Cara Merumuskan Strategi Facebook Marketing yang Impactful

Peluang bisnis saat ini sangat banyak dan harus benar-benar dimanfaatkan. Jika bisa memanfaatkannya dengan baik, maka bukan hanya seputar keuntungan saja. Anda pun bisa sukses memberikan lapangan kerja kepada orang lain.

Salah satu peluang dalam dunia bisnis saat ini yaitu adanya internet. Internet yang mampu menjangkau dunia secara luas dengan pemanfaatan yang sebaik-baiknya mampu menjadi lahan bisnis yang begitu kuat dengan persaingan yang semakin ketat juga saat ini.

Dari keseluruhan media di internet untuk berbisnis, jejaring sosial adalah media yang paling merajai karena banyaknya pengguna. Facebook adalah salah satunya yang bisa Anda manfaatkan dengan baik untuk berbisnis ini.

Di seluruh dunia, manusia hampir semua menggunakan facebook. Terakhir, di tahun 2013 saja, penggunanya mencapai angka 1 milyar dengan pengguna di Indonesia sebanyak 50 juta. Karena banyaknya pengguna facebook inilah maka peluang bisnis di facebook dirasa tepat untuk dijadikan lahan bisnis. Peluang ini pun telah banyak dibuktikan dengan banyaknya pengusaha sukses yang kaya dengan modal hanya memiliki account facebook saja.

Untuk Indonesia sendiri, facebook dirasa menjadi salah satu media yang tepat untuk memangkas angka pengangguran. Misalnya dengan membuka online shop.

Membangun online shop mudah, tanpa harus sewa toko seperti di bisnis atau konvensional yang mengharuskan Anda memiliki tempat. Anda tinggal menjaring konsumen, memasarkan produk dengan strategi bisnis yang efektif, dan Anda tinggal menikmati setiap kenaikan penghasilannya. Sebuah peluang bisnis tanpa modal yang sayang untuk Anda lewatkan begitu saja, apalagi untuk yang belum memiliki pekerjaan.

Karena dalam sebuah bisnis marketing itu penting, tidak terkecuali untuk bisnis online dengan facebook. Anda harus bisa memasarkan produk kepada publik dengan promosi menarik yang membuat jutaan para pengguna facebook tersebut melirik, memilih, dan akhirnya menggunakan produk Anda.

Beberapa kelebihan yang ditawarkan facebook kepada Anda dalam proses pemasaran melalui jejaring sosial yang satu ini antara lain penciptaan sebuah brand dan mengokohkannya, solusi bisnis yang kompetitif, solusi bisnis bagi yang tidak memiliki dana untuk promosi, informasi mudah diakses dan didapatkan oleh para konsumen, media efektif dalam promosi, menjaring konsumen yang potensial, dan meningkatkan penjualan.

Selain menjaring mereka yang baru sebagai konsumen Anda, maka manfaatkan mereka yang sudah ada terlebih dahulu. Tujuannya untuk mengukur pasar terhadap produk Anda. Selain itu bentuk komunikasi yang lebih atraktif dan menarik yang mencakup keseluruhan produk Anda yang bisa membuat yang lain ketika membaca percakapan tersebut merasa tertarik ingin bergabung juga dan penasaran untuk mencoba produk Anda.

Apalagi sistem 24 jam untuk setiap detik yang selalu dilakukan terhadap akses facebook ini membuat pasar Anda benar-benar hidup setiap saat.

Selain dengan membuat account pribadi untuk memulai bisnis dengan cara online ini, lebih baik Anda membuat group atau fanpage yang lebih menarik perhatian dengan update setiap saat. Jangan hanya menaruh postingan foto produk saja. taruh juga artikel menarik yang membuat orang membacanya.

Berbisnis baik di internet maupun bukan tetap memiliki aturan atau etika yang tidak boleh Anda abaikan. Untuk berbisnis di facebook sendiri, salah satu etikanya yaitu dengan tidak menaruh sembarangan posting produk diberanda orang yang mengganggu yang jatuhnya membuat pemilik account tersebut merasa jengkel memblock Anda dan memberikan respon negatif dengan mengatakannya pada orang. Jadi, butuh pemahaman keterampilan.

Salah satu cara yang disarankan dalam strategi pemasaran melalui facebook selain dengan membuat grup adalah iklan. Anda akan memajang produk bisnis Anda dalam bentuk iklan di space yang telah disediakan khusus untuk iklan di facebook tersebut.

Selain membuat foto yang menarik, Anda juga harus memiliki tagline yang atraktif, konten berupa artikel menarik dan update atau populer, dan jangan lupa untuk setiap up date yang Anda buat bahasanya harus komunikatif.

Keterampilan yang Anda miliki dalam marketing melalui facebook akan berpengaruh pada kesuksesan Anda. Ciptakan strategi yang menarik perhatian tapi paling simpel. Pertama, dengan membuat iklan seperti yang telah dikatakan di atas.

Iklan tentu harus yang sesuai dan tepat dengan sasaran atau target pasar Anda. Jangan lupa untuk mengetahui terlebih dulu profil dari target pasar Anda agar iklan yang Anda berikan tepat.

Iklan ini sendiri ada dua jenis. Impression based dan biaya per klik. Impression baser yaitu iklan akan dihitung biaya pemasangannya di tempat penempatannya dengan menghitung kesan yang diberikan oleh mereka. Untuk biaya per klik, setiap pengunjung yang melakukan klik terhadap iklan yang Anda pasang akan dihitung biayanya.

Anda juga bisa menampilkan iklan Anda di newsfeed agar iklan Anda terlihat tidak hanya oleh fans tapi oleh teman-temannya juga untuk pengunjung yang lebih banyak lagi. Aplikasi merupakan salah satu strategi yang bisa Anda tambahkan dalam beranda atau halaman dari brand Anda.

Aplikasi ini perlu dioptimalkan agar mereka tertarik dengan Anda yang harus memberikan up date dan penawaran serta promo yang tepat secara teratur.

Secara tidak langsung, iklan di facebook akan mengarah atau didistribusikan pada website brand Anda yang lebih besar. Pada website tersebut harus disediakan like box agar pengunjung bisa langsung klik dan otomatis iklan Anda nanti akan tampil di newsfeed halaman mereka. Terakhir, gambar lainnya harus digunakan untuk menarik perhatian meliputi kutipan, infografik, statistik, dan apapun yang bisa membuat target pasar Anda tertarik dengan postingan tersebut.

Slide1

Slide1