Materi Pelatihan Manajemen Pemasaran untuk Perusahaan Teknologi

C classMateri pelatihan manajemen saat ini tidak hanya dibutuhkan di dalam perusahaan yang memasarkan produk barang konvensional, namun beberapa perusahaan yang bergerak di bidang teknologi pun membutuhkan manajemen pemasaran ini guna mempromosikan produk digitalnya ke kalangan luas dan juga membutuhkan ahli pemasaran yang benar-benar ahli dalam mempengaruhi lawan bicaranya untuk memberikan perhatiannya ke dalam produk yang di bawanya.

Ini karena perusahaan teknologi kebanyakan dihuni oleh individu yang berorientasi kepada bisnis, sering jatuh ke dalam perangkap pemasaran dan penjualan yang terlalu berfokus pada sisi teknis produk. Manajer produk biasanya memainkan peran yang sangat diperlukan dalam menarik perkembangan pemasaran dan penjualan atas perangkatnya menuju perspektif bisnis.

Ada sejumlah alasan mengapa upaya pemasaran dan penjualan di perusahaan-perusahaan teknologi cenderung terlalu teknis meskipun fakta menunjukkan bahwa ada banyak orang-orang yang memiliki pengetahuan pemasaran khusus di luar sana di pasar, dengan banyak para sale terampil.

Pertama, seperti dengan semua industri lainnya, orang-orang yang memulai karirnya di sebuah perusahaan pasti akan ditempatkan di departemen pemasaran. Individu tersebut dapat saja ditempatkan di departemen pemasaran atau penjualan, tetapi tidak memiliki eksposur sistematis untuk konsep pemasaran dan juga keterampilan dalam pemasaran itu sendiri.

Kedua, secara resmi individu baru ini akan dilatih, tetapi sales yang melatihnya akan sangat berorientasi pada bisnis tradisional, ini harus segera diubah, karena individu ini akan menghadapi masalah di mana mereka berhadapan dengan orang-orang yang baru melek teknologi seperti orang tua dengan produk yang kompleks dan tidak dapat diakses bagi lawan mereka.

Oleh karena itu mereka akan sangat tergantung pada kader orang-orang teknis untuk penjelasan tentang bagaimana produk ini bekerja, bagaimana itu digunakan, dan mengapa orang –orang harus menggunakannya.

Upaya terbaik yang dapat dilakukan adalah memberikan penjelasan yang jelas dan kuat dari sumber informasi atas produk ini.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Ketiga, perusahaan teknologi lebih dari senang untuk menargetkan prospek di bidang TI dan bidang teknis lainnya karena mereka pikir audiens awam mereka adalah pembeli yang potensial. Hal ini biasanya tidak benar, karena daya beli produk teknologi biasanya sering dijawab oleh pengguna bisnis atau eksekutif, kecuali jika Anda memang menargetkan produk yang khusus dimengerti untuk para pakar IT, maka Anda akan banjir pesanan (pada waktu tertentu saja).

Manajer produk bekerja sebagai individu yang memiliki tugas untuk memahami perspektif bisnis pada suatu produk untuk menerjemahkannya ke dalam persyaratan dan instruksi teknis lainnya, juga dapat memberikan masukan yang tepat untuk departemen Pemasaran dan Penjualan, masukan yang berfokus pada sisi bisnis tentunya.

Ini Semua Tentang Perbedaan
Perusahaan teknologi, seperti orang-orang teknis biasanya ingin menjadi analitis secara menyeluruh, mengungkap semua fakta, mengorganisir secara logis. Sesungguhnya sifat alami perusahaan teknologi saat pemasaran adalah mendeskripsikan kemampuan sebuah produk dengan sangat detail dan terperinci hingga tidak ada celah sedikit pun, bahkan pikirkanlah pertanyaan tidak penting yang kadang terlontar dari audiensi terhadap produk Anda.

Tapi untuk lebih efektifnya, Anda tidak perlu benar-benar mendeskripsikan semua produk Anda, tidak. Yang perlu Anda lakukan adalah mendapatkan begitu banyak perhatian dari prospek dan analis, sehingga Anda perlu fokus bukan pada apa yang Anda lakukan, tetapi pada apa yang Anda lakukan, ingat ini adalah dua hal yang sangat berbeda.

Ini adalah inti dari konseppenempatan produk. Sebuah produk tidak perlu melakukan hal-hal yang berbeda dari produk lain untuk mendapatkan perhatian dari orang lain.

Pelajari Garis Dasar Pasar
Untuk membantu mencari tahu bagaimana produk Anda berbeda dari apa yang telah berada di pasaran, kita bisa melihat fitur dari produk yang sedang bersaing di pasaran, dan mencari kemampuan secara umum di antara mereka.Ini akan membentuk semacam dasar pembeli potensial yang Anda harapkan akan menemukan produk Anda di antara tumpukan produk lain.

Menentukan garis dasar adalah cara cepat untuk menghilangkan fitur yang sama atas produk Anda dengan produk yang lain. Dan ingat bahwa garis dasar ini akan terus bergerak seiring dengan para pesaing yang mengejar ketertinggalan dengan produk yang lain, yang berarti Anda akan meninjau posisi Anda secara teratur dan siap untuk meluncurkan bagian yang penting dari produk Anda dan akan terus maju.

Audiens Suka Menceritakan tentang Diri Mereka Sendiri
Prospek Anda senang mendengar tentang masalah yang selalu mereka hadapi setiap hari. Biasanya membicarakan tentang masalah utama dan aktivitas industri mereka khususnya, lingkungan usaha, dan spesialisasi yang profesional. Jika Anda ingin benar-benar menarik perhatian mereka, maka Anda bisa merumuskan deskripsi produk Anda yang terstruktur di sekitar isu-isu di masalah utama mereka.

Misalnya, alih-alih menjelaskan produk callcenter di brosur Anda pada layar dan tab dalam perangkat lunak, Anda bisa mengatur materi Anda di sekitar isu-isu utama untuk bisnis callcenter: Pastikan orang asli yang menjawab setiap panggilan, pelacakan terhadap berapa banyak panggilan yang datang, menetapkan panggilan efisien, dan memberikan repetisi layanan dengan akses ke bahan-bahan yang memberikan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan penelepon.

Akhirnya, penting untuk menyadari bahwa Product Manager tradisional di perusahaan teknologi hanya dapat memberikan pelatihan pemasaran yang bias dan hanya justru menyia-nyiakan prospek Anda alih-alih meningkatkan pemasaran dan efektivitas penjualan. Pertemukan Product Manager dengan teknisi yang menangani produk Anda untuk dapat memberikan penjelasan yang lebih detail dan terperinci serta berkreasi dalam menjelaskan produk seperti yang telah dijelaskan di atas.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!