Tips untuk Melakukan Social Media Marketing dengan Efektif dan Ampuh

Membangun rencana pemasaran sosial media sangat penting. Beberapa pertimbangkan penelitian dan konten maupun gagasan kata kunci riset yang akan menarik konsumen yang menjadi target anda.

Konsisten dengan daerah lain melalui pemasaran online, banyak hal yang bisa anda lakukan dan ubah dengan pemasaran sosial media. Pastikan anda menawarkan informasi yang berharga bahwa pelanggan anda sangat ideal dan buat berbagai konten dengan menerapkan gambar, video dan infografis di samping konten berbasis teks klasik.

Anda harus konsisten dengan menggunakan media sosial untuk pemasaran, hal ini memungkinkan bisnis anda untuk memproyeksikan merek terbaik yang anda bangun di berbagai platform sosial media yang berbeda. Sementara setiap platform sosial media memiliki lingkungan yang unik sehingga identitas inti dari bisnis anda harus tetap konsisten.

Blog
Blogging adalah alat pemasaran yang hebat pada sosial media yang memungkinkan anda berbagi berbagai macam informasi dan konten dengan pembaca. Blog perusahaan anda juga dapat berfungsi sebagai media pemasaran, dimana blog yang anda miliki menggambarkan tentang usaha anda.

Links
Saat menggunakan sosial media untuk bergantung dalam pemasaran terutama pada bisnis anda. Dengan menggunakan konten asli yang unik untuk mendapatkan pengiku, penggemar, konten itu juga bagus untuk dibuat link ke artikel blog anda. Jika sumber-sumber lain memberikan keuntungan yang besar, informasi berharga anda akan bermanfaat bagi konsumen anda. Jangan malu terhubung dengan sosial media. Menghubungkan informasi ke sumber-sumber diluar akan meningkatkan kepercayaan dan kehandalan bisnis anda bahkan dengan menggunakan link pada blog atau website, anda bisa mendapatkan beberapa link kembali.

Pesaing
Sangat penting bagi anda untuk mengawasi pesaing bisnis anda, mereka dapat memberikan data berharga untuk penelitian kata kunci terhadap kelemahan bisnis anda.

Anda bisa mendapatkan tempat dimana anda harus mendapatkan link yang terkait dengan industri dan wawasan pemasaran sosial media lainnya. Jika pesaing anda menggunakan teknik pemasaran sosial media tertentu yang tampaknya bermanfaat untuk mereka, anda bisa melakukan hal yang sama namun pilihlah sosial media yang lebih baik.

Mengukur kesuksesan dengan Analytics
Anda tidak dapat menentukan keberhasilan strategi pemasaran pada sosial media tanpa menggunakan alat apapun.

Google Analytics dapat digunakan sebagai alat pemasaran yang hebat pada sosial media akan membantu anda mengukur teknik pemasaran sosial media untuk kemenangan bisnis anda. Alat ini juga menentukan strategi yang lebih baik untuk berbisnis. Pasang tag pelacakan untuk pemasaran dalam sosial media anda sehingga anda benar dapat memonitor pemasaran bisnis anda.

Beberapa sosial media yang banyak digunakan untuk pemasaran bisnis anda diantaranya:

Media sosial untuk pemasaran saat ini sesuai dengan lingkungan yang unik pada masing-masing platform.

Berbagai situs sosial media untuk pemasaran akan memerlukan teknik yang berbeda ketika anda menggunakannya untuk pemasaran bisnnis anda sehingga anda harus mengembangkan strategi yang unik yang disesuaikan untuk setiap platform sosial media tersebut.

Facebook marketing sosial media
Facebook membutuhkan strategi pemasaran yang aktif, sosial media yang diawali dengan menciptakan Fan Page Facebook bisnis ini bisa menjadi cara yang tepat untuk mengembangkan bisnis anda. Media pemasaran sosial halaman bisnis yang terdapat pada facebook tersebut maka anda bisa dengan mudah bersosialisasi dengan konsumen atau calon konsumen dalam waktu yang cepat.

Namun anda bisa memasarkan produk bisnis dengan biaya tertentu sehingga jumlah konsumen yang anda dapatkan lebih banyak. Facebook fan page memberikan manfaat yang luar biasa kepada pebisnis namun dengan biaya tertentu.

Google+
Google+ merupakan pesaing dari Facebook dan dengan sosial media ini anda bisa mempromosikan produk atau bisnis yang menyenangkan dan santai. Pada Google+ anda dapat meng-upload berbagi foto, video, link dan melihat semua produk anda.

Anda juga mengambil keuntungan dari lingkaran Google+ yang memungkinkan anda untuk segmen pengikut menjadi kelompok-kelompok yang lebih kecil, yang memungkinkan anda untuk berbagi informasi dengan beberapa pengikut Google +. Anda bsia menciptakan inovasi produk atau bisnis, anda dapat mencoba menciptakan sebuah halaman atau fan lingkaran dengan berbagi diskon khusus dan penawaran eksklusif hanya dengan grup itu.

Anda juga dapat mencoba hosting dengan konferensi video yang bereksperimen menggunakan fitur lain yang lebih menyenangkan dengan cara-cara yang lebih kreatif. Beberapa ide pemasaran sosial media memang menjadi lebih mudah dengan adanya Google+.

Pinterest
Pinterest sebagai sosial media yang terbaru dalam trend pemasaran media sosial. Platform image pada Pinterest sangat ideal untuk ritel, tapi setiap orang bisa mendapatkan keuntungan dari menggunakan Pinterest untuk keperluan sosial media.

Pinterest memungkinkan usaha kecil untuk menampilkan penawaran produk mereka sendiri sementara juga mengembangkan kepribadian merk mereka sendiri dengan beberapa pinboards yang unik.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!