Strategi Penjualan yang Hebat dari Samsung Korea

Samsung Eletronik tentu bukanlah nama yang asing lagi di telinga masyarakat. Perusahaan asal Korea Selatan ini didirikan oleh seorang pemilik tanah bernama Lee Byung-Cuhll pada tahun 1938. Pada masa awal pendirian, perusahaan ini bergerak dalam bidang ekspor yang mengekspor berbagai produk dari Korea Selatan ke China. Kemudian pada tahun 80-an, Samsung mulai berkembang dan fokus pada industri elektronik. Baru kemudian di tahun 90-an, perusahaan ini fokus pada barang industri.

Meskipun telah berkembang, reputasi Samsung masih sebagai perusahaan yang membuat peralatan elektronik berkualitas low-end dan dikenal sebagai imitator. Hal itu disebabkan oleh sumber daya manusia yang murah, sehingga produksi baru sebatas produk-produk berharga rendah. Strategi yang digunakan pada waktu itu adalah cost atau price leadership.

Setelah tahun 1997, Asia mengalami krisis ekonomi dan banyak perusahaan merugi, termasuk Samsung.

Namun, perusahaan ini mampu merespon kondisi tersebut dengan baik sehingga dapat bertahan. Samsung melakukan turn around strategy dengan mulai memperbaiki kualitas dan melakukan inovasi-inovasi produk, walaupun tetap mengusung kebudayaan tua Korea Inc yang tidak fleksibel.

Target pasar juga semakin difokuskan dengan membidik pasar dengan permintaan terbesar yaitu Amerika yang perkembangannya tinggi dan China yang pertumbuhannya cepat.

Kini, Samsung Group menjadi salah satu perusahaan elektronik raksasa yang meraih kesuksesan di seluruh dunia. Ada empat divisi utama yang dioperasikan, yaitu digital media, informasi dan komunikasi, semikonduktor dan juga rumah tangga. Perubahan besar yang kemudian mengembangkan perusahaan ini adalah hasil dari filosofi Manajemen Baru yang mulai diterapkan pada tahun 1993, dimana perusahaan berkomitmen untuk memprioritaskan kualitas pada semua produknya.

Keberhasilan Samsung dalam memenangkan persaingan global dimana semakin banyak produk elektronik bermunculan di pasaran, tidak lepas dari penerapan strategi bisnis yang tepat termasuk dalam hal penjualan. Strategi penjualan merupakan cara-cara di dalam proses penjualan yang dapat memberikan efek peningkatan pada nilai penjualan. Dalam bisnis, perusahaan juga harus memperhatikan kepentingan calon konsumen dan memastikan mereka merasa nyaman dengan cara perusahaan menjual produk mereka.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Strategi penjualan yang diterapkan oleh Samsung memang tepat, karena sesuai dengan hal-hal yang perlu diperhatikan seperti berikut:
• Kualitas produk atau jasa yang ditawarkan.
• Pelayanan yang baik saat proses penjualan
• Promosi yang maksimal

Selain itu, bagian pemasaran dan lainnya juga mengambil peran dalam kesuksesan yang diraih oleh perusahaan elektronik asal Korea Selatan ini.

Samsung terus berinovasi sehingga mampu menyaingi Sony yang merupakan pesaing perusahaan digital terbaik di Asia. Dengan didukung perbaikan dalam bidang keuangan, perusahaan ini mampu mengeluarkan produk-produk berkualitas yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat modern. Samsung juga mengutamakan branding dengan melakukan promosi efektif yang menawarkan produk yang selalu berbeda dari yang lainnya.

Meskipun selalu menawarkan produk elektronik yang berbeda mulai dari kebutuhan rumah tangga sampai gadget berteknologi tinggi, tingkat penjualan Samsung terus mengalami perkembangan. Hal tersebut karena hubungan yang baik antara bagian pemasaran dan penjualan. Secara terintegrasi atau terpadu, keduanya mengusung strategi efektif untuk memperkenalkan produk Samsung berkualitas ke target pasar.

Tidak hanya terhenti pada proses penjualan, Samsung terus melakukan inovasi.

Perusahaan ini menggunakan dana khusus untuk membiayai manajemen riset dan pengembangan yang diambil dari nilai penjualan sebanyak 5%. Dengan begitu, Samsung dapat menciptakan inovasi-inovasi kreatif yang akan tetap mempertahankan reputasi brandnya di tengah-tengah masyarakat modern.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!