Cara Ampuh Menyusun Sales Promotion Strategy yang Dahsyat

Dalam promosi penjualan Anda harus cermat untuk menarik minat pelanggan yang sesuai dengan pasar Anda. Pada saat ini media promosi kini tidak hanya terbatas pada media cetak dan elektronik, internet pun menjadi salah satu media yang cukup sukses untuk menarik minat konsumen. Media sosial, merupakan salah satu media promosi yang cukup ampuh dan menarik minat konsumen.

Namun mengandalkan promosi saja tidak cukup, Anda juga harus membuat pelanggan merasa dekat dan dihargai oleh Anda. Misalnya saja mengadakan kontes atau lomba yang melibatkan konsumen Anda. Mereka tentunya akan senang dengan kegiatan tersebut, Anda pun bisa memanfaatkannya sebagai ajang promosi produk seperti menyelipkan logo perusahaan Anda.

Kegiatan ini juga berfungsi untuk meningkatkan loyalitas konsumen terhadap produk Anda. Mereka yang merasa dekat dengan Anda tentunya akan segan dengan Anda dan pindah ke produk lain.

Anda juga bisa menarik minat pembeli dengan membagikan produk atau sampel produk. Pelanggan yang senang dan cocok dengan produk Anda, tentunya dengan senang hati akan membeli produk Anda. Selain membagikan produk sample Anda juga bisa menggunakan strategi lain seperti memberikan hadiah seperti kaos, kalender, payung, dan lain-lain yang bisa Anda sematkan logo produk Anda.

Anda juga bisa melakukan promosi beli satu gratis satu, ini lebih banyak 40%, dan lain-lain, untuk menarik minat pembeli terhadap produk Anda. Posisi yang tepat dalam penempatan produk di toko juga menjadi salah satu strategi promosi. Anda bisa meletakkan produk Anda di ujung gang atau disandingkan dengan produk pesaing.

Anda juga bisa menempatkan sales promotion di dekat pajangan produk Anda. Para sales ini tentunya akan menggiring konsumen untuk membeli produk Anda. Mereka akan memaparkan kelebihan produk Anda dibandingkan pesaing. Mereka juga akan berhadapan langsung dengan konsumen sehingga bisa memberikan analisa langsung mengenai reaksi pasar terhadap produk Anda. Marketing management powerpoint presentation for your team.

Para sales ini juga bisa Anda tugaskan untuk mendata konsumen sehingga Anda bisa menanyakan langsung pada pelanggan mengenai produk Anda. Segala masukan bisa Anda gunakan untuk perkembangan produk Anda berikutnya. Selain itu, data pelanggan juga bisa berfungsi sebagai ajang promosi atau rekomendasi kegiatan yang Anda lakukan khusus untuk konsumen Anda.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Apabila respon konsumen tidak positif maka Anda bisa meninjau ulang startegi pemasaran Anda, seperti ketepatan media iklan, peletakannya, dan harga yang Anda berikan. Anda juga bisa meninjau ulang strategi pemasaran dan menentukan secara spesifik pasar yang Anda ingin masuki. Misal Anda ingin berfokus pada konsumen baru maka Anda bisa melakakukan berbagai cara promosi untuk menarik perhatian pelanggan seperti kontes atau acara khusus seperti kegiatan amal dan menyelipkan logo perusahaan Anda.

Promosi pada dasarnya digunakan untuk meningkatkan penjualan dan pemakaian produk oleh konsumen. Hal ini tentunya akan meningkatkan kinerja perusahaan dan memberikan efek positif pada perusahaan Anda. Peningkatan pembelian produk juga bisa dilakukan dengan beberapa hal seperti menyasar pembeli coba-coba atau pembeli baru.

Anda juga bisa memberikan kupon diskon pada pembelian produk dengan jumlah tertentu atau membuat suatu kartu memberi khusus dengan berbagai fungsi. Misalnya saja, diskon khusus kartu pelanggan, bisa mendapatkan diskon khusus di tempat-tempat tertentu, dan lain-lain.

Anda juga bisa memberlakukan berbagai harga khusus misalnya saja untuk konsumen yang memesan terlebih dahulu atau langsung datang ke toko Anda, dengan memberikan potongan harga. Anda juga bisa memberikan diskon khusus untuk wanita, untuk menarik minat belanja mereka.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!