Mengukur Efektivitas Iklan terhadap Penjualan

Iklan dan penjualan merupakan salah satu strategi terpenting dalam penjualan produk. Tanpanya produk Anda tidak akan bisa sampai ke tangan konsumen. Dalam pemasaran Anda harus menggunakan strategi yang tepat. Ada baiknya Anda mengenali pelanggan Anda, kebutuhan mereka, dan apa yang mereka harapkan dari produk Anda, hal ini merupakan salah satu strategi pasar yang umum.

Tentukan juga segmen pasar mana yang ingin Anda masuki, misalnya saja Anda yang ingin mengeluarkan produk pakaian sebaiknya Anda membidik dengan cermat pakaian tersebut untuk kalangan mana. Remaja atau dewasa, setelah itu Anda bisa membidik rentang umur konsumen. Hal ini untuk menentukan strategi pemasaran Anda kedepannya.

Setelah mengetahui produk yang Anda inginkan dan membidik konsumen yang tepat maka sebaiknya Anda melakukan riset mengenai pasar Anda. Mengetahui target pasar bukan berarti Anda bisa masuk kedalamnya dengan mudah.

Anda perlu mengetahui bagaimana cara membuat konsumen tertarik dengan produk Anda.

Baik dengan warna, kemasan, harga, dan kelebihan produk Anda bila dibandingkan produk pesaing Anda. Mengamati strategi pasar pesaing juga perlu, hal ini agar Anda bisa menampilkan keunggulan yang tidak mereka miliki. Anda yang baru akan meluncurkan produk, sebaiknya benar-benar mempersiapkan waktu dan modal yang besar untuk meneliti pasar.

Hal ini karena produk pesaing sudah lebih dahulu lekat dengan konsumen. Anda juga harus memperhatikan pola pelanggan dan apa yang mereka inginkan yang tidak dimiliki oleh produk pesaing. Hal ini bisa Anda jadikan celah untuk memasukkan produk Anda.

Setelah Anda mengetahui perilaku konsumen dan produk telah siap, maka selanjutnya adalah Anda melakukan promosi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Jangan melakukannya secara membabi buta dan melakukan promosi yang tidak tepat.Apabila produk Anda merupakan produk untuk orang umum kebanyakan dan mengambil pasar luas, maka lakukanlah promosi yang tepat guna. Misalnya, memasang poster, atau baliho di jalan umum, menggencarkan iklan lewat media seperti televisi, koran, dan majalah.
Media-media ini merupakan media yang sering dilihat banyak orang.

Namun apabila pasar yang Anda bidik adalah orang-orang tertentu dan bersifat eksklusif maka Anda harus memilih media promosi yang tepat. Misalnya, Anda mengeluarkan parfum khusus untuk wanita menengah keatas, maka Anda wajib mengetahui apa media yang paling disukai oleh pasar bidikan Anda.

Membuat promosi dengan menggunakan jasa SPG di mal, memasukkan iklan di majalah atau radio tertentu, membuat acara peluncuran yang eksklusif. Menggunakan artis atau model terkenal untuk promosi parfum Anda, juga bisa Anda lakukan. Buatlah promosi yang terkesan eksklusif dan khusus bagi beberapa orang saja.

Hal ini tentunya akan menarik minat mereka untuk membeli parfum Anda. Setelah itu pilihlah lokasi usaha yang strategis dan mudah dijangkau pelanggan. Misalnya bila Anda menjual parfum eksklusif maka ada baiknya Anda membuka tempat usaha di mal-mal tertentu.

Namun bila Anda membuat suatu produk untuk kalangan luas maka akan lebih baik bila menempatkan tempat usaha yang bisa mudah diakses pelanggan.

Setelah Anda menjual produk, yang harus Anda lakukan selanjutnya adalah menjalin hubungan baik dengan pelanggan Anda. Pelanggan yang puas tentunya tak akan segan untuk mempromosikan produk Anda dari mulut ke mulut. Hal ini tentunya akan menguntungkan bagi Anda. Pelanggan yang tidak terpuaskan, dapat Anda minat testimonya untuk memperbaiki produk Anda.

Cara ini akan membuat pelanggan merasa dihargai, sehingga apabila kedepannya produk Anda bisa lebih baik mereka tentu dengan senang hati melakukan promosi dan membeli produk Anda. Langkah ini tidak hanya mendekatkan konsumen tetapi juga mitra promosi produk Anda.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!