Teknik Mendelegasikan Tugas untuk Kinerja yang Dashyat

Dalam bekerja, kita tidak mungkin bisa melakukan semua hal dengan kedua tangan kita tanpa bantuan orang lain sedikitpun.

Itulah kenapa pentingnya bagi kita terutama yang menjabat sebagai pimpinan dalam suatu perusahaan untuk mengetahui bagaimana cara yang benar dan baik saat ingin mendelegasikan suatu tugas ke bawahan atau rekan kerja sehingga tugas yang diberikan bisa dikerjakan dengan maksimal tanpa ada rasa beban atau tersinggung.

Hal seperti ini sering kali disepelekkan padahal dampaknya jika kita salah dalam tatacara pendelegasian tugas akan cukup fatal. Tidak jarang banyak yang merasa terbebani karena tugas tambahan yang diberikan cenderung menyita waktu nya untuk mengerjakan pekerjaan lain atau malah membebani karena harus menambah extra tenaga yang tadinya sudah selesai malah belum selesai.

Nah, ada beberapa cara yang mungkin bisa Anda coba terapkan dalam lingkungan pekerjaan di perusahaan Anda sehingga seperti apapun kondisinya Anda tidak menjadi pihak yang salah akibat tata cara yang kurang baik.

Cara yang pertama adalah Anda harus benar dalam memilih orang yang tepat untuk mendelegasikan tugas tersebut. Harapannya adalah tentu agar tugas itu dikerjakan sesuai dengan keinginan Anda dan dengan benar.

Banyak yang terjadi dimana karena terburu-buru atau salah memilih orang maka tugas yang diberikan malah salah total dan hanya membuat Anda harus bekerja dua kali.

Cara yang kedua adalah sebelum Anda mendelegasikan tugas tersebut, pastikan bahwa Anda memahami kesulitan apa saja yang akan di hadapi oleh penerima tugas. Pastikan Anda mengenal betul seberapa jauh kemampuan rekan yang akan Anda pilih sehingga dia mampu menyelesaikannya dengan benar.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Tidak ada salahnya sebelum memasrahkan semua tugas, Anda bertanya dahulu apakah dia mampu dengan tugas tersebut dan yakin bisa mengerjakannya dengan benar ataukah ada keraguan karena tidak sesuai dengan bidang pekerjaannya.

Cara selanjutnya adalah Anda harus benar-benar tahu bahwa tugas yang akan Anda delegasikan adalah kepada orang yang tepat. Dalam memandang orang yang tepat Anda harus jernih dan professional, jangan hanya karena ada hubungan dekat atau bawahan dan rekan tersebut adalah favorit Anda di kantor maka Anda memberikan tugas-tugas semua kepadanya.

Dengan mendelegasikan tugas kepada orang yang tepat maka Anda akan memiliki waktu lebih dalam menyelesaikan pekerjaan Anda yang lainnya. Selain itu secara tidak langsung Anda juga memberikan kepercayaan lebih kepada orang lain untuk mengerjakan tugas Anda dengan baik.

Jika dikantor atau perusahaan Anda ada karyawan baru maka jangan segan untuk memberinya tugas-tugas ringan yang mana akan sangat berguna dalam membangun kepercayaan dirinya dan juga menambah hubungan yang baik sesama rekan kerja.

Ini juga bisa menjadi cara yang baik untuk melihat seberapa jauh kemampuan yang dimiliki oleh karyawan baru tersebut dalam mengampu sebuah tanggung jawab yang penting di tempat kerja barunya. Berikan kepercayaan secara total kepada dirinya sehingga dia bisa mengerjakan tugas dengan maksimal.

Saat memberikan tugas jangan lupa sampaikan hasil akhir seperti apa yang Anda butuhkan. Ini sangat penting dan bertujuan untuk menyamakan tujuan dan pikiran sebelum tugas yang Anda berikan di kerjakan oleh sang penerima. Jangan lupa berikan kesempatan kepada penerima tugas untuk menyampaikan jika ada kebingungan, pertanyaan atau tanggapan atas tugas yang akan dikerjakannya sehingga nantinya tugas bisa selesai dengan baik sesuai harapan Anda.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!