Kenapa Target Penjualan Tidak Tercapai dan Solusi untuk Meningkatkan Kinerja Sales Marketing

Target penjualan, ada kalanya jumlah yang sudah disepakati sebagai targetnya tersebut tidak tercapai. Ketidakberhasilannya pencapaian target penjual ini pun harus dievaluasi.

Evaluasi yang dilakukan selain akan memberi tahu Anda penyebab-penyebab ketidakberhasilan tersebut, juga akan memberikan kuci keberhasilan yang harus dimiliki untuk pencapaian target atau prestasi di periode berikutnya. Karena, dengan evaluasi tersebut, solusi-solusi yang Anda butuhkan pada setiap penyebab ketidakberhasilan akan ditemukan.

Kurangnya motivasi merupakan penyebab pertama ketidakberhasilan pencapaian target penjualan. Motivasi atau dorongan selain Anda dapatkan langsung dari orang-orang di sekitar dengan semangat melalui kata-kata juga bisa Anda dapatkan bahkan dari sebuah khayalan. Bayangkanlah bagaimana Anda jiga target penjualan tersebut tercapai. Anda akan merasa puas, dan sebaliknya begitu malu ketika tidak tercapai.

Fokuskan bayangan Anda tersebut pada perasaan, jangan pada uang yang akan didapatkan. Kebahagiaan Anda seperti apa, begitu juga dampaknya pada orang di sekitar Anda. Jika profit besar pasti Anda bisa mengajak keluarga mendapatkan apa yang mereka inginkan dan membayar gaji karyawan dengan lancar. Bayangkanlah bagaimana rasa bahagia mereka atau bagaimana jika karyawan tidak mendapatkan gaji mereka, tentu Anda tidak ingin hal itu terjadi.

Sebagai solusi dari untuk mendapatkan motivasi ini, ciptakanlah kondisi kepepet. Anda pasti tahu bahwa setiap orang kepepet terkadang berubah menjadi banyak ide. Coba tempatkan, bayangkan jika Anda berada dalam kondisi kepepet. Bagaimana atau cara apa yang harus Anda lakukan agar bisa bergerak dan keluar dari kondisi tersebut, kerja keras apa yang harus dilakukan.

Menuliskan sesuatu juga tidak kalah penting dalam pencapaian target. Kegagalan dalam mencapai target biasanya terjadi karena target tidak sungguh-sungguh dituliskan dan hanya disimpan di kepala.

Padahal, apa yang disimpan tersebut terkadang ada lupanya belum lagi ditambah pikiran yang lain. Target lebih baik dituliskan agar Anda bisa fokus dan tahu tata letaknya dimana dalam catatan Anda tanpa harus bingung di taruhnya dimana. Anda bisa melihatnya kapan saja dan menjadikannya sebagai semangat atau motivasi juga.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Komitmen merupakan bagian penting dalam pencapaian. Tanpa adanya komitmen yang 100% dipegang, mustahil target tercapai. Seseorang dengan komitmen yang jelas, tentu akan melakukan apa saja hingga targetnya tercapai. Jadi, sebaiknya dalam menyusun langkah untuk pencapaian target, Anda beritahukan pada orang-orang terdekat di perusahaan termasuk follower Anda. Mereka yang tahu, yang mengikuti tersebut akan menjadi pengingat Anda dengan komitmen yang telah Anda sepakati dengan diri Anda.

Jika Anda sudah memiliki motivasi, target pencapaian Anda telah dituliskan, Anda pun telah memiliki komitmen, namun semuanya belum atau tidak akan berjalan dengan lancar jika Anda tidak memiliki kedisiplinan. Kegagalan target pencapaian sering terjadi karena hal ini. Beranggapan tidak ada yang mengawasi sehingga Anda bertindak semaunya.

Padahal, action plan yang sudah dibuat, disepakati, dan ditetapkan harus berjalan sesuai dengan jadwalnya. Anda harus disiplin agar keteraturan serta langkah yang digunakan bisa berjalan sesuai rencana. Rasa malas memang akan menghampiri setiap orang sebagai godaan yang akan menghasilkan sikap semaunya. Ketika hal ini datang, coba ingat kembali apa yang menjadi komitmen Anda dan kembalikan motivasi dengan cara membayangkan tersebut.

Evaluasi kegagalan akan menghasilkan solusi-solusi, oleh karena itu rubahlah semua teknik yang membuat Anda tidak berhasil di periode sebelumnya. Susun teknik atau strategi baru termasuk jika Anda harus menaikan omzet dan merevisi banyak program atau menambah orang baru.

Kegagalan akan seseorang dapatkan ketika dia banyak alasan dan banyak takut. Mereka yang seperti ini memiliki banyak rencana namun tidak segera bertindak. Keberanian merupakan kunci keberhasilan. Lakukan apapun yang sudah disusun dan jangan banyak alasan sebelum mencobanya.

Merencanakan sesuatu juga tentu harus realistis dengan time table. Kegagalan terjadi karena kegagalan dalam merencanakan target pencapaian tersebut. Otomatis, Anda merencanakan kegagalan Anda sendiri saat itu. time table Anda harus direvisi, Anda harus menyesuaikannya dengan keadaan termasuk jumlah SDM, beban kerja, serta waktu yang disediakan. Jangan sampai Anda terbatas dengan sempitnya waktu sehingga projek tersebut tidak selesai, atau selesai namun kualitas yang dihasilkannya rendah.


Capai Target Penjualan dengan Mudah

Pemasaran atau penjualan, bisa terjadi karena ada proses penawaran dan promosi serta berbagai cara yang merujuk pada konsumen agar memilih barang yang dipromosikan tersebut. Proses tersebut tentu ada caranya dan bagaimana harus melaksanakannya.

Cara atau proses canvassing, cara dimana sales datang menawarkan produk baik barang atau jasa yang mereka pasarkan kepada konsumen dengan datang langsung. Konsumen atau pelanggan yang dijadikan target baik kenal atau tidak sudah ditetapkan, sehingga jelas tujuannya. Termasuk untuk menyebarkan flyer sebagai bagian dari promosi tersebut dengan target yang jelas dan tepat.

Selain datang berkunjung, walk in juga merupakan cara untuk mendapatkan kesempatan penjualan pada target. Walk in yaitu dengan konsumen yang datang langsung ke kantor. Oleh karena itu, datanglah ke kantor lebih pagi. Termasuk untuk giliran juga harus ditetapkan. Apabila konsumen sudah datang ke kantor, artinya 75% keinginan mereka menggunakan produk perusahaan Anda sudah ada.

Jika walk in, konsumen datang langsung ke kantor, maka call in menghubungi langsung ke kantor. Mereka, target menelepon karena mendapatkan informasi dari media seperti iklan atau flyer, bisa juga dari orang. kesempatan pencapaian target yang banyak akan Anda dapatkan dengan banyaknya telepon yang masuk.
Perusahaan pun tidak boleh untuk tidak melakukan jalinan kerja sama dengan pihak bank, asuransi, jasa travel, hotel, restoran, hingga marketing dari bidang lain untuk melakukan pemasarannya. Semakin banyak kerja sama atau hubungan baik yang terjalin, maka semakin luas juga jaringan yang terbentuk untuk mendapatkan peluang pencapaian target yang semakin banyak.

Follow up kembali target pemasaran Anda kepada mereka, para klien yang pada periode sebelumnya belum berminat. Penawaran kembali tersebut, merupakan kesempatan kepada Anda karena mungkin saja pada saat Anda menawarkan kembali mereka sudah berminat atau membutuhkannya.

Pemasaran juga harus menggunakan cara buyer get buyer. Penawaran kepada mereka orang di sekitar pembeli. Pembeli tersebut akan menjadi bagian dari promosi produk kita untuk meyakinkannya. Tidak lupa juga, keluarga kita sendiri termasuk teman harus menjadi pengguna produk Anda. Kepuasan mereka tentu akan berpengaruh besar untuk menarik konsumen sebagai target Anda.

Jaman sekarang, siapapun bisa menggunakan internet. Pemasaran di internet pun harus dilakukan. Manfaatkan bukan hanya email atau milis saja tapi juga akun-akun media sosial. Media sosial saat ini menjadi media internet yang akan mendekatkan Anda dengan target pasar.

Gunakan juga produk Anda sebagai hadiah atau sponsor untuk acara-acara tertentu. Misalnya acara perlombaan atau acara amal. Termasuk jika produk Anda merupakan produk anak muda, bisa menjadi bagian dari acara-acara di sekolah. Selain itu, cara bagi-bagi produk pun sebagai contoh atau tester juga bisa dilakukan.

Peletakan produk ternyata berpengaruh juga pada angka penjualan. Jadi, tempatkan produk Anda sebagai produk yang paling mencolok diantara dua barang di sebelahnya. Bisa juga ditempatkan pada sebelah produk utama dimana produk Anda yang akan menjadi komplementernya. Jadi, penggunaan produk Anda akan menjadi produk wajib dibeli bagi mereka yang memilih produk utama tersebut.

Promosi juga bisa dilakukan dengan penggunaan barang-barang seperti kaos, goodie bag, atau kalender. Oleh karena itu, logo produk sangat penting. Membuat barang menjadi lebih bagus sekaligus menarik perhatian mereka yang melihat. Barang tersebut juga bisa dijadikan hadiah.

Tidak ketinggalan, dalam mempromosikan produk para pelanggan merupakan yang harus Anda utamakan. Jadi, buatlah acara yang merupakan apresiasi bagi mereka. Selain sebagai sarana mempertahankan mereka, acara ini juga akan menjadi acara yang menarik minat pelanggan baru.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!