Cara Ampuh Melakukan Promotion Mix – Bauran Promosi

Karena ada empat jenis komponen promosi gabungan yang berbeda (iklan, penjualan pribadi, promosi, dan publikasi atau hubungan masyarakat), dengan masing-masing memiliki kekuatan dan kelemahan tersendiri, maka pengembangan gabungan promosi yang efektif adalah sulit. Untuk mengatasi hal ini, banyak perusahaan mengikuti lima langkah proses pengambilan keputusan, sebagaimana dibahas di bawah ini.

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

1. MENENTUKAN TUJUAN PROMOSI Perubahan dalam pembagian penjualan dan pasar seringkali menjadi tujuan promosi, tetapi mereka merupakan sebuah fungsi keseluruhan program pemasaran, bukan sekedar gabungan promosi. Sebuah pengecualian adalah ketika promosi ini memerlukan tanggapan yang segera, seperti iklan email langsung, kupon, dan katalog.

Obyektif dari promosi dapat diterima jika merupakan hasil analisa situasi dan melibatkan empat komponen kunci : pernyataan tentang menentukan sasaran pengguna, pernyataan tentang bagaimana persepsi pengguna, perilaku, atau sifat yang berubah, pernyataan tentang seberapa cepat perubahan harus terjadi, dan pernyataan tentang tingkat perubahan derajad yang diinginkan. Salah satu program promosi BMW 1994 adalah untuk melibatkan kepedulian tentang model-model BMW yang baru, harga mereka, dan rekayasa teknik perusahaan yang hebat untuk para penggunanya.

2. MERANCANG PESAN Mempersiapkan pesan yang dapat berhasil adalah sulit- hanya jika karena tidak dapat menghitung jalan untuk menyusunnya. Sehingga perhatian terhadap pesan yang bagus adalah hal yang sangat penting.

Misalnya, perubahan sederhana dalam kata-kata iklan yang dikenal dapat menghasilkan peningkatan penjualan untuk toko retail, pesan lewat email, dan penjualan langsung melalui email.

Bosan ngantor? Cape macet melulu? Donwload strategi untuk menjalankan online bisnis dari rumah DISINI.

Semua komunikasi melibatkan berbagai tingkatan informasi dan persuasi. Setiap pesan, misalnya yang melibatkan sponsor atau nama brand, yang biasanya sangat informatif. Dan setiap pesan langsung atau tidak langsung atau tidak secara langsung melakukan hubungan dengan pengguna, yang biasanya sangat persuasif.

3. PEMILIHAN KANAL KOMUNIKASI Pemilihan kanal melibatkan proses tiga langkah. Pertama, pemasar memutuskan untuk menentukan komponen-komponen promosi yang akan dipergunakan, seperti : iklan, penjualan pribadi, promosi penjualan, atau publikasi. Kedua, mereka memilih aktivitas tertentu untuk setiap komponen.

Dalam periklanan, ini melibatkan berbagai media, seperti TV, radio, koran, majalah, atau papan iklan. Seorang sales promosi penjualan bisa menggunakan kupon, sampel gratis, atau premi. Ketiga, dalam setiap aktivitas mereka harus memutuskan kendaraan yang akan dipergunakan, misalnya, dalam iklan, mereka harus memilih program TV atau radio, sedangkan pada promosi penjualan, mereka harus memutuskan tentang kupon tertentu, nilai, dan warna, format pesan, dan bagaimana hal itu akan dikirimkan.

4. MEMPERSIAPKAN ANGGARAN PROMOSI Ada beberapa cara untuk mempersiapkan anggaran promosi, kebanyakan mengerjakannya dari atas ke bawah (misalnya, para manajer mempersiapkan total jumlah yang dianggarkan dan kemudian mengalokasikannya untuk berbagai komponen gabungan yang berbeda). Metode pengaturan anggaran ini akan dijelaskan secara singkat sebagai berikut .

Metode persentase penjualan adalah hal yang paling umum dipergunakan. Prosedur ini terdiri dari pengaturan anggaran tahunan sebagai prosentasi dari antisipasi penjualan tahun ini. Dari pendekatan ini, penjual menentukan aktivitas promosi dibandingkan pencapaian tujuan penjualan. Meskipun hal ini tidak logis, metode ini memiliki beberapa keuntungan. Ini merupakan hal yang sederhana untuk melakukan perhitungan dan mencegah resiko karena pengeluaran dihubungkan dengan penjualan.

Bosan ngantor? Cape macet melulu? Donwload strategi untuk menjalankan online bisnis dari rumah DISINI.

Penentuan anggaran yang dapat diterima adalah yang berdasarkan penentuan pengeluaran yang diperlukan, seperti biaya produksi, biaya pegawai, dan lainnya, dan kemudian promosi menerima apa yang menjadi sisanya. Kemudian, perusahaan di saat tahun yang bagus, akan melakukan banyak promosi, sedangkan saat di tahun yang buruk, mengeluarkan lebih sedikit atau tidak sama sekali. Semua metode yang disebutkan disini, adalah metode yang dapat memberikan potensi pengambilan keputusan promosional .

Metode persaingan sejenis menentukan tingkat pengeluaran promosi sama dengan pembagian pasar perusahaan atau yang lebih besar jika ada peningkatan pembagian hasil.

Sehingga, jika pembagian pasar perusahaan adalah 20 persen, maka anggarannya akan juga 20 persen dari total pengeluaran industri dalam melakukan promosi untuk produk yang ada di pasar. Metode penentuan harga ini cenderung dapat mewujudkan stabilitas dalam pembagian pasar antar pesaing dan memiliki kelebihan dalam persaingan yang ada .

Anggaran pembagian pasar seringkali dipergunakan dalam hubungannya dengan produk baru di mana setiap peraturan mengacu kepada pengeluaran satu dan setengah dari tujuan di akhir tahun pertama atau tahun kedua .

5. MEMILIH GABUNGAN PROMOSI Penentuan gabungan promosi adalah rumit karena adanya interaksi antar komponen, misalnya, seorang konsumen sales promosi ( hadiah) seringkali memerlukan iklan untuk menginformasikan kepada publik tentang promosi tersebut. Faktor-faktor berikut ini secara luas berpengaruh dalam menentukan efektivitas komponen-komponen gabungan : (a) obyektif dan sumberdaya perusahaan , (b) jenis produk yang terlibat, (c) tingkatan siklus masa pakai produk , (d) karakteristik pasar, dan (e) elemen lain dalam marketing gabungan .

Sumber:
John Mullins, Orville Walker, Jr.,Harper Boyd, Jean-Claude Larreche, Marketing Management: A Strategic Decision-Making Approach, McGraw-Hill/Irwin.

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

Slide1

Slide1