Strategi Instagram Marketing yang Paling Cetar Membahana

Strategi pemasaran melalui media online atau internet adalah hal yang jamak dilakukan. Berbagai jenis media online yang ada saat ini dapat dimanfaatkan untuk tujuan pemasaran.

Diantara berbagai mode media online yang bisa dipergunakan, medial sosial online seperti Instagram juga bisa dimaksimalkan untuk kepentingan pemasaran sebuah produk ataupun jasa.

Instagram merupakan sebuah media sosial dimana para anggotanya saling berbagi foto yang mereka ambil dari kehidupan sehari-hari.

Fokus dari Instagram berupa foto atau gambar, membuat mereka yang melihat gambar tersebut merasa lebih dekat dengan apa yang ada dalam gambar, dan hal ini membuka jalan terhadap sebuah strategi marketing yang baru yaitu pemasaran secara visual.

Jumlah pengguna Instagaram yang telah mencapai lebih dari 80 juta orang pada tahun 2013 dan terus meningkat membuat peluang marketing melalui media sosial yang satu ini terbuka sangat lebar.

Pertanyaannya adalah, bagaimana cara para marketer memanfaatkan Instagram untuk tujuan marketing? Ada beberapa cara yang bisa ditempuh oleh para marketer untuk tujuan ini.

Namun, perlu diingat bahwa Instagram hanyalah satu dari sekian banyak strategi pemasaran online yang bisa dipergunakan dan sebaiknya strategi ini dipergunakan untuk memperkuat tekhnik pemasaran lainnya.

• Pergunakan Instagram sebagai sebuah cara untuk memberikan informasi mengenai produk dan perusahaan yang ada di belakangnya kepada masyarakat luas. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara mulai dari memposting foto-foto produk yang ditawarkan, foto proses produksi dari produk tersebut, foto para karyawan dan juga foto acara-acara yang dilakukan oleh perusahaan tersebut. Get marketing strategy ppt slides.

Seimbangkanlah antara foto yang menawarkan produk dengan foto-foto lain yang lebih bersifat senang-senang saja. Hal ini akan membuat para calon konsumen merasa terhibur dan tidak jenuh bila hanya disuguhi dengan foto-foto produk.

• Pergunakan Instagram untuk mengadakan kontes foto. Hal seperti ini akan meningkatkan kesadaran masyarakat luas mengenai brand tersebut.

Kontes foto yang dilakukan pun tidak harus berkelas profesional dimana para pengunjung yang lain bisa diajak ikut serta untuk mem vote dan memilih foto apa yang paling mereka sukai. Hadiah dari kontes ini bisa beraneka macam misalnya saja kupon potongan harga ataupun produk-produk tertentu.

• Menyertakan caption atau keterangan dari foto yang diambil. Sebuah foto bisa berbicara lebih dari dari seribu kata, namun akan jauh lebih baik bila pada setiap foto yang ada diberikan keterangan mengenai tempat, waktu, acara atau subjek dari foto itu sendiri.

• Mengupload foto yang terbaik. Instagram memiliki berbagai fitur yang bisa dipergunakan untuk membuat sebuah foto nampak lebih baik.

Tidak hanya itu, para marketers juga bisa menggunakan berbagai aplikasi lain yang membuat foto tersebut nampak lebih menarik. Sebuah foto yang menarik bisa jauh lebih menjual dari seribu kata-kata tanpa makna.

Selain itu, ambillah foto dari sudut-sudut yang berbeda untuk membuatnya tampil lebih unik dan menarik. Foto-foto unik seperti ini akan lebih mendapatkan perhatian dibandingkan foto yang biasa-biasa saja

• Membuat hashtag untuk setiap foto yang diupload. Hashtag ini akan membuat konten dari foto tersebut menjadi lebih fokus. Dalam hal ini, Hashtag menyerupai keyword atau kata kunci yang menjadi dasar pencarian orang dalam internet.

Penggunaan hashtag yang tepat dan bijak akan membantu para pengguna Instagram lainnya untuk bisa mengingat dan mengidentifikasi foto tersebut.

• Membuat jadwal rutin untuk mengupload foto ke akun instagram yang bersangkutan. Untuk bisa mendapatkan lebih banyak follower, sebuah akun perlu mengupload foto secara rutin. Sebuah foto yang diupload sehari sekali bisa menjadi awal yang baik.

Tidak perlu terlalu sering mengupload foto karena hal ini bisa jadi akan membuat akun tersebut menjadi terlalu penuh oleh foto-foto yang ada, yang bisa membuat mereka yang melihatnya menjadi jenuh.

• Memajang foto-foto para pelanggan. Salah satu cara menunjukkan kepada masyarakat luas bahwa produk atau jasa yang ditawarkan adalah produk yang menarik dan mendapat kepercayaan dari orang banyak adalah dengan memajang foto-foto dari para pembeli.

Foto yang dipajang bisa jadi foto dari para pembeli saat sedang melakukan transaksi pembelian produk yang dimaksud atau bisa juga foto dari mereka yang hadir saat sedang dilangsungkan acara oleh perusahaan yang bersangkutan.

• Lihat dan perlakukan Instagram sebagai sebuah komunitas. Hal ini berarti sebuah perusahaan, dalam mempergunakan akun Instagramnya, tidak hanya berfokus pada produk atau jasa yang mereka jual saja.

Libatkan orang lain yang juga merupakan para pengguna Instagram misalnya dengan cara men-tag orang lain di foto-foto mereka, memberi tanda like pada foto-foto pengguna Instagram yang lain dan selalu merespon terhadap setiap pertanyaan atau komentar yang diberikan oleh para pengunjung.

• Koneksikan akun Instagram tersebut dengan akun media sosial lain yang dimiliki oleh perusahaan yang sama misalnya saja Facebook, Twitter, ataupun website. Hal ini akan membuat semakin banyak orang yang mengerti akan keberadaan dari perusahaan ataupun produk tersebut.

Penggunaan Instagram sebagai media marketing bisa memberikan hasil yang maksimal bisa dipergunakan bersama-sama dengan media lainnya. Ingatlah bahwa metode hard selling atau terus menerus menjual nampaknya kurang efektif di Instagram.

Buatlah Instagram sebagai tempat untuk berbagi dan secara tidak langsung, hal ini akan membuat para pengguna Instagram lainnya akan merasa lebih akrab dengan perusahaan tersebut atau bisa dikatakan bahwa penggunaan Instagram lebih dimaksudkan sebagai tekhnik soft selling untuk bisa mendekatkan diri kepada lebih banyak orang.

Slide1

Slide1