Memahami Consumer Behavior untuk Menentukan Target Market

Sepertinya pemahaman terhadap perilaku konsumen adalah hal yang penting untuk keberhasilan setiap program pemasaran. Dalam faktanya, ini terlihat seperti batu pertama dari konsep pemasaran, sebuah orientasi penting atau filosofi untuk setiap manajer pemasaran. Penjelasan berikut menguraiikan peran perilaku konsumen dalam mendesain dan menerapkan tiga aktivitas utama pemasaran.

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

Analisa Peluang Pasar
Aktivitas ini melibatkan pengujian tren dan kondisi dalam dunia pasar untuk mengenali kebutuhan pelanggan dan apa yang membuat mereka tidak merasa puas. Analisanya dimulai dengan mempelajari tren pasar secara umum, seperti gaya hidup konsumen dan tingkat pendapatan, yang akan memberikan anda saran untuk penyebab ketidakpuasan dan kebutuhan. Pengujian yang lebih khusus lagi melibatkan penilaian keunikan perusahaan yang mungkin ditemui dalam identifikasi hasrat kepuasan pelanggan .

Berbagai jenis tren yang ada menghasilkan banyak produk yang menawarkan kepuasan pelanggan. Misalnya, perusahaan berusaha menyesuaikan ketertarikan terhadap kebugaran oleh warga Amerika dengan menawarkan berbagai jenis produk sepeda untuk olah raga, buku tentang pelatihan beban, dan pakaian-pakaian. Dalam bidang perawatan kesehatan, perusahaan mencari kebutuhan konsumen terhadap bidang medis, yaitu dengan menawarkan pengujian tekanan darah yang menggunakan koin di pusat perbelanjaan dan lokasi lain yang nyaman.

Pemilihan Sasaran Pasar
Process melihat peluang pasar memberikan hasil dalam pengenalan kelompok-kelompong konsumen yang berbeda yang memiliki keinginan dan kebutuhan yang unik. Hal ini akan menghasilkan keputusan untuk melakukan pendekatan terhadap setiap segmen pasar dengan penawaran pemasaran yang khusus.. Perhatikan dalam pasar soft drink. Di sini, segmen utama untuk konsumen dibedakan dalam situasi pembelian: (1) segmen toko makanan, (2) segmen “botol dingin” atau mesin penjualan,dan (3) pasar tempat berjualan, termasuk outlet fast-food. Perlu dibuat kemasan yang unik (jenis wadah dan ukurannya),promosi lokasi penjualan, dan variasi lain untuk setiap segmen.

DOWNLOAD slide presentasi yang sangat menarik mengenai Marketing Strategy dan Marketing Plan DISINI.

Dalam kasus yang lain, pemasar dapat memutuskan untuk mengkonsentrasikan usaha perusahaan dalam memberikan pelayanan kepada satu atau beberapa sasaran pasar yang teridentifikasi. Contoh yang sempurna terjadi dalam pasar sabun mandi. Dengan melakukan segmentasi konsumen sesuai pola gaya hidup dan personalitas mereka, Perusahaan Colgate-Palmolive dapat mengenali kelompok-kelompok konsumen khusus yang memerlukan sabun deodoran. Usaha dari Irish Spring untuk kelompok ini telah dapat meraih 15 persen pasar sabun deodoran dalam waktu tiga tahun sejak diluncurkan.

Penentuan Penggabungan Pemasaran
Tingkat ini meliputi pengembangan dan penerapan strategi dalam mengirimkan kombinasi yang efektif terhadap fitur-fitur pemenuhan kepuasan terhadap kebutuhan kepada konsumen dalam sasaran pasar. Serangkaian keputusan diambil dalam empat resep yang seringkali dijadikan acuan dalam penggabungan variabel pemasaran : produk, harga, tempat dan promosi.

Sumber referensi:
Albert Loudon dan David Della Britta, Consumer Behavior : Concepts and Applications, , McGraw Hill.

~

Jika Anda ingin membeli emas batangan bersertifkat resmi via online, silakan datang ke www.outletdinar.com

Slide1

Slide1