Bekerja dan Meniti Karir sebagai Manajer Pemasaran

Pemasaran seringkali terlihat menarik bukan hanya saja untuk pemikir kreatif, tetapi juga para penggemar angka dan statistik. Sementara itu, banyak pekerjaan di bidang pemasaran yang memerlukan waktu kerja yang panjang dan terkadang harus bersedia bekerja di malam hari dan / di akhir minggu.

Di dini dilaporkan bahwa pada tahun 2000, sebanyak 38% dari iklan, hubungan publik, dan manajer pemasaran bekerja sampai 50 jam per minggunya. Anda harus mampu bekerja dengan baik di bawah tekanan dan memenuhi batas waktu dan tujuat yang telah ditentukan. Di dalam beberapa posisi, mungkin ada perjalanan substansial yang tidak lazim.

Pemasaran adalah hal vital bukan hanya untuk perusahaan bisnis, tetapi juga dilakukan oleh pemerintah, pendidikan, agama, layanan sosial, dan organisasi atau lembaga-lembaga non profit. Pemasaran menyediakan banyak peluang pekerjaan untuk anda, tanpa mempedulikan langkah karir yang ingin anda ikuti.

Karir di bidang marketing adalah enak dan menyenangkan. Kebanyakan orang yang bekerja di bidang pemasaran akan memberitahukan bahwa pekerjaan ini memberikan tantangan yang selalu mereka inginkan. Alasannya adalah karena menjadi tenaga pemasaran adalah selalu berubah, ada banyak teknik yang harus dipelajari, kasus-kasus yang harus dipelajari, dan strategi sampai penelitian.

Apakah anda memiliki apa yang diperlukan?

• Dapatkah Anda mengkomunikasikan pikiran, gagasan, dan informasi dengan jelas dan ringkas, baik secara tertulis dan lisan?
• Apakah Anda mampu mengenali masalah dan menyusun rencana dan tindakan yang tepat untuk mengatasi masalah itu?
• Dapatkah Anda mengatur dan menginterpretasikan data yang kompleks?

• Apakah Anda dapat menghasilkan ide-ide baru? Bisakah Anda kemudian mengambil dan mengatur ide-ide itu dan mengkomunikasikannya secara verbal?

Jika Anda memiliki kualitas di atas, maka anda bisa menjadi calon yang baik untuk masuk dan sukses dalam karier pemasaran. Pemasaran menawarkan berbagai peluang karir, sehingga mudah untuk memilih salah satunya yang mencerminkan minat Anda, nilai, dan gaya pribadi.

Dalam bidang pemasaran, anda dapat memperoleh pengalaman di karir yang and pilih dengan turut serta untuk magang atau bekerja sukarela di dalam proyek layanan pembelajaran dan komunitas. Contoh-contoh pengalaman yang potensial meliputi:

• Melakukan Riset Pasar untuk perusahaan Fortune 500.
• Mempromosikan produk melalui pengembangan tampilan tempat penjualan. .
• Meluangkan waktu untuk memeriksa biaya potensial, harga, dan riset pasar untuk program pelayanan.
• Belajar cara mempelajari potensi konsumen dengan menggunakan data yang ada.
• Merancang sebuah iklan atau kampanye promosi untuk mempromosikan layanan baru.
• Mengembangkan rencana pemasaran untuk bisnis global.

Bagaimana jika anda tidak memiliki gelar sarjana di bidang pemasaran ?
Jangan khawatir, saya pikir anda akan bisa menemukan statistik di dalam tabel sebelah kanan, dimana bukan saja menarik, tetapi memberikan dorongan.

Jadi sekarang saya telah memberikan kepada anda sebuah harapan, bagaimana cara anda meletakkan kaki anda di pintu? Ini akan memerlukan tekad dan ketekunan, tetapi hal ini bisa diselesaikan. Anda akan menemukan bahwa saat memulai di bidang pemasaran akan menempatkan anda di posisi awal di bidang asisten peneliti pasar, mencetak pembeli, atau bisa masuk juga sebagai management trainess.

Berikut ini beberapa perusahaan yang menawarkan program training marketing :

Mars
Mars tidak memiliki program training pemasaran untuk sarjana. Mereka menjalankan program pengembangan lintas fungsional, yang merupakan akses bagi lulusan baru untuk belajar marketing. Program ini biasanya memberikan tiga sampai empat tugas, yang pertama biasanya berkaitan dengan pengalaman atau bidangnya studinya. Yang lainnya akan berada di area yang lain, dan mungkin juga di negara lain. Tujuan mereka adalah untuk memperluas pengalaman peserta training .

Nestle
Nestle baru-baru ini melakukan perubahan pendekatan dengan merekrut lulusan baru. Nestle merekrut dalam bentuk yang sama dengan cara mereka merekrut pegawai. Setiap departemen saat ini melakukan rekruitmen sesuai keperluan. Lowongan yang ada akan di letakkan dan diikanlan sepanjang tahun.

Studi kasus menarik mengenai online marketing bisa di-akses disini.

Procter and Gamble
Program training untuk lulusan oleh Procter & Gamble dibagi menjadi delapan jalur karir, termasuk di dalamnya konsumen dan pengetahuan pasar dan pemasaran. Konsumen dan pengetahuan pasar melibatkan penelitan yang rumit dan proaktif tentang identifikasi peluang bisnis, termasuk pengembangan produk baru. Fungsi marketing termasuk pertumbuhan nilai brand untuk produk-produk P&G .

Peserta training pemasaran akan mempelajari tentang advertising, PR, consumer bonding, direct marketing dan manajemen proyek selama tahun pertama dari dua tahun. Pelamar dipilih sesuai dengan lamaran kerjanya, pengujian pemecahan masalah, wawancara, dan kunjungan lokasi, dimana mereka kemudian akan ditemui oleh manajer prospek dan rekannya.

Jika anda memutuskan bahwa program training adalah bukan jalan bagi anda, anda masih bisa masuk ke dalam bidang pemasaran dengan penuh keyakinan. Anda harus mau masuk ke posisi awal di semua agensi pemasaran, dan menjalankan pekerjaan anda. Jika hal ini tidka menjadi masalah, maka ini adalah awal dari penugasan pemasaran anda, yang akan memasarkan anda melalui pengembangan riwayat pekerjaan anda.

Studi kasus menarik mengenai online marketing strategy bisa di-akses disini.

Slide1

Slide1