Strategi Social Media Marketing yang Ampuh dan Powerful

Siapa yang tidak memiliki sosial media saat ini, rasanya hampir semua orang di dunia sudah menggunakannya. Salah satu fasilitas di dunia maya ini bahkan setiap detiknya selalu diakses.

Tidak heran jika kemudian digital marketing menempatkan sosial media dalam bagian strateginya untuk menyukseskan pemasaran bisnis mereka. Dan di dalam strategi marketing tersebut, penempatan sosial media pun tetap harus didukung oleh social Media Marketing Strategy sebagai bentuk strategi di dalamnya.

Sosial media digunakan karena saat ini, karena dunia industri kreatif saat ini berkembang sangat pesat. Menggunakan sosial media akan membuat pelanggan yang datang mencari Anda bukan Anda lagi yang harus mencarinya. Akses yang cepat dan praktis akan membuat Anda terhubung dengan jaringan yang lebih luas setiap saat.

Saat ini peningkatan penggunaan sosial media pun begitu tinggi, tentu saja ini juga semakin meningkatkan pasar dari bisnis Anda untuk semakin cepat berkembang. Dalam berkomunikasi pun lebih unik dan lebih cepat.

Sosial media merupakan sarana dimana Anda bisa berkomunikasi lebih terbuka dengan pelanggan dan dapat menarik perhatian yang lainnya. Tinggal bagaimana Anda membuat komunikasi tersebut menjadi menarik, jelas, meyakinkan, dan membuat bisnis Anda terlihat lebih berbeda dari yang orang lain tawarkan.

Strategi pemasaran melalui sosial media dimulai dengan membuat profil dari bisnis Anda. Bisnis Anda harus terlihat professional. Jadi, dalam media sosial ketika Anda mempromosikan bisnis Anda, harus memiliki nilai-nilai yang mencerminkan kelebihan brand yang Anda miliki.

Arahkan dari sosial media tersebut untuk masuk ke konten bisnis Anda yang lebih besar. Buat arahan yang menimbulkan dialog antara Anda dengan pelanggan yang membuat orang juga tertarik untuk bergabung. Targetkan juga cakupan dialog ini sebagai sebuah komunitas yang akhirnya terkelola dengan rapi.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Anda membantu banyak mereka dalam memecahkan masalah yang ada kaitannya dengan penggunaan produk atau brand yang Anda miliki. Persepsi orang akan merk atau brand itu berbeda-beda. Dengan penyampaian komunikasi yang baik dari Anda, akan membuat orang lebih yakin terhadap apa yang Anda tawarkan tersebut.

Kemudian, buat desain atau rancangan yang menarik dari sosial media yang Anda akan kelola. Untuk itu perlu pengetahuan yang lebih lagi untuk membuat desain ini semenarik mungkin. Jangan lupa juga untuk selalu memantau apa yang orang bicarakan tentang bisnis Anda di sosial media tersebut.

Tampung semua pendapat tersebut sebagai koreksi dibagian mana yang Anda rasa masih harus perbaiki sebagai salah satu cara mempertahankan reputasi bisnis Anda.

Menggunakan sosial media sebagai strategi pemasaran merupakan media kreatif yang lebih efisien dan menjangkau semua kalangan pembisnis termasuk pembisnis pemula yang tanpa modal atau tanpa produk misalnya.

Anda hanya perlu selalu belajar untuk terus mengikuti perkembangan media sosial ini agar tidak ketinggalan dan bisa selalu menyiapkan rencana-rencana yang lebih lagi untuk meningkatkan pemasaran Anda melalui sosial media tersebut sesuai dengan perkembangan yang terjadi. Dalam menggunakan platform, selain dengan belajar dari perkembangan yang Anda lihat, Anda bisa berkonsultasi dengan konsultan sosial media yang sudah berpengalaman. Misalnya dalam penggunaan programmer dan designer website berpengalaman dalam pembuatan profil website yang professional.

Untuk keberhasilan strategi yang telah tersusun tersebut, sejak awal Anda harus sudah menentukan target pasar Anda siapa dan sosial media yang akan Anda gunakan apa. Jenis sosial media sendiri bisa menyimpulkan kalangan yang akan menjadi target pasar Anda.

Misalnya bisnis Anda seputar fashion, media seperti instagram, twitter, dan tumblr merupakan media dimana kalangan wanita para pecinta fashion sering berkumpul dan berselancar mencari produk fashion incaran mereka. Anda bisa mengarahkan dari sosial media ini ke website Anda yang lebih besar termasuk blog sekalipun yang memuat konten bisnis Anda.

Karena content creative merupakan konten yang menarik untuk dikunjungi, maka sebagai pelaku bisnis Anda wajib memilikinya.

Buat konten yang menarik untuk bisnis Anda yang membuat orang ingin tahu lebih banyak dan penasaran dengan produk Anda. Tampilan yang professional didukung konten yang seru, menarik, dan kreatif akan membuat banyak pengunjung tertarik dengan link yang telah Anda taruh di sosial media tersebut.

Walaupun promosi secara umum dan komunikasi secara terbuka di sosial media penting, secara personal juga akan lebih efektif lagi bagi promosi bisnis Anda. Apalagi jika target ini merupakan target utama pasar Anda. Berikan promosi secara personal dan jalin komunikasi yang baik untuk mengenalkan produk Anda tersebut untuk meyakinkannya. Setelah mereka yakin dan puas, bukan tidak mungkin mereka pun akan membantu Anda promosi dan membuat pasar Anda semakin luas. Promosi Anda pun semakin ringan.

Karena pengikut atau followers berpengaruh besar, maka sebaiknya targetkan pasar Anda pada mereka yang memiliki banyak followers. Misalnya untuk bisnis fashion, targetkan seorang fashion blogger. Jika memungkinkan, ajak kerjasama dengan mengendorsenya produk Anda untuk promosi yang akan dilakukannya. Orang tersebut harus orang yang memang benar-benar aktif di sosial media dan memiliki interaksi yang bagus dengan followersnya.

Untuk membuat sebuah akun sosial media untuk berbisnis memang tidak bisa asal-asalan. Terutama untuk pemula yang masih terbatas budget dan belum memiliki nama yang terkenal. Perlu strategi-strategi khusus seperti di atas yang mendukung.

Mulai dari untuk mendapatkan pengakuan nama hingga kepercayaan. Sabar merupakan kunci utamanya, apalagi saat ini pengguna media sosial untuk marketing tidak sedikit dengan produk yang sama.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!