Pembagian Segmen Pasar Berdasar Psikografis – Apa itu Psikografis

Penilaian konsumen dan orientasi nilai yang muncul dapat membantu marketer untuk mengenali peluang produk yang baru dan meletakkan produk tersebut dalam posisi yang bagus dalam segmen konsumen. Misalnya, seperti nilai “kesenangan”, “hidup yang menyenangkan”, hidup yang nyaman” dan “penilaian diri”, akan meningkatkan aspek kepentingannya, sehingga para marketer dapat menemukan brand untuk produk, warna dan desain yang menonjolkan nilai-nilai yang penting ini.

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

Pertimbangkan pabrik perabotan yang mungkin menghubungkan perubahan nilai ini dengan pertumbuhan kebutuhan untuk jenis-jenis furnitur dan desain yang melibatkan warna yang cerah, desain yang berani, konstruksi bahan yang unik dan fitur-fitur kenyamanan yang tidak seperti biasanya.

Segmen yang bernilai berisi saran-saran dari konsumen sehingga produk tersebut dapat memperoleh posisi dengan mendesain mereka dengan atribut yang berhubungan dengan nilai global yang berbeda untuk segmen pasar tertentu. Misalnya, segmen untuk konsumen yang menghargai nilai yang “imaginatif”, “hidup yang bersemangat”, “ hidup yang bersemangat” dan “kebebasan” sebagai hal penting yang harus ditentukan dalam sebuah kelompok yang diarahkan sebagai perhatian ekspresi individu dan ekspresi diri .

Kelompok ini mungkin adalah segmen yang dapat diandalkan untuk para marketer produk yang telah diselesaikan sebagian (seperti perabot, dan perumahan) dan produk-produk yang dapat disesuaikan sesuai dengan kebutuhan individual kebutuhan konsumen melalui penggunaan aksesoris, gaya, formulasi kimia, dan lainnya. Marketer perumahan, mobil, pakaian, kosmetik, dan fast food dapat berhasil bila menggunakan pendekatan ini .

Perubahan Budaya dan Kanal Distribusi
Perubahan sistem nilai konsumen dapat membawa kepada perubahan pola belanja, dan toko-toko yang baru mungkin diperlukan untuk menjangkau konsumen. Misalnya “yang melibatkan ego’, nilai kepuasan diri dari tempat pemasaran yang melibatkan banyak tantangan penjualan dan peluang .

Untuk pelanggan yang memiliki keterbatasan waktu, penjual mungkin dapat menawarkan katalog belanja untuk di rumah atau pemesanan barang secara online. Toko dapat memberikan diskon dan penawaran khusus untuk giliran konsumen yang bukan pegawai sampai dengan jam sibuk untuk meningkatkan tingkat belanja di waktu yang sepi. Bahkan di pintu masuk gereja dan pintu keluarrumah duka bagi yang tidak punya waktu untuk keluar dari rumah mereka .

DOWNLOAD ebook yang sangat menarik mengenai online marketing strategy DISINI.

Perubahan Budaya dan Promosi
Pendekatan baru dalam copy dan dunia seni juga dipergunakan dalam komunikasi yang berkesan dan persuasif terhadap perubahan konsumen. Ada sejumlah cara bahwa iklan dapat bergerak sesuai dengan nilai masyarakat : (I) tantangan hal tabu dalam dunia sosial; (2) copy yang lebih informatif ; (3) sketsa yang lebih mirip dengan kehidupan : (4) lebih banyak iklan untuk bersaing dengan pesaing ; (5) lebih banyak iklan untuk yang berpendidikan lebih tinggi ; (6) lebih banyak melakukan iklan yang lebih terbuka terhadap sisnisme publik tentang periklanan : (7) lebih banyak menekankan terhadap ekologi ; (8) lebih banyak iklan yang realistik, tidak kaku, mengakui peran wanita dalam perubahan masyarakat; dan (9) lebih banyak iklan yang merubah tradisi .

Segmentasi Perubahan Budaya Pasar
Pengetahuan tentang orientasi nilai konsumen menyediakan satu set variabel yang terukur, terkait dengan kebutuhan, yang memberikan wawasan pemasar melampaui sekedar dimensi demografis dan psikografis. Keragaman pertumbuhan selera individu, ditambah dengan filosofi hedonistik dan pendapatan meningkatkan kontribusi segmentasi yang lebih besar dari pasar.

Dengan demikian, pemahaman pergeseran nilai seperti dalam masyarakat Amerika bisa berguna dalam memprediksi perubahan pola konsumsi suatu produk. Juga, pemasar mungkin dapat mengidentifikasi segmen pasar yang besar atas dasar nilai dan kemudian mengembangkan profil program-program yang akan meningkatkan nilai-nilai penting untuk setiap segmen konsumen. Sebagai contoh, ketika satu kelompok memperhatikan produk dalam hal status dan pandangan lain dalam cara yang lebih fungsional, maka pesan-pesan promosi yang berbeda mungkin dibutuhkan untuk setiap kelompok, serta, mungkin, untuk produk yang dapat disesuaikan

Sumber referensi:
Albert Loudon dan David Della Britta, Consumer Behavior : Concepts and Applications, , McGraw Hill.

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

Slide1

Slide1