Matriks Pengembangan Pasar dan Diversifikasi Produk

Matriks Pemasaran merupakan diagram yang menggambarkan bagaimana seharusnya sebuah langkah atau strategi pemasaran diambil. Diagram sederhana ini menggambarkan perbandingan antara empat hal: pasar yang ada sekarang, produk yang ada sekarang, pasar yang menawarkan produk baru, serta tentu saja produk barunya.

Dengan membandingkan antara sifat pasar dan produknya, kita bisa menentukan, secara kasar, garis besar strategi yang harus diterapkan jika sifat pasar dan produknya sendiri berada dalam kondisi tertentu.

• Pemasaran gaya penetrasi, dimana produk yang dipasarkan masih banyak digemari sementara pasarnya pun terus bertumbuh.

• Pengembangan produk, dimana produk baru dikembangkan sebagai inovasi ketika pasar untuk produk itu masih cukup banyak.

• Pengembangan pasar, dimana strategi pemasaran barulah yang harus dipertimbangkan jika suatu produk yang sebenarnya sudah lama ada di pasar harus berkonsentrasi merebut hati masyarakat.

• Diversifikasi produk, dimana strategi ini harus dipertimbangkan ketika baik produk maupun pasar masih sangat baru.

Masing-masing matriks pemasaran memiliki strategi pemasaran sendiri, yang ditentukan dari kaitan antara situasi pasar dengan jenis produk, apakah baru atau lama. Berikut adalah sedikit penjelasan soal masing-masing strategi dan tujuannya:

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

• Penetrasi Pasar
Metode ini dilakukan saat baik produk maupun pasar sudah cukup mapan, jadi tujuan membidik strategi ini hanya untuk menaikkan saham saja.

Misalnya, walau industri teh dalam botol sudah dikuasai Teh Botol Sosro, tetap saja merk lain seperti Frestea, Pucuk Harum dan Tebs ikut bergabung dalam persaingan untuk mendongkrak saham mereka.

• Pengembangan Pasar
Metode ini dilakukan saat sebuah pangsa pasar baru berkembang, sehingga produk baru pun muncul.

Misalnya, pada masa-masa awal masuknya ponsel pintar ke Indonesia, para pembuat aplikasi ponsel lokal pun mulai berlomba membuat aplikasi yang mengandung muatan lokal untuk lebih menarik perhatian para pemakai ponsel pintar di Indonesia, misalnya kamus Inggris-Indonesia, jadwal film di bioskop tertentu, dan sebagainya.

Penjelasan Matriks Pemasaran (2)
Berikut adalah penjelasan untuk dua matriks pemasaran selanjutnya:
• Pengembangan Produk
Pengembangan produk merupakan langkah yang diambil ketika sebuah industri atau perusahaan hendak menawarkan sesuatu yang baru kepada pangsa pasar suatu produk yang sudah mapan. Biasanya, hal ini dilakukan oleh perusahaan yang sudah memiliki merk kuat serta sudah meraih kepercayaan konsumen, sehingga konsumen cenderung akan lebih mudah menerima bila ada produk baru.

Contohnya adalah Unilever yang meluncurkan produk deodorant dari merk Dove, setelah sebelumnya Dove hanya dikenal sebagai merk sabun dan shampoo. Walaupun sudah memiliki merk deodorant yang cukup kuat (Rexona), Unilever tetap meluncurkan produk ini dengan mengusung fungsi pelembut dan anti iritasi.

• Diversifikasi
Diversifikasi atau membuat bermacam jenis produk sekaligus di bawah satu nama perusahaan dilakukan jika perusahaan hendak memasarkan produk baru kepada pangsa pasar yang juga baru. Jika diversifikasi dilakukan, kemungkinan rugi akan semakin kecil. Contohnya adalah Dr. TV yang sering meluncurkan produk-produk ‘aneh’ seperti korset pelangsing dan alat pemulih mata minus, tetapi karena diversifikais produknya luas, maka konsumennya tetap ada.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!