Strategi Pemasaran Lion Air

Seberapa seringkah anda menggunakan jasa penerbangan yang ada di Indonesia?

Mungkin banyak orang yang takut ketika mereka memilih penerbangan dengan harga murah, mereka takut akan keselamatan mereka dan ketidaknyamanan dengan harga penerbangan yang murah tersebut.

Namun Lion Air berani menjawab semua ini karena hargalah yang menjadi strategi pemasaran Lion Air sejak dulu. Lion air yang menjadi salah satu perusahaan penerbangan dengan jadwal terbang yang luar biasa namun dar segi harga Lion Air masih tetap murah dibandingkan dengan penerbangan lainnya.

Lion Air menetapkan harga penerbangan pada setiap daerah atau kota tujuan yang berbeda dari perusahaan penerbangan lainnya.

Strategi pemasaran Lion Air yang menekankan pada harga rendah ini bukan berarti dari segi keamanannya tidak bisa dipertanggung jawabkan.

Lion Air sebagai perusahaan penerbangan menetapkan strategi pemasaran Lion Air dengan menekankan pada harga. Lion Air yang beroperasi pada tahun 1999 ini telah membuktikan bahwa harga yang rendah dari strategi perusahaan penerbangan ini tetap menjamin akan keselamatan penumpangnya.

Sampai saat ini setiap harinya Lion Air setiap harinya melakukan sedikitnya 200 kali penerbangan dan dalam waktu yang dekat jumlah pemakai penerbangan ini sangat luar biasa.

Masyarakat golongan menengah kebawah memilih penerbangan dengan Loin Air karena harganya yang terjangkau bagi mereka.

Strategi pemasaran Lion Air yang menekankan pada harga ini memang dimaksukan agar semua kalangan masyarakat baik dari gologan atas maupun bawah bisa memanfaatkan layanan jasa penerbangan dari Lion Air.

Anda yang tertarik dengan strategi pemasaran Lion Air bisa mengambil poin penting dari perusahaan penerbangan ini untuk bisnis yang anda jalankan. Beberapa stategi pemasaran dari Lion Air diantaranya:

Low cost airline
Bisa dikatakan Lion Air memberikan harga yang rendah kepada konsumen karena memang inilah strategi bisnis dari salah satu perusahaan penerbangan terkemuka di Indonesia.

Jika dibandingkan dengan perusahaan penerbangan lainnya memang jauh harga yang ditawarkan Lion Air. Meskipun harga dari tiket pesawat Lion Air ini rendah namun kenyamanan dan keselamatan penumpang tetap diutamakan.

• Kapasitas penumpang
Dengan tarif harga penerbangan yang murah itu, Lion Air juga meningkatkan kapasitas penumpang untuk setiap pesawatnya.

Dengan peningkatan kapasitas penumpang itu diharapkan konsumen bisa mendapatkan kursi sesuai dengan permintaan mereka. Karena banyaknya permintaan penerbangan dari konsumen ini juga menjadi faktor untuk peningkatan kapasitas penerbangannya.

• Kemajuan Teknologi
Lion Air sebagai salah satu perusahaan penerbangan swasta meningkatkan penjualannya dengan peningkatan teknologi pada rancangan atau desain untuk memberikan kenyamanan dan kepuasan kepada penumpangnya.

Meskipun dengan tarif penerbangan yang rendah namun teknologi dari Lion Air tetap sama dengan teknologi yang digunakan pesawat berkelas lainnya dengan tarif tinggi.

• Higt Service Quality
Strategi pemasaran Lion Air lainnya adalah dengan pemberian service yang lengkap kepada setiap penumpang. Service tersebut ditempatkan pada setiap pesawat maupun pada home-base di setiap kota.

Selain itu anda bisa melakukan reservasi lewat SMS, reservasi lewat internet dan berbagai kemudahan lainnya melalui internet dan teknologi lainnya.

• Promosi
Lion Air selain melakukan strategi harga yang rendah, ternyata Lion Air juga melakukan beberapa promosi pada media cetak,internet maupun pada media elektronik lainnya. Promosi ini sangat efektif untuk menarik lebih banyak konsumen. Dengan persaingan bisnis perusahaan penerbangan itulah Lion Air berupaya untuk melaksanakan beberapa strategi bagi perusahaan.

Download Ebook – Innovation War and Business Strategy

Slide1

Slide1