Cara Mengembangkan Brand Personality – Kepribadian Merk

Brand personality adalah karakter yang dipilih sebagai cara terbaik untuk mengkomunikasikan tentang brand kepada sasaran pengguna. Ini bukanlah target secara pribadi, tetapi pribadi yang terbaik dalam menggambarkan perhatian mereka, minat mereka dan mendorong mereka untuk mengambil tindakan dan membeli brand tersebut Sebuah tema brand dapat diekspresikan melalui berbagai jenis personalitas brand untuk memberikan suara yang berbeda dari pelanggan, hal ini penting untuk memilih satu yang paling sesuai dari semua kemungkinan ini.

Misalnya, bir Heineken memiliki tema yang konsisten “’Heineken menyegarkan bagian yang tidak bisa dilakukan bir lain.’ Personalitas brand telah mengalami berbagai perubahan, mulai dari video selebriti televisi yang berganti karakter sedih menjadi bahagia, sampai dengan karakter kartun komik yang mengalami perubahan badan setelah meminum bir. Sebuah personalitas brand akan muncul dalam bentuk yang berbeda dari yang lain, tetapi semuanya menggunakan basis yang sama yaitu tema brand.

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

Personalitas brand harus diperhatikan seperti seseorang atau sebuah karakter, supaya bentuk ini mudah dipahami dan diterima oleh konsumen . Hal ini karena konsumen memiliki pengalaman yang luas yang berkaitan dengan hubungan manusia dan nuansa yang berbeda-beda dalam hal kepribadian. Mereka dapat merasakan perbedaan yang tipis dalam hal personalitas brand dan membangun loyalitas mereka atau ketidakloyalan mereka.

Personalitas brand seringkali dibentuk berdasarkan analogi mereka kepada orang lain, obyek, dan layanan-layanan :

• Jika brand X dulu adalah sebuah mobil, jenis mobil apakah itu ?

• Jika brand Y dulu adalah olah raga seseorang, jenis olah raga apa yang ingin mereka mainkan ?

• Jika brand Z dulu adalah seseorang, baju apa yang ingin mereka pakai? Apakah mereka pria atau wanita? Apa yang ingin
mereka minum? Program TV apa yang ingin mereka tonton? Kemanakah mereka akan pergi saat liburan ?

Brand Narrative
Brand-brand yang berhasil mengembangkan personalitas mereka selama ini tidak membiarkan dirinya statis. Tema brand mereka mungkin tetap, tetapi pengekspresiannya sebagai sebuah personalitas memerlukan mereka untuk terus berubah seiring persaingan lingkungan . Narasi adalah sebuah kisah tentang personalitas brand yang mengalir dalam budaya konsumen. Sebagai sebuah kisah, personalitas brand akan menjadi sebuah rantai peristiwa yang dapat dilacak ke belakang di masa lalu, di masa kini dan maju di masa depan. Hal ini akan membantu konsumen untuk menyesuaikan diri mereka dengan brand tersebut yang mencerminkan perubahan yang ada dalam budaya konsumen.

Beberapa brand tergantung kepada kisah para pendirinya, seperti Bill Gates di Microsoft, supaya bisa lebih memberikan sentuhan pribadi dalam perubahan brand, sesuai dengan perhatiannya dan bentuk personalitas itu, sebagaimana yang dilakukan brand.

Kekuatan sebuah narasi adalah personalitas brand juga dapat melihat ke depan dan ke belakang sebagai sebuah nostalgia atau sebuah ironi atau melihat ke depan sebagai perasaan optimis.

Tanggapan tentang waktu ini berhubungan dekat dengan bagaimana cara kita bersaksi terhadap pertumbuhan kita sendiri, menciptakan gabungan memori di titik yang jauh dari narasi antara brand dan kita. Hal ini berarti bahwa kita menghubungkan peristiwa khusus dalam hidup kita dengan sebuah ekspresi personalitas brand di waktu tersebut, membentuk perasaan yang dalam tentang hubungan dan loyalitas terhadap brand.

Kita ingat akan kesenangan kita terhadap brand sepeda pertama kita, brand mobil, brand bir yang pertama kali kita minum, brand kondom pertama yang kita pakai dan hotel pertama yang kita singgahi. Ini semua merupakan bentuk peristiwa yang penting dalam hidup kita dan memori ini secara intrinsik dihubungkan dengan brand tersebut.

Bosan ngantor? Cape macet melulu? Donwload strategi untuk menjalankan online bisnis dari rumah DISINI.

Brand Experience
Cara terbaik untuk menghasilkan keberhasilan brand adalah ketika semua elemen digabungkan untuk membentuk kesan total sebuah brand. Hal ini berarti melakukan pengaturan kinerja identitas brand, dalam ruang yang memiliki brand, dengan layanan yang berkelas dan akan menghasilkan memori brand.

Dengan menciptakan pengalaman yang dapat berkesan, sesuatu yang benar-benar dapat menyentuh hati konsumen, dan pikiran, dan brand itu akan bergerak ke arah yang lebih dalam dalam memberikan kepuasan untuk pelanggan. Interaksi waktu dan ruang dalam menciptakan memori ini merupakan hal yang penting karena akan menempatkan konsumen dalam pusat peristiwa dalam waktu tertentu, bukan dalam aktivitas umum yang dapat mereka lupakan. Itu semua akan menciptakan momen brand yang dapat menangkap aktivitas yang hanya dapat diberikan atau diisi oleh sebuah brand.

Kunci dalam menentukan keberhasilan sebuah kesan brand adalah untuk menciptakan sebuah kisah yang akan memuaskan hasrat pelanggan, tanpa perlu beralih kepada hal pemasaran klise yang membosankan. Konsep baru tentang orang yang berpindah ruang, dan membentuk kenikmatan perubahan total lingkungan brand , yang akan memecahkan kebekuan tema layanan tradisional, penjualan dan kanal komunikasi. Kesan brand akan membantu dalam membangkitkan mitologi yang dapat memenuhi kebutuhan brand untuk membangkitkan lebih dari dua dimensi personalitas.

Sumber referensi :
Scott M. Davis, Brand Asset Management: Driving Profitable Growth Through Your Brands, Jossey Bass.

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

Slide1

Slide1