Cara Mengelola dan Merekrut SPG atau Sales Promotion Girl secara Fantastik

Anda yang sering berjalan-jalan dan menjumpai adanya berbagai event tertentu seperti pamaeran mobil atau motor akan menjumpai para sales promotion girl atau yang biasa disebut sebagai SPG. Mereka merupakan salah satu tombak ujung penjualan produk dan ditempatkan pada garda depan.

Para SPG ini seringkali menawarkan berbagai brosur atau sampel produk yang mereka tawarkan. Mereka pun biasanya seringkali dikerumuni oleh banyak orang yang ingin bertanya lebih lanjut mengenai produk yang ditawarkan.

Bagi perusahaan keberadaan SPG ini bisa menjadi menaikkan penjualan barang atau malah tidak membantu salam sekali. Semua ini ditunjang dari kemampuan SPG itu sendiri dalam menjual barang. Oleh karena itu kemampuan SPG sangat diperlukan untuk mencapai kesepakatan jual beli barang.

Sebenarnya sales promotion tidak hanya perempuan tapi bisa juga laki-laki, mereka biasanya disebut dengan sales promotion boy atau spb. Namun dibandingkan laki-laki, perempuan biasanya lebih sering digunakan oleh banyak perusahaan terutama perusahaan otomotif.

Sebelum Anda menggunakan jasa seorang SPG untuk menjual produk Anda, ada baiknya bila Anda mengetahui dengan jelas kemampuan yang harus dimiliki oleh seorang SPG. Ada tiga hal yang harus dimiliki oleh seorang SPG.

Pertama yaitu tampilan fisik yang menarik, kualifikasi umum seorang SPG adalah memiliki penampilan menarik, tinggi badan minimum 160 cm dengan berat badan maksimal 56 kg. secara fisik, penampilan seorang SPG harus ideal sehingga tampak menarik dipandang mata. Pengalaman sebagai SPG kadang dicantumkan, bila Anda ingin menyewa jasa mereka yang sudah berpengalaman.

Penampilan ini juga bisa diukur dari dress code yang nantinya akan mereka gunakan. Selain itu gaya berkomunikasi juga penting, dimana hal ini merupakan kunci utama agar bisa berinteraksi dengan konsumen. Gaya berbicara dan pemilihan bahasa akan menentukan seberapa cerdas dan paham SPG atas produk yang ditawarkan.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Bahasa tubuh biasanya mengarah pada gerakan-gerakan tubuh saat menawarkan produk seperti sentuhan fisik atau gerakan fisik mereka. Semua penilaian ini biasanya berdasarkan penilaian subjektif. Oleh karena itu mengetahui menganalisis konsumen pada pasar Anda akan sangat membantu.

SPG ada yang memang merupakan karyawan perusahaan dan ditempatkan sebagai SPG ada pula yang disewa dari agen atau direkrut secara perseorangan pada acara-acara tertentu. SPG yang merupakan karyawan suatu perusahaan biasanya mengenal produk yang ditawarkan secara mendalam.

Mereka juga biasanya mempelajari secara betul kebutuhan target penjualan dan apa saja kekurangan produk yang mereka tawarkan. Beberapa SPG juga bahkan harus paham betul mengenai kelebihan dan kekurangan produk saingan mereka.

SPG baik merupakan SPG yang menempatkan diri mereka sebagai seorang konsumen yang butuh dengan barang tersebut. Mereka juga membandingkannya dengan produk saingan dan mempelajari secara detail mengenai program, dan penjualan produk saingan mereka.

SPG yang biasanya diperoleh melalui agen atau direkrut perseorangan seringkali tidak membantu banyak dalam target penjualan produk. Oleh karena itu sebagai perusahaan perekrut ada baiknya Anda memberikan pelatihan secara khusus dan mendetail pada SPG tersebut.

Pemahaman apa saja yang mereka perlukan dan bagaimana target penjualan yang ingin dicapai. Hal ini sangat diperlukan agar target yang Anda inginkan tercapai. Selain itu SPG juga merupakan gerbang utama komunikasi antara perusahaan dengan pelanggan. Komunikasi yang baik akan meningkat menjadi pembelian produk.

Anda yang tidak ingin repot bisa menggunakan jasa SPG yang professional atau memiliki pengalaman. Mereka biasanya sudah lebih paham akan kebutuhan perusahaan dan tugas mereka sebagai SPG.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!