Job Description atau Job Des Manajer Pemasaran – Marketing Manager

Bila Anda menduduki posisi sebagai manajer pemasaran di dalam sebuah perusahaan, idealnya Anda mengetahui secara teoritis apa saja yang menjadi tugas dan wewenang seorang manajer pemasaran.

Ini untuk membantu agar Anda bisa bekerja secara professional di dalam perusahaan. Secara umum, manajer pemasaran di dalam sebuah perusahaan memiliki fungsi untuk:

1. Bertanggungjawab atas seluruh kegiatan, kinerja dan prosedur-prosedur yang dipergunakan.

2. Bertanggungjawab atas seluruh kinerja, kebijakan dan prosedur-prosedur manajemen pemasaran, penjualan dan promosi hubungannya dengan sistem dan mekanisme perusahaan dan sumber daya manusia pada umumnya.

3. Bertanggungjawab atas pengembangan sistem dan mekanisme manajemen pemasaran, penjualan dan promosi secara umum.

4. Bertanggungjawab terhadap penelitian dan pengembangan yang berhubungan dengan kualitas keseluruhan kinerja perusahaan.

Sementara untuk tugas dari seorang manajer pemasaran adalah sebagai berikut:

1. Membuat, merumuskan, menyusun, menetapkan konsep dan rencana umum perusahaan, mengarahkan dan memberikan kebijakan/keputusan atas segala rancang bangun dan implementasi manajemen pemasaran, penjualan dan promosi ke arah pertumbuhan dan perkembangan perusahaan.

2. Mengarahkan karyawan untuk meningkatkan seluruh sumber daya yang ada secara optimal bagi kepentingan perusahaan.
3. Memberikan kemampuan profesional secara optimal bagi kepentingan perusahaan.

4. Menyusun, mengatur, menganalisis, mengimplementasi dan mengevaluasi manajemen pemasaran, penjualan dan promosi secara bertanggungjawab bagi perkembangan dan kemajuan perusahaan.
5. Melakukan pengawasan dan pengendalian atas seluruh kinerja manajemen pemasaran, penjualan dan promosi bagi kepentingan perusahaan.
6. Menciptakan suasana tenang, damai dan enerjik terhadap seluruh aktivitas perusahaan.
7. Mengarahkan seluruh karyawan untuk bekerja secara profesional, efisien dan efektif.

8. Merealisasikan dan melaksanakan rencana-rencana serta prosedur-prosedur yang diterapkan melalui pendelegasian wewenang pada departemen pemasaran, penjualan dan promosi, yang berada di bawah tanggungjawabnya.

9. Membuat laporan kegiatan kepada Direktur Utama setiap 1 (satu) bulan sekali sebagai pertanggungjawaban seluruh aktivitas manajemen pemasaran, penjualan dan promosi.
10. Mengadakan pengawasan terhadap seluruh kinerja departemen pemasaran, penjualan dan promosi.

11. Menciptakan konsep dasar, kerangka dan prosedur departemental berdasarkan kebutuhan dan konsep yang diajukan oleh departemen pemasaran, penjualan dan promosi.

12. Memastikan dan mengawasi aplikasi dari setiap aspek organisasi, penerima motivasi manajemen pemasaran, penjualan dan promosi, menyatu dengan sasaran strategi perusahaan dan memberikan sumbangan terhadap berhasilnya pencapaian sasaran-sasaran.

13. Membuat, menyusun dan menetapkan rencana kerja dan pelaporan yang mencakup hal-hal: Bahan-bahan laporan meliputi, Kelengkapan data, Rekapitulasi kerja, Rencana kerja, Evaluasi hasil, Informasi-informasi lain. Prosedur laporan meliputi; Membuat laporan perencanaan untuk melengkapi, menambah dan memper baiki hasil dari suatu data maupun evaluasi, Menyusun suatu laporan berkala, dari bawah ke atas disesuaikan dengan kebutuhan data, Bila dianggap perlu menyusun suatu laporan khusus yang berkaitan dengan kebutuhan mendesak.

14. Memelihara sistem pertanggungjawaban guna kepentingan perusahaan.
15. Memelihara sistem pertanggungjawaban perusahaan guna kepentingan manajemen pemasaran, penjualan dan promosi dalam pemeriksaan pengeluaran oleh perusahaan.

Di dalam menjalankan kerjanya, seorang manajer pemasaran memiliki beberapa kewjiban dan tanggung jawab, yakni sebagai berikut:

1. Membuat laporan berkala kepada Direktur Utama atas seluruh kinerja manajemen pemasaran, penjualan dan promosi.
2. Memberikan hasil yang signifikan terhadap perkembangan dan kemajuan perusahaan.
3. Memperhatikan kesejahteraan sosial dan ekonomi karyawan dan keluarganya
4. Mengelola keuangan perusahaan secara efektif dan efisien
5. Mentaati seluruh kebijakan dan prosedur yang ditetapkan perusahaan

Lalu bagaimana sebenarnya kualifikasi dari seorang manajer pemasaran di sebuah perusahaan yang ideal? Berikut ini beberapa criteria yang biasanya dibutuhkan oleh sebuah perusahaan:

1. Pendidikan: Perguruan Tinggi (S-1)
2. Pengalaman: Minimal 1 (satu) tahun dalam bidangnya.

3. Kemampuan: Menguasai dasar-dasar ilmu pemasaran, penjualan, promosi, advertising, administrasi, entertainment, perfilman, broadcasting, photography, keuangan, urusan umum, komputer dan pembukuan. Dapat membuat, menyusun dan mengerjakan konsep dan kerangka kerja yang berhubungan dengan penjadwalan, aplikasi, pengawasan dan pengembangan. Mampu merencanakan, mengadakan dan mengatur negosiasi dengan pihak-pihak lain. Mampu dan aktif berbahasa Inggris

4. Kecekatan dan Kecermatan: Dapat memprediksi dan mengestimasi variabel resiko dan peluang.
5. Kepemimpinan: Dapat memimpin bawahan dengan baik dalam rangka melaksanakan pekerjaannya.

6. Prakarsa: Memiliki prakarsa yang berkaitan dengan tugas terhadap bawahannya.
7. Analisa: Memiliki kemampuan menganalisa kinerja pemasaran, penjualan dan promosi dengan baik dalam rangka pelaksanaan tugas dan pengawasan.

Pengalaman terkadang menjadi hal paling penting yang diperhatikan oleh perusahaan. Sebab pemasaran adalah hal yang sangat vital di dalam sebuah unit perusahaan. Tanpa pemasaran yang bagus maka omset perusahaan akan terganggu.

Sebaliknya manajemen pemasaran yang kreatif akan menambah nilai jual dari barang produksi. Banyak orang memikirkan bagaimana melakukan inovasi terhadap produk, tapi lupa melakukan inovasi mengenai teknik pemasaran. Padahal jika keduanya dilakukan, akan dapat menghasilkan omset perusahaan yang sangat besar.

Slide1

Slide1