banyak orang untuk melihat lebih banyak, sebelum akhirnya singgah di laman kalian untuk melihat isi feed.

Tentu saja ada Youtube, Twitter, dan Facebook, yang masing-masing juga memiliki profil yang berbeda-beda. Jika pengguna Instagram lebih tertarik pada foto atau satu konten visual, pengguna Twitter lebih menyukai konten yang sifatnya interaktif seperti saling meninggalkan komentar atau membuat survei. Sama halnya dengan pengguna Facebook yang juga menyukai untuk berinteraksi dalam satu grup pertemanan.

Bagaimana Cara Memanfaatkannya?

Ada banyak skill yang dibutuhkan untuk melakukan marketing. Selain kemampuan untuk mengkomunikasikan produk dan jasa, kalian juga memerlukan kemampuan mengolah data yang mumpuni. Kalian juga perlu untuk mengetahui dasar fotografi dan manipulasi gambar untuk bisa memberikan konten terbaik.

Bahkan, kemampuan di bidang data bisa jadi sangat penting untuk menentukan arah promosi nantinya. Hal ini karena media sosial akan memberikan data tentang tampilan, jangkauan, dan proyeksi keuntungan dari laman mereka.

Kalian tentu sadar, bidang pemasaran erat kaitannya dengan berbagai bentuk komunikasi. Hal itulah yang dimanfaatkan di pemasaran di media sosial. Selain menggunakan gambar dan video, kalian juga harus bisa menggunakan kata-kata yang menarik.

Menarik melalui kata-kata bisa menjadi hal yang mudah ketika kalian memahami konsep SEO. Search Engine Optimization adalah salah satu alat pemasaran yang bisa digunakan di media sosial. Menggunakan kata kunci dan tagar yang banyak dipakai, kalian bisa menampilkan bisnis kalian dan menarik banyak pelanggan.

Akan tetapi, hal terpenting dari pemanfaatan social media marketing adalah mengetahui target pelanggan dan menyesuaikannya dengan usaha yang kalian jalankan. Jika usaha kalian dikhususkan bagi para professional muda, maka kalian sebaiknya menggunakan Instagram.

Laman Instagram kalian sebaiknya menggunakan desain puzzle dengan warna-warna mencolok. Desain puzzle akan membentuk satu poster besar yang terdiri dari 9 post berbeda. Para pelanggan baru dan lama akan melihat keunikan ini dan tertarik untuk melihat semua post kalian.

Beberapa Hal Yang Harus Diperhatikan

Walau demikian, ada beberapa hal yang harus diperhatikan ketika melakukan pemasaran melalui media sosial. Berikut adalah beberapa hal yang bisa saja terjadi pada kalian.

  • Biaya pemasaran

Media sosial memang tidak memungut biaya untuk mendaftar dan memanfaatkan. Akan tetapi, untuk menjangkau lebih banyak calon pelanggan baru, kalian bisa memanfaatkan fitur boost dan Ad. Semua fitur ini ada untuk membantu promosi kalian. Tentu saja dengan membayar sejumlah uang. Mereka menerapkan biaya minimum sebagai biaya promosi harian. Jumlah biaya ini akan menyesuaikan dengan luas jangkauan calon pelanggan. Karena itu, perhitungkan dengan baik seberapa besar jangkauan dan biaya promosi minimum yang kalian inginkan. Media sosial umumnya melakukan boost selama seminggu, dan bisa diperpanjang atau dihentikan untuk evaluasi.

  • Waspada Scam dan Penipuan

Kalian juga perlu waspada akan adanya penipuan, atau bahkan akun usaha kalian digunakan untuk menipu. Hal ini sering terjadi karena masih kurangnya pengetahuan di antara para pengguna media sosial. Terlebih lagi jika kalian menggunakan kata yang mudah diingat pengucapannya tapi tidak untuk ditulis. Perbedaan ini bisa menyebabkan calon pelanggan kalian tertipu. Karena itu, kalian harus selalu mengingatkan bahwa laman kalian adalah laman resmi dan satu-satunya dari usaha tersebut.

Ada banyak alasan kenapa kalian harus mahir dalam hal ini. Alasan utama adalah untuk membantu diri kalian sendiri ketika nantinya memulai satu usaha. Tapi juga bisa memahami promosi yang banyak kalian lihat, dan lebih berhati-hati lagi.

Menguasai social media marketing bukanlah hal yang mudah. Bahkan, hampir tidak ada orang yang benar-benar menguasai semua bagian dari pemasaran ini. Akan tetapi, dengan pengalaman dan usaha, kalian bisa menguasai salah satu bidang

Anda ingin mendapatkan Summary 20 Buku Bisnis Terbaik Dunia secara GRATIS? Silakan KLIK gambar di atas.

Slide1