Strategi Bersaing dan Strategi Pemasaran Telkomsel Vs Indosat

Strategi pemasaran Telkomsel dan Indosat sangat menarik perhatian. Bagaimana tidak, kedua perusahaan jaringan telekomunikasi ini telah sukses mendapatkan kepercayaan dari masyarakat.

Telkomsel sering disebut jaringan telekomunikasinya para petani hingga pegusaha, sedangkan indosat terkenal sekali di kalangan para anak mudanya. Tentu saja kepopuleran keduanya tidak akan terlepas dari strategi pemasaran yang dipakainya. Keduanya berbeda beitu juga dalam penggunaan strategi.

Secara peluang dalam scanning the external environment, indosat merupakan perusahaan yang terlihat memiliki peluang menjanjikan untuk menggarap pasar domestik yang masih belum tergarap secara global.

Namun, tetap saja hal ini tidak lepas dari adanya ancaman yang sudah tidak asing lagi dalam bisnis telekomunikasi saat ini. Adanya swastanisasi yang dilakukan perusahaan peminat yang multi nasional.

Merka melakukannya dalam rangka ekspansi Negara maju ke Negara yang berkembang. Begitu juga dengan modal yang harus dikeluarkan, meningkatnya teknologi juga sebanding dengan mahalnya harga yang harus dikeluarkan. Apalagi jaringan harus dibangun semakin luas tentu modalnya akan semakin banyak. Beruntunglah indosat masuk ke dalam jajaran perusahaan bermodal yang besar dan mapan sehingga bisa tetap eksis dalam bisnis ini dan mampu memenuhi kebutuhan masyarakat.

Sebagai perusahaan besar yang mapan dan bermodal besar pula, itulah telkomsel. Jaringan yang mampu menembus pelosok bahkan untuk jaringan 3G sekalipun, membuktikan keeksisan telkomsel di dunia bisnis ini memang bisa dikatakan raja dan sahabatnya masyarakat Indonesia. Mungkin disinilah terletak sedikit perbedaannya antara stategi pemasaran Telkomsel dan Indosat.

Telkomsel yang mampu membangun jaringan begitu luas, mampu memberikan produk dan kepuasan baru bagi masyarakat penggunanya.

Telkomsel menyadari bawa internet penting dan sudah sewajarnya masyarakat desa tidak lagi buta akan teknologi. Mereka pun membuat produk baru seperti Indonesia genggam internet.

Kecepatan internet yang sudah bisa dirasakan seiring jaringan 3G yang sudah bisa masuk pelosok, telkomsel gunakan juga promosi produk dan pengenalan internet kepada masyarakat pedesaan. Baik itu melalui televisi maupun iklan dan pendekatan lain yang bisa sampai pada masyarakat desa tentang apa itu internet, bisa digunakan untuk apa saja, dan bagaimana penggunaannya. Termasuk penggunaan paketnya seperti apa.

Berbagai paket internet telkomsel tawarkan kepada pengguna mulai dari paket harian hingga mingguan bahkan bulanan.

Tarifnya sendiri terbilang sangat murah. Telkomsel juga sadar bahwa menggunakan internent saat ini bukan hanya dengan handphone saja. Ada tablet dan juga modem. Berbagai paket untuk tablet dan modem bisa memenuhi kebutuhan dan memuaskan konsumennya.

Seperti paket fun midnight yang sangat digemari mereka para anak muda yang senang browsing dan download tengah malam. Penawaran mulai dari paket harian, mingguan, atau bulanan dengan kuota yang sangat besar menjadi keuntungan.

Paket-paket ini juga semakin semarak dan bervariasi dengan hadirnya produk baru bernama Simpati Loop. Produk baru ini menawarkan berbagai paket yang juga semakin memanjakan para pengguna. Berbagai promosi yang dilakukan dan keuntungan yang diberikan mampu membuat produk Simpati Loop populer terutama di kalangan anak muda yang senang chatting dan browsing.

Strategi pemasaran Telkomsel dan Indosat memang harus semakin gigih lagi. Indosat harus terus melakukan pembangunan jarigannya bahkan hingga ke tingkat internasional. Indosat dengan tariff teleponnya dan smsnya yang murah memang mampu menjaring anak muda yang senang sekali telpon dan sms. Itulah kenapa segmen pasar anak mudanya sangat sukses terjaring.

itulah tariff yang murah dan disenangi masyarakat ini sangat dihaharapkan indosat dapat membangun jaringan internasional lebih kuat. Strategi yang dipakai Indosat untuk hal ini yaitu dengan terus berusaha meningkatkan peranannya dalam pembangunan proyek internasionalnya. Indosat juga telah mengambil diversifikasi secara terbatas pada bisnis yang sifatnya komplementer.

Daerah yang sekiranya dapat digunakan dalam mengoptimumkan penambahan nilai pun didiversifikasinya. Jasa yang ditawarkan bisa didapatkan di anak perusahaannya baik itu untuk internet, bank elektronik, pertukaran data elektronik, dan multimedia.

Telkomsel sendiri dalam melakukan strategi pemasarannya mulai bersinergi untuk meningkatkan mitranya yaitu dengan Telkom dan Singapore Telecommunication. Service yang diberikan semakin ditingkatkan teramasuk untuk layanan smarthphone yang saat ini menjadi gaya hidup pengguna. Adanya perang dalam masalah tariff walaupun hal ini umum, namun telkomsel yang saat ini konsisten dengan ntarifnya tetap menjadi salah satu yang difavoritkan semua kalangan. Harga yang ditawarkan termasuk untuk jenis pulsanya kini semakin beragam. Sehingga masyarakat semakin mudah dan tidak berat mendapatkannya.

Strategi pemasaran Telkomsel dan Indosat berkenaan dengan smartphone yang menjadi gaya hidup juga dilakukan dengan menggaet perusahaan smartphone dan memberikan paket sebagai produk yang menjadi bonus dalam smartphone tersebut. Perusahaan smarthphone yang digaet pun tidak main-main.

Hal ini selain semakin meningkatkan keuntungan dari segi produk juga meningkatkan kepopulerannya. Juga, salah satu strategi pemasaran Telkomsel dan Indosat yang tidak boleh dilupakan adalah pemberian hadiah.

Adanya poin yang diakumulasikan dan diundi atau ditukar sangat menguntungkan bagi pengguna. Jika dulu poin ini bisa ditukarkan dengan pulsa atau paket sms, sekarang poin-poin ini bertambah lagi gunanya.

Banyaknya online shop yang banyak diminati pengguna juga dijadikan ajang untuk penukaran poin menjadi diskon untuk produk yang dibeli pengguna di online shop tertentu, seperti yang bisa digunakan para pelanggan indosat. Ajang promosi ini tentu akan semakin membuat pengguna bertambah dan produk yang dipromosikan semakin populer.

Strategi Pemasaran Telkomsel dan Indosatyang berbeda mampu menarik hati target pasarnya masing-masing dan memabantu peningkatakan kualitas komunikasi Indonesia.

Slide1

Slide1