Apa itu Rencana Pemasaran dan Rencana Bisnis?

Rencana Pemasaran, mirip dengan rencana bisnis, ini adalah hal yang unik dalam pelayanan perusahaan. Ada banyak peraturan yang sulit dan luas sebagai panduan dalam pembuatan dan penerapannya.

Sebuah rencana pemasaran harus dibuat selonggar mungkin karena untuk menyesuaikan dengan pasar dan diperlukan perusahaan untuk dapat mencapai tujuannya. Selain itu semua, ada beberapa komponen penting yang menentukan keberhasilan pengembangan dan penerapan beberapa rencana.

DOWNLOAD slide presentasi yang sangat menarik mengenai Marketing Strategy dan Marketing Plan DISINI.

• Sebuah rencana pemasaran memiliki elemen strategi dan taktik yang dirancang untuk membantu mengidentifikasikan dan mencapai tujuannya.

Terlepas dari fakta bahwa pemasaran sering kali muncul bukan dari arah suatu sudut kantor, maka strategi yang terbaik juga harus mengandung elemen-elemen strategi yang mencerminkan dan menggunakan prinsip-prinsip tersebut dalam mengidentifikasikan tingkat yang lebih tinggi.

Lebih sering lagi, usaha pemasaran sering kali hanya terlihat sebagai rencana penempatan atau jadwal iklan. Yang terbaik adalah lebih dari itu semua, dan sejujurnya harus seperti itu jika mereka ingin berhasil di semua episode dan di berbagai tingkatan.

• Sebuah rencana pemasaran yang bagus harus melibatkan rencana bisnis perusahaan, dimana dalam kenyataannya, mungkin berupa rencana tersebut, atau setidaknya termasuk tujuan rencana bisnis yang dinyatakan dalam bentuk taktik-taktik. Selain apa yang telah kita sebutkan di paragraf sebelumnya, rencana pemasaran tidak dapat berada di dalam dan dirinya sendiri tanpa adanya tautan intrinsik dengan strategi perusahaan secara keseluruhan.

Mereka adalah koin dua sisi dari koin yang sama dan harus dimainkan bersama untuk mencapai keberhasilan. Para pemasar yang berpikir bahwa mereka dapat menjalankannya secara independen berpikir dengan tidak tepat dan demikian juga dengan tujuannya, atau demikian juga dengan perusahaannya jika mereka mencobanya.

• Sebuah rencana pemasaran adalah sebuah dokumen aktif dan hidup yang dirancang untuk dapat menjalankan tugas, bukan berupa latihan teori yang diam dan bertahan.

Pemasaran adalah seperti tarian dimana, jika anda tidak melakukan gerakan-gerakan, maka orang-orang tidak akan menganggap bahwa anda mengetahui langkah-langkah yang bagus tersebut. Rencana pemasaran yang terbaik adalah dokumen yang seperti telinga anjung dengan pensil untuk mengedit dan tulisan tangan untuk memberikan penjelasan bagian yang mengalami kegagalan.

Itu menunjukkan bahwa mereka telah dipergunakan dan dipergunakan dengan benar. Rencana yang paling buruk adalah hal-hal yang tidak tersentuh yang ada di rak dan menjadi berdebu. Tidak ada tingkatan untuk kecerobohan yang terjadi di dalam rencana pemasaran anda.

• Penjual yang bagus mengetahui semua hal komersial dalam pemasaran.

Hal itu akan seperti berhubungan dengan semua orang yang bukan seorang penjual, tetapi ketika anda melihat ke dalamnya, pemasaran ini akan berdampak secara virtual di semua aspek perdagangan. Semakin banyak tim eksekutif perusahaan, dampak dari para penjual akan menjadi kesalahan semua dan menurunkan peringkat.

Apakah anda ingat dengan lima P pemasaran? Mungkin ini adalah kilas balik yang bagus sehingga anda dapat menilai diri anda sendiri secara mendalam dan keseluruhan dampaknya dalam pemasaran:

Product: barang atau jasa yang anda pasarkan dan jual.
• Price: nilai barang-barang atau layanan tersebut yang dinilai dengan uang.
• Promotion: cara anda mengkomunikasikan manfaat dari barang dan jasa tersebut.
• Place: bagaimana cara anda menunjukkan kepada pembeli tentang produk dan cara mendapatkan produk itu ke tangan mereka .
• Position: cara produk itu masuk ke dalam pikiran pembeli.

Dalam setiap hal di atas, penjual memainkan peran penting dalam menentukan nilai, daripada dalam perusahaannya, dibandingkan eksekutif lain yang mungkin bertanggung jawab terhadap tugas itu. Misalnya dalam hal penentuan harga. Bukankah itu fungsi dari staf kepala keuangan? Bukankah CFO bertanggung jawab terhadap kestabilan keuangan dan keuntungan ?

CFO tentu saja bertanggung jawab terhadap hal tersebut, tetapi dia tidak dapat menentukan harga sebuah produk tanpa mengetahui harga dari yang dijual para pesaingnya dan pasar yang akan menggunakan produk tersebut. Penentuan margin yang sesuai dari biaya produksi adalah bagian dari penentuan harga, tetapi ini memainkan peran yang relatif kecil dalam persamaan penentuan harga.

Harga yang bagus dan keuntungan berdasarkan kepada ketepatan strategi di luar empat P, seperti kondisi pasar, pilihan pembeli, pembagian pasar, dan pilihan waktu para CFO untuk melakukan penelitian.

Orang yang bertugas di bidang keuangan dan profitabilitas memiliki peran dalam menentukan harga, tetapi diskusi tersebut harus dipimpin oleh seorang penjual atau orang lain yang berpengalaman di bidang-bidang yang dapat berpengaruh terhadap harga dan tentu saja, keuntungan perusahaan.

• Sebuah rencana pemasaran yang bagus fokus secara internal dan eksternal dalam menentukan arah persaingan yang benar. Hanya mengetahui kondisi pasar saja tidaklah cukup. Rencana pemasaran harus juga memperhatikan kemampuan perusahaan untuk dapat mencapai keuntungan dan ketahanan perusahaan.

Dengan mengetahui pasar, akan mendukung penjualan dua juta peralatan yang anda produksi di dua bulan kedepan, bukankah sedikit kurang baik jika perusahaan anda tidak memiliki kapasitas produksi peralatan tersebut.

Tentu saja, anda dapat melakukan subkontrak pekerjaan. Tetapi jika biaya pembuatannya, saat digabungkan dengan penambahan harga yang diperlukan, tidak dapat mencapai tingkat profitabilitas yang diperlukan, maka akan lebih baik jika menjauh saja dari bisnis secara keseluruhan . Tanpa fokus internal dalam rencana pemasaran anda, maka akan menjadi pelajaran yang mahal yang dapat anda pelajari dengan cara yang sulit.

• Akhirnya, realisasikan rencana pemasaran yang juga menyediakan piranti untuk mengukur aliran langkah perkembangan dan usaha perusahaan.

Di dalam cara yang sama, hal ini menawarkan gambaran rencana perusahaan anda, penjual akan menciptakan serangkaian tolak ukur yang akan menggambarkan proses pengembangan ini. Jika semuanya berjalan dengan baik dan pemasaran anda dapat berhasil melebihi impian anda, maka rencana tersebut dapat menjadi jalan terbaik untuk mencapai keberhasilan tersebut, dengan setiap langkah melibatkan komponen rencana tersebut.

Lebih sering terjadi dari pada tidak terjadi, rencana tersebut terlibat benturan dan kesalahan, yang keduanya dapat dievalusi supaya berhasil dan dengan menggunakan strategi rencana.

Sumber :
Michael Muckian, Prentice Hall’s One-Day MBA in Marketing: A Complete Education for the Busy Professional , Prentice Hall.

DOWNLOAD slide presentasi yang sangat menarik mengenai Marketing Strategy dan Marketing Plan DISINI.

Slide1

Slide1