Riset Pemasaran untuk Pengembangan Produk Baru

Bila anda dihadapkan pada pilihan untuk meningkatkan jumlah pelanggan anda atau untuk mendapatkan keuntungan yang besar, mana yang akan anda dahulukan? Taukah anda bahwa kedua pilihan tersebut sama-sama saling berhubungan.

Sebelum anda mendapatkan keuntungan ketahuilah riset pemasaran yang akan anda uji sebagai pencarian target penjualan anda. Dalam bisnis harus dilakukan penelitian terlebih dahulu tentang pangsa pasar yang terjadi saat itu sehingga dalam pemasaran tidak akan terjadi masalah apapun.

Kadang bisnis selalu mengalami kendala ketika produk yang diluncurkan kepasaran ternyata tidak bisa bersaing dengan produk lainnya. Hal ini karena management tidak bisa melakukan riset pemasaran terlebih dulu. Riset sangat diperlukan untuk mencegah adanya saingan bisnis yang mematikan.

Bukan menjadi hal aneh ketika produk yang diluncurkan ternyata tidak disukai konsumen atau bahkan produk tersebut mati di pasaran.

Riset pemasaran sangat penting bagi management perusahaan bahkan sebelum produk di buat sebaiknya riset pemasaran dilakukan. Anda tidak ingin bisnis hanya sekedar bisnis saat ini saja namun anda ingin bisnis yang berkelanjutan dan memiliki banyak pelanggan. Saat itulah anda harus melakukan riset pemasaran untuk mengetahui apa dan bagaimana konsumen menanggapi produk anda.

Riset pemasaran merupakan penelitian terhadap pangsa pasar dimana dalam hal ini akan dirumuskan tujuan penelitian, pengumpulan data penelitian, perumusan masalah, dan cara penyelesaian masalah serta kesimpulan yang bisa di ambil dari penelitian tersebut.

Dari riset pemasaran itu kemudian dijadikan data bagi perusahaan untuk mengambil tindakan terhadapa apa yang telah diteliti. Riset ini akan menjadi bahan pertimbangan kedepan bagaimana perusahaan untuk mengolah strategi pemasaran yang lebih baik lagi agar pesaing tidak bisa menggeser perusahaan.

Pentingnya riset pemasaran bagi management perusahaan ini bukan hanya untuk memecahkan masalah dalam management namun juga untuk pengolahan kembali atau mengevaluasi tentang pemasaran yang telah dilakukan sebelumnya. Inilah mengapa riset pemasaran sangat penting untuk mendapatkan banyak pelanggan pada produk anda.

Riset ini bertujuan untuk mendapatkan informasi yang akurat tentang keadaan pasar dimana konsumen akan menjabarkan bagaimana mereka menginginkan produk yang benar-benar mereka inginkan. Jika perusahaan anda bisa melakukan riset pasar dengan baik maka pemasaran bisa dijalankan dengan rumusan yang tepat dan akurat.

Pemasaran harus terarah dan langsung tertuju pada target yang diharapkan. Jangan sampai riset pemasaran hanya bertujuan mencari konsumen sedangkan konsumen tidak mau membeli produk anda secara berkelanjutan.

Untuk melakukan riset pemasaran yang tepat berikut langkah-langkahnya:

• Merumuskan masalah yang tepat
Rumuskanlah permasalahan yang akan di teliti dengan beberapa poin penting dan rumusan masalah tersebut berkaitan dengan pemasaran produk yang akan anda lakukan.

• Perumusan desain riset
Selain perumusan masalah anda juga harus merumuskan desain dari riset yang akan dilakukan termasuk rasio dan interval serta perbandingan terhadapap objek lainnya.

• Pengumpulan data
Ini adalah hal yang terpenting dari sebuah riset pemasaran, pengumpulan data yang akan dijadikan evaluasi bagi pemsaran anda.

Kumpulkanlah data secara lengkap dengan melihat langsung atau survey langsung pada pasar, maupun dengan pengumpulan data sampel dari konsumen dan pihak ketiga yang bisa dijadikan nara sumber.

• Pengolahan data
Pengolahan data dilakukan setelah data terkumpul semua sehingga dari pengolahan data tersebut akan ditarik kesimpulan yang bermanfaat bagi kemajuan suatu perusahaan. Dalam hal ini pengolahan data untuk mengembangkan pemasaran yang lebih baik dari sebelumnya.

Slide1

Slide1