Prinsip dalam Branding – Brand Management

Branding adalah aspek terpenting dalam segala jenis bisnis, besar atau kecil, retail atau bisnis ke bisnis. Sebuah brand yang efektif akan memberikan peningkatan daya saing di pasar. Tetapi apa sebenarnya makna dari “branding” itu? Bagaimana dampaknya untuk usaha kecil seperti yang anda miliki?

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

Branding basics
Sederhana saja, anggaplah brand adalah janji anda kepada pelanggan anda. Hal ini akan menceritakan kepada mereka apa yang bisa mereka harapkan dari produk dan layanan anda, dan ini akan membedakan layanan anda dari yang ditawarkan oleh para pesaing anda.

Brand anda dibentuk dari siapa anda sebenarnya, siapa yang anda inginkan, dan siapa orang yang ingin anda terima. Apakah anda sudah cukup inovatif dalam industri anda, atau telah memiliki pengalaman, atau cukup tangguh?

Apakah produk anda memerlukan biaya yang besar – berkualitas tinggi, atau berbiaya rendah – memiliki nilai yang tinggi? Anda tidak bisa menjadi keduanya, dan anda tidak akan bisa menjadi semua hal untuk semua orang. Siapa diri anda seharusnya berdasarkan kepada beberapa pengembangan terhadap pelanggan yang menjadi target anda dan yang anda perlukan. Pondasi untuk brand anda adalah logo.

Situs web, dan bahan promosi anda, semuanya harus terintegrasi dengan logo anda, dan berkomunikasi dengan brand anda.

Jika Anda ingin mendapatkan tambahan income yang memadai melalui kegiatan online marketing, silakan klik disini.

Brand strategy
Strategi brand anda adalah bagaimana, apa, dimana, kapan, dan untuk siapa anda merencanakan melakukan komunikasi dan mengirimkan pesan brand anda. Di mana anda melakukan iklan adalah bagian dari strategi brand anda. Distribusi kanal anda adalah bagian dari strategi brand . Dan apa yang anda komunikasikan secara visual dan secara verbal adalah bagian dari strategi brand anda juga.

Brand equity
Konsistensi, adalah strategi branding yang akan menghasilkan modal brand yang kuat, yang berarti akan “memiliki nilai tambah” untuk produk atau layanan anda, sehingga memungkinkan anda untuk mengenakan tagihan lebih banyak untuk brand anda, daripada produk yang tidak memiliki brand.

Contoh yang paling nyata adalah Coke vs soda biasa. Karena
Coca-cola telah membangun kekuatan modal brand yang hebat, maka dia bisa mengenakan harga yang lebih tinggi untuk produknya.

“Nilai tambah” ini berada di dalam ekuitas brand tersebut yang berupa bentuk penerimaan terhadap kualitas atau keterlibatan emosional. Misalnya, Nike selalu menggambarkan produknya dengan atlet terkenal, berharap para pelanggannya akan merasakan keterlibatan emosi seperti atlet dengan produk tersebut. Ini bukan hanya bentuk dan kelebihan dari sepatu itu saja yang membuatnya terjual.

Defining your brand
Menentukan brand anda adalah seperti petualangan untuk mencari jati diri perusahaan. Ini bisa sulit, memerlukan waktu dan tidak nyaman. Ini sangat memerlukan jawaban terhadap beberapa pertanyaan berikut ini:
• Apakah misi untuk perusahaan anda?
• Apakah manfaat dan fitur dari produk/layanan anda?
• Apakah yang dipikirkan oleh pelanggan dan prospek anda tentang perusahaan anda?
• Kualitas seperti apa yang ingin anda tampilkan untuk perusahaan anda?

Lakukan penelitian. Pelajari keperluan, kebiasaan, dan hasrat dari pelanggan yang sudah ada dan calon pelanggan anda. Jangan hanya mengandalkan terhadap apa yang anda pikirkan tentang pikiran mereka. Ketahuilah apa yang mereka pikirkan. Karena menentukan brand anda dan mengembangkan strategi brand adalah rumit, pertimbangkan bantuan dari grup penasihat bisnis kecil yang non profit atau U.S. Small Business Development Center.

Sekali anda menentukan brand anda, bagaimana cara anda membawanya keluar? Berikut ini beberapa hal yang sederhana, berupa tip yang sudah teruji :

• Dapatkan logo yang bagus. Letakkan di semua tempat.

• Tulislah pesan brand anda. Apakah kunci dari pesan brand anda? Setiap pegawai harus peduli terhadap atribut brand anda.

• Integrasikan brand anda. Branding juga meliputi bagaimana anda menjawab telepon anda, apa yang anda ucapkan saat melakukan penjualan di telepon, tanda tangan email anda, dan semuanya

• Ciptakan “suara” untuk perusahaan anda yang mencerminkan brand anda. Suara itu harus diterapkan di semua komunikasi tertulis dan di dalam gambar visual untuk semua bahan, baik online atau offline. Apakah brand anda bersahabat? Konvensional. Apakah mewah? Berusahalah lebih formal. Anda akan mendapatkan inti sarinya.

• Ciptakan tagline. Tulislah yang mudah diingat, penuh makna, dan pernyataan singkat yang menunjukkan inti sari dari brand anda.

• Rancanglah template, dan buatlah standar brand untuk bahan pemasaran. Pergunakan skema warna, logo,
penempatan, dan penampilan secara keseluruhan. Anda tidak harus terlalu mencolok, cukup dengan konsisten saja.

• Jujurlah tentang brand anda. Pelanggan tidak akan kembali kepada anda, jika anda menampilkan milik orang lain, atau jika anda tidak memenuhi janji brand anda.

• KONSISTEN. Saya menempatkan ini di bagian terakhir karena ini melibatkan semua hal di atas. Ini adalah tip yang paling penting yang bisa saya berikan untuk anda.

Jika Anda ingin mendapatkan tambahan income yang memadai melalui kegiatan online marketing, silakan klik disini.

Slide1