Job Des dan Tugas Pokok Manajer Pemasaran

Bagian pemasaran memegang bagian yang sangat penting dalam sebuah industri. Bidang pemasaran perlu memastikan bahwa kebutuhan dari para konsumen dapat terpenuhi dan dalam waktu yang sama mereka juga bisa meningkatkan keuntungan atau profit dari perusahaan itu sendiri.

Tujuan Kerja Manajer Pemasaran. Ruang lingkup dari seorang manajer pemasaran bisa sangat luas namun pada umumnya semua tanggung jawab tersebut memiliki tujuan yang kurang lebih sama.

Secara umum, tujuan kerja atau hasil yang harus dicapai oleh seorang manajer pemasaran adalah:

Mengembangkan strategi marketing yang bisa memenuhi tujuan perusahaan

Melakukan pengawasan terhadap berbagai aspek berupa kondisi pasar dan kondisi para konsumen

Mengimplementasikan rencana marketing yang sudah dibuat dan melakukan perubahan bila diperlukan

Mengawasi secara luas segala kegiatan yang berhubungan dengan marketing, usaha pomosi melalui iklan dan juga mengawasi semua staff yang berada di bawahnya.

Tugas Harian dari Manajer Pemasaran
Tugas manajer pemasaran setiap harinya akan sangat bergantung pada jenis usaha yang dilakukan, ukuran dari perusahaan tempatnya bekerja dan juga struktur organisasi dalam perusahaan itu sendiri. Namun secara umum, bisa dikatakan bahwa tugas harian dari sang manajer itu sendiri adalah:

Melakukan pengawasan dan analisa terhadap trend yang ada di pasaran
Menyiapkan rencana marketing termasuk juga perencanaan budget yang dibutuhkan
Mempelajari produk dan servis dari para kompetitor

Bersama dengan tim mempersiapkan hal-hal yang dibutuhkan dalam pembuatan bahan pemasaran mulai dari brosur, poster dan berbagai media pemasaran lainnya

Melakukan identifikasi terhadap target konsumen dan mengembangkan cara-cara untuk bisa berkomunikasi dengan para target ini

Menelusuri berbagai cara untuk bisa meningkatkan kualitas dari produk dan servis yang sudah ada sehingga bisa meningkatkan keuntungan bagi perusahaan. Hal ini bisa dilakukan dengan berbagai cara yang berbeda mulai dari melakukan penelitian, melakukan pengembangan produk baru atau bisa juga dengan melakukan perubahan pada bentuk pacakging dari produk itu sendiri.

Mengidentifikasi peluang marketing yang ada di pasaran dengan melihat dari berbagai aspek selain kebutuhan dari para konsumen. Peluang yang ada juga bisa dikenali berdasarkan keadaan pasar yang sedang berkembang hingga mengenali kelemahan yang ada di kompetitor dan memanfaatkannya.

Bekerja sama dengan departemen lain yang ada di dalam perusahaan misalnya saja bagian distribusi

Melakukan presentasi mengenai rencana pemasaran yang sudah dibuat kepada para pimpinan
Melakukan konferensi, pertemuan dan bisa juga melakukan perjalanan dalam upaya promosi

Melakukan upaya untuk bisa mendapatkan liputan positif dari berbagai media dari waktu ke waktu
Untuk memanagemen setiap langkah dari produk yang ada mulai dari perencanaan strategis hingga pelaksanaannya

Selalu memperbaharui pengetahuan mengenai lingkup kerja yang ada dengan mengikuti pelatihan atau turut serta dalam organisasi profesional

Menjaga kepercayaan dari perusahaan tempat dirinya bekerja dengan cara merahasiakan segala informasi penting agar tidak jatuh ke tangan orang lain.

Kualifikasi seorang Manajer Pemasaran
Bisa dilihat bahwa tugas manajer pemasaran meliputi begitu banyak hal dan hal ini menuntut mereka untuk memiliki kemampuan dan pengetahuan yang luas.

Keahlian dan kualifikasi yang umum dibutuhkan untuk menjadi seorang manajer dalam bidang ini adalah:

Kemampuan dalam melakukan perencanaan dan penyiapan strategi finansial
Memahami konsep-konsep marketing
Memahami perencanaan penjualan
Mampu memahami para konsumen
Mampu berpikir kreatif yang dibutuhkan dalam berbagai pengembangan produk
Mampu melakukan analisis terhadap situasi dan kondisi yang ada secara mendalam dan melihatnnya dari berbagai sudut pandang

Memiliki kemampuan komunikasi yang baik
Menyukai tantangan dan mampu bekerja dibawah tekanan
Mampu memotivasi dan mendorong seluruh anggota tim
Mampu bekerja secara mandiri dan juga dalam team
Memiliki kemampuan presentasi yang didukung dengan kemampuan persuasif
Mampu memanfaatkan budget yang tersedia semaksimal mungkin

Seorang manajer dalam bidang ini memang dituntut untuk mampu bekerja sama dengan berbagai pihak baik yang ada secara internal dalam perusahaan itu sendiri maupun dengan pihak lain yang ada di luar perusahaan, misalnya saja pihak agensi ataupun pihak wartawan.

Menjadi Manajer Perusahaan
Dengan tugas manajer pemasaran yang meliputi begitu banyak hal, tidak semua orang bisa memegang jabatan ini. Pada umumnya, jabatan ini akan dipegang oleh mereka yang sebelumnya berada di bawahnya. Tidak bisa dipungkiri bahwa pengetahuan dan pengalaman kerja dalam bidang marketing sangat diperlukan oleh para calon manajer pemasaran.

Dalam dunia modern ini, jurusan pendidikan yang diambil oleh seseorang tidak lagi menjadi faktor utama diterima tidaknya orang tersebut untuk bekerja dalam bidang pemasaran. Penekanan yang lebih diutamakan adalah kemampuan dari sang individu itu sendiri untuk bisa berpikir kreatif dalam menghadapi pasar yang semakin kompetitif dan pendekatan sang individu dalam memecahkan berbagai masalah.

Sekali lagi, tugas manajer pemasaran bisa sangat bervariasi tergantung dari tempat dimana dirinya bekerja atau area tempat dirinya tinggal.

Namun, bisa disimpulkan bahwa segala sesuatu yang menjadi tanggung jawab dari seorang manajer adalah mengurusi segala sesuatu mulai dari hal yang paling kecil hingga hal-hal besar lainnya, yang memiliki kaitan yang erat dengan pemasaran. Kesuksesan dari seorang manajer perusahaan bisa membawa mereka menuju jenjang karir yang lebih tinggi misalnya saja direktur pemasaran ataupun direktur manajemen, tentu saja sesuai dengan prestasi yang ditunjukkan.

Slide1

Slide1