Social Media Marketing melalui Twitter dan Youtube

Cara terbaik untuk mendefinisikan sosial media adalah alat komunikasi, seperti koran atau radio, sehingga media sosial akan menjadi alat komunikasi sosial. Dalam istilah Web 2.0, ini akan menjadi situs web yang tidak hanya memberikan informasi, tetapi berinteraksi dengan anda saat memberikan informasi tersebut.

Interaksi tersebut seperti meminta komentar atau membiarkan anda memilih pada sebuah artikel atau bisa serumit Flixster yang merekomendasikan film yang didasarkan pada peringkat dari orang lain dengan minat yang sama.

Anda bisa memikirkan media terbaik sebagai jalan satu arah di mana anda dapat membaca koran atau mendengarkan laporan di televisi karena anda memiliki kemampuan yang sangat terbatas untuk memberikan pengalaman tentang masalah tersebut. Media sosial di sisi lain merupakan jalan dua arah yang memberikan anda kemampuan untuk berkomunikasi.

Kedua hal tersebut memang sangat membingungkan uaitmedia sosial dengan berita sosial karena kita sering menyebut anggota dari berita sebagai media. Yang membuat kebingungan adalah kenyataan bahwa sebuah situs berita sosial juga merupakan situs media sosial karena dimasukkan ke dalam kategori yang lebih luas.

Tapi berita sosial bukanlah hal yang sama seperti media sosial namun berita sosial adalah media sosial, jejaring sosial dan wiki. Sekarang anda telah menjawab pertanyaan tentang apa media sosial, anda bisa melanjutkan ke situs-situs media sosial. Media sosial adalah suatu istilah yang luas, mencakup berbagai macam website, namun satu link yang sama antara situs ini adalah bahwa anda dapat berinteraksi dengan website dan berinteraksi dengan pengunjung lain.

Beberapa contoh situs media sosial diantaranya adalah Social Bookmarking. Anda bisa berinteraksi dengan penandaan website dan mencari melalui situs bookmarked oleh orang lain.

Berita Sosial seperti Digg, Propeller, Reddit, hal ini adalah berinteraksi dengan memilih beberapa artikel dan komentar pada berita tersebut. Jaringan Sosial, hal ini diantaranya adalah Facebook, Hi5, Last.FM.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Cara yang bisa ditempuh menggunakan beberapa sosial media tersebut adalah dengan berinteraksi baik dengan menambahkan teman, mengomentari profil, bergabung dengan kelompok dan berdiskusi.

Photo Sosial dan Video Sharing seperti YouTube, Flickr yang banyak dilakukan oleh orang adalah dengan berinteraksi pada berbagi foto atau video dan memberi komentar pada kiriman pengguna.

Wiki baik Wikipedia maupun Wikia, pengguna bisa berinteraksi dengan menambahkan artikel dan mengedit artikel yang sudah ada. Website tersebut bukan satu-satunya situs media sosial. karena setiap situs web yang mengundang anda untuk berinteraksi dengan situs dan dengan pengunjung lain dikategorikan ke dalam definisi media sosial.

Pemasaran sosial media juga sangat penting dalam hal ini. Pemasaran sosial media merupakan proses pemasaran melalui situs media sosial seperti Twitter, Facebook dan YouTube.

Dengan memanfaatkan aspek sosial dari web, pemasaran media sosial dapat terhubung dan berinteraksi pada tingkat yang jauh lebih personal dan dinamis daripada melalui pemasaran tradisional.

Sebuah strategi pemasaran media sosial dapat dibuat sederhana dengan memiliki sebuah blog perusahaan, akun Twitter atau melampirkan Digg dan Tweet ini yang di tag ke akhir artikel. Hal ini juga dapat menjadi cara terbaik untuk pemasaran penuh yang meliputi blog, Twitter, jejaring sosial dan video virus melalui YouTube.

Social Media Marketing dan Berita Sosial
Bentuk paling sederhana dari pemasaran media sosial adalah untuk menandai artikel dan entri blog dengan pengiriman mudah dan voting di situs berita sosial seperti Digg .

Jika anda pernah datang di suara kontra Digg atau Share widget ini bisa dilakukan di akhir artikel, anda telah melihat bentuk pemasaran media sosial dalam berbagai cara sehingga anda bisa memilih cara yang tepat untuk pemasaran anda.

Jenis pemasaran ini sering dilakukan secara otomatis sehingga sangat sederhana untuk diterapkan.

Hal ini juga menjadi sangat efektif untuk perusahaan media dan dapat menjadi cara yang bagus untuk mempromosikan blog perusahaan.

Dalam banyak hal, blog dapat berfungsi sebagai perpanjangan dari media tradisional. Banyak informasi yang menjadi review salinan kemudian dikirim ke outlet media tradisional seperti surat kabar dan majalah, informasi juga dapat dikirim ke blog populer pada subjek. Blog juga menawarkan kesempatan untuk mengumpulkan berita yang fiktif.

Hal ini telah menjadi semakin penting untuk memiliki keberadaan di situs jaringan sosial seperti Facebook dan MySpace. Selain jaringan sosial populer tersebut, ada juga beberapa jaringan sosial khusus yang mungkin menjadi tempat yang sempurna untuk mendirikan jarinan untuk produk tertentu.

Jaringan sosial tidak hanya memberikan pemasar tempat untuk mendapatkan ide namun mereka juga menyediakan tempat untuk berinteraksi dengan pelanggan dan memungkinkan pelanggan untuk berinteraksi satu sama lain. Cara ini bisa menjadi titik awal untuk pemasaran yang lebih efektif dan efisien.

Social Media Marketing dan Twitter
Twitter telah mengambil banyak simpati orang pada tahun lalu untuk menjadi tempat yang bagus untuk pemasaran bisnis di media sosial. Sementara Twitter telah berkembang jauh melampaui yang telah dirancang dan diperkirakan oleh pemilik situs tersebut.

Sangat penting untuk memikirkan Twitter seperti dengan blog perusahaan. Tujuan utama menggunakan sosial media ini adalah untuk mendapatkan ide, hal itu sama penting untuk menambahkan sentuhan pribadi daripada mengandalkan RSS feed untuk memberikan berita yang lama atau hanya mengulangi blog perusahaan saja. Selain saat ini tumbuh lebih banyak jumlah pengikut pada Twitter, situs jejaring sosial ini dapat sangat efektif saat berinteraksi dengan pelanggan dan fans.

Social Media Marketing dan YouTube
Beberapa manfaat yang paling efektif dari media sosial adalah strategi pemasaran pusat seperti YouTube dan video virus. Sementara sering situs jejarinng sosial ini lebih memakan waktu dan mahal, YouTube dapat dengan mudah menjadi pusat dari kampanye media sosial yang lebih besar.

Karena sifatnya sosial, YouTube dapat menjadi cara yang bagus untuk berinteraksi dengan pelanggan dan membuat mereka terlibat dengan pemasaran serta produk.

Sebagai contoh yang sangat baik dari pemasaran media sosial di YouTube dilakukan dengan baik adalah respon Microsoft untuk ” Aku Mac ” iklan. Jenis interaksi pelanggan merupakan inti dari media sosial marketing, hal ini berhubungan tentang bagaimana dan merupakan landasan untuk membangun strategi yang efektif. Semakin anda berinteraksi dengan pelanggan, anda bisa membangun loyalitas merek yang lebih baik lagi.

Manfaat Media Sosial

Satu hal yang perlu dimiliki oleh tiap komunitas web media sosial adalah anggota. Anggota adalah komoditas situs media sosial dan semakin banyak anggota, semakin banyak nilai, bukan hanya kepada pemilik situs, tetapi untuk masyarakat itu sendiri. Bahkan ada massa kritis ke situs media sosial. Tanpa cukup anggota situs hampir tidak memiliki nilai dan tidak berarti.

Tapi seperti masyarakat yang tumbuh, nilainya meningkat secara eksponensial. Jika masyarakat hanya memiliki beberapa anggota tidak akan cukup konten untuk membuat situs yang menarik. Selain itu tanpa cukup banyak orang masyarakat tidak akan mengoreksi diri. Jaringan sosial yang baik adalah jaringan sosial yang memiliki semua karakteristik yang dibutuhkan masyarakat.

Manfaat dari situs media sosial ditemukan dalam hubungan yang bisa ditarik antara mereka yang berpartisipasi dalam situs tersebut. Menghubungkan orang, merekomendasikan sumber daya, mengidentifikasi keahlian dan mendistribusikan konten yang memberikan manfaat bagi mereka yang berpartisipasi dan menggunakan situs tersebut.

Menggunakan media sosial untuk pemasaran dapat mengaktifkan usaha kecil yang ingin melanjutkan jangkauan mereka kepada lebih banyak pelanggan. Pelanggan anda berinteraksi dengan merek melalui media sosial, oleh karena itu, memiliki kehadiran media sosial yang kuat di web adalah kunci untuk memasuki minat mereka. Jika diterapkan dengan benar, pemasaran dengan media sosial dapat membawa sukses yang luar biasa bagi bisnis anda.

Apa itu Social Media Marketing?
Pemasaran sosial media atau SMM merupakan bentuk pemasaran internet yang mengimplementasikan berbagai jaringan media sosial untuk mencapai komunikasi pemasaran dan branding gol. Pemasaran media sosial terutama meliputi kegiatan yang melibatkan berbagi sosial konten, video dan gambar untuk tujuan pemasaran. Sebelum anda mulai menciptakan kampanye pemasaran sosial media, pertimbangkan tujuan bisnis anda.

Memulai kampanye pemasaran sosial media tanpa rencana dalam pikiran adalah seperti mengembara melalui hutan tanpa peta dan berakhir sia-sia. Buat rencana pemasaran media sosial dan bertukar pikiran tentang tujuan anda. Apa yang anda harapkan untuk mencapai tujuan dalam pemasaran sosial media? Siapa target audiens anda, dimana audiens target anda akan bergaul dan bagaimana mereka akan menggunakan sosial media? Pesan apa yang ingin anda kirim ke audiens dengan pemasaran sosial media?

Pemasaran sosial media memiliki tujuan seperti:
• Situs lalu lintas
• Konversi
• Kesadaran
• Menciptakan identitas merek dan asosiasi merek positif
• Komunikasi dan interaksi
Hanya dengan menetapkan tujuan yang anda inginkan, anda dapat mengukur ROI sosial media anda .

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!