Business Plan – Langkah Awal Membangun Kesuksesan

Apa yang anda lakukan ketika anda memulai mengelola suatu perusahaan atau bisnis? Apakan anda langsung memproduksi produk sebanyak-banyaknya ataukah anda memikirkan bussines plan terbaik terlebih dahulu?

Perusahaan maupun bisnis apapun sangat mememrlukan perencanaan dan pemikiran yang matang terhadap apa yang akan dilakukan saat ini maupun di masa yang akan datang.

Karena perusahaan di bangun bukan hanya untuk saat ini saja sehingga perencanaan atau business plan ini sangat penting dalam membangun suatu bisnis agar berkembang bukan hanya satu atau dua tahun namun untuk selamanya dari generasi ke generasi.

Perencanaan bisnis selalu diperlukan bagi semua usaha agar apa ayang diharapkan bisa dilakasaanakan dengan baik. Suatu bisnis tanpa perencanaa yang matang akan berjalan tanpa arah, namun dengan business plan ini binis mudah dijalankan dan bisa terarah.

Business plan merupakan perencanaan suatu perusahaan terhadapa apa yang akan dilakukan saat itu dan di masa yang akan datang terhadap perusahaan atau bisnis yang dijalankan.

Seperti ketika anda sedang membangun bisnis baju, apa yang akan anda lakukan setelah perusahaan konveksi anda di bangun, apakah anda langsung memproduksi baju dalam jumlah besar ataukan anda memihat pangsa pasar saat itu dan memihat kesukaan konsumen terhadap baju saat itu?

Nah, inilah yang dimaksud dengan business plan, yaitu perencanaan dan penelitian tentang apa yang akan anda lakukan untuk membangun perusahaan anda sendiri. Perencanaan bisnis yang tepat bisa membangun perusaaan lebih maju namun perencanaan bisnis yang acak-acakan dan tidak terarah akan merugikan perusahaan.

Perencanaan bisnis ini berupa dokumen atau catatan tentang segala hal atau poin penting yang akan dilakukan perusaaan saat itu dan di masa yang akan datang.

Berikut beberapa keuntungan perusahaan menentukan business plan bagi bisnis mereka:

• Penentuan target penjualan
Perencanaan perusaaan yang tepat bisa meningkatkan penjualan produk. Perusahaan bisa merencanakan strategi dalam produksi barang yang terbaik, menentukan kwalitas barang yang akan di produksi, menertuka brand perusahaan yang akan dibangun, menentukan bagaimana perusahaan harus meningkatkan penjualan dan lain sebagainya.

Di sini perusahaan ingin meningkatkan penjualan produknya sehingga perusahaan harus bisa menentukan target market yang sesuai dengan produknya.

Dalam perencanaan bisnis atau business plan tentang penjualan, anda tidak bisa menentukan target yang sama setiap bulannya namun dokumen perencanaan yang dibuat harus relevan dan kadang bisa berubah-ubah sesuaoi pangsa pasar. Setidaknya dengan perencanaan yang terorganisir ini perusahaan bisa menentukan target penjualan tiap bulan untuk mendapatkan keuntungan yang besar.

• Business plan untuk menghindari kegagalan bisnis
Perencanaan bisnis bisa menghindarkan perusahaan dari kegagalan

Slide1

Slide1