Mengelola Strategi Pengembangan Merk – Brand Strategy

Sebuah brand adalah sebuah janji. Ini akan memberitahukan kepada pelanggan apa yang anda janjikan kepada mereka.

Itulah mengapa dalam setiap organisasi, apakah itu online atau offline, harus memulai dengan sebuah proses untuk mengembangkan brand dengan cara menjawab pertanyaan “Kita berjanji akan akan memberikan apa kepada anda ?” Victoria Secret memberikan janji kepada pelanggannya bahwa mereka akan mendapatkan pakaian yang berkualitas yang akan membuat mereka (atau yang menerima) merasa dan terlihat cantik.

Ia melanjutkan dengan janji bahwa mereka akan menerima apa yang mereka pesan dalam waktu yang wajar, dan jika untuk beberapa alasan mereka tidak puas, konsumen dapat mengembalikan barangnya dan menerima pengembalian uang (baik di toko-toko dan katalog dan outlet online).

Untuk brand yang berkaitan dengan konsumen, ini memerlukan janji dengan orang-orang di segmen inti pasar yang perlengkapan (atau manfaatnya) yang paling mereka inginkan akan diberikan melalui produk yang mereka beli, bukan hanya saat pertama kali saja, tetapi setiap waktu.

Dan jika karena alasan tertentu pelanggan tidak mendapatkan apa yang mereka harapkan, brand harus menjamin bahwa penjual akan berusaha untuk memperbaiki situasi dan memberikan manfaat yang diinginkan tersebut di kemudian hari. Ketika konsumen mendapati ini benar-benar dilakukan oleh brand, maka konsumen akan loyal dan mau membayar harga yang mahal yang akan memberikan keuntungan dan keberadaan brand untuk jangka waktu yang panjang .

Brand adalah singkatan dari janji perusahaan kepada konsumen ketika mereka menjual produknya. Jika ada janji-janji yang dibuat oleh perusahaan kepada pelanggannya melalui brand mereka, maka ini harus mengandung janji berikut ini :

• Sebuah janji bahwa anda akan menyukai produk dan anda akan menyukai merek ini.
• Sebuah janji bahwa kita akan membuat hal yang terkenal.
• Sebuah janji bahwa anda akan memberikan kepuasan sesuai pilihan anda.
• Sebuah janji bahwa kita akan berada di sana jika ada sesuatu yang salah.
• Sebuah janji bahwa kita akan memperbaiki sesuatu yang salah.
• Sebuah janji bahwa anda bisa percaya kepada kita untuk menepati janji yang telah kita buat.

Di internet, pelanggan tidak akan mengetahui organisasi yang berada di tempat yang jauh dan tidak mengetahui lokasinya, hal ini membuat kebanyakan pelanggan tidak merasa nyata. Hal itu membuat pelanggan sulit untuk mengetahui apakah penjual akan menepati janji mereka atau ada di sana di kemudian hari.

Perpindahan konsumen dari situs online seperti dalam perusahaan batu-bata dan semen seperti Charles Schwab, BankOne, dan Wal-Mart adalah lebih mudah daripada mendapatkan kepercayaan mereka terhadap e-only dot-com. Jika ada lokasi fisik, konsumen yang tidak mendapatkan pesanan mereka, atau mendapatkan pesanan yang salah, atau hanya merasa tidak senang, maka dapat langsung mengunjungi toko penjual tradisional dan menuju meja manajer sampai mereka mendapatkan kepuasan !

Tetapi mengapa harus membeli dari Wingspan.com (Bank One adalah perbankan online) jika anda bisa membeli dari BankOne.com? Ketika pelanggan membeli dari penjual seperti Bank One, Target, Sears, atau sebuah perusahaan lokal yang menyediakan layanan komunitas selama bertahun-tahun, konsumen dapat menyimpulkan dan memang harus demikian, bahwa perusahaan itu telah membuktikan riwayatnya dan akan tetap menjaga janji brandnya tersebut.

Hanya pengalaman (yang memerlukan waktu) dan pemasaran yang signifikan yang dapat mengalahkan perusahaan batu bata dan semen itu untuk beralih ke lingkungan klik dan pesan.

Menjaga janji dengan membangun brand harus terjadi dengan pergerakan yang religius, dan memastikan setiap fitur, paket, komunikasi, harga, dan kebijakan adalah konsisten untuk menjaga janji brand .

Lihatlah banyak perusahaan dot-com dan anda akan melihat lebih banyak lagi perkembangan teknologi, untuk menjadi “yang pertama kali berpindah”, atau yang meluncurkan IPO daripada memahami manfaat yang diinginkan oleh segmen inti pelanggan dan bagaimana cara memberikan kepada mereka manfaat di bawah payung brand .

DOWNLOAD slide presentasi yang sangat menarik mengenai Marketing Strategy dan Marketing Plan DISINI.

Seringkali mereka dibingungkan dengan kepedulian terhadap nama brand yang gambaran atau reputasinya terhadap pengiriman atribut ini kepada sasaran pasar.

Dalam bentuk yang paling murni, sebuah brand adalah sebuah janji dari perusahaan untuk konsumen. Untuk memastikan sukses jangka panjang dari brand ini, janji itu harus dikomunikasikan dan dipenuhi dengan biaya yang hemat supaya untung. Kemudian, dan hanya kemudian, apakah perusahaan memiliki ketahanan brand.

Sumber :
Roger Blackwell and Kristina Stephan, Customers Rule! Why the E-Commerce Honeymoon is over and where Winning Businesses Go From Here, Crown Business.

Slide1

Slide1