Bagaimanaca Cara Menguasai Selling Skills yang Bagus dan Efektif?

Selling skills adalah kemampuan yang dimiliki oleh seseorang untuk menjual produk, baik itu berupa barang ataupun jasa.Selling skills ini sangat menentukanapa yang akan dapat diraih ke depannyal; sukses dan tidaknya dia dalam berbisnis secara tidak langsung juga dipengaruhi oleh bagaimana kemampuannya dalam menjual produk yang dimilikinya.

Untuk menjadi pebisnis atau penjual yang sukses, bukan hanya selling skills saja yang mesti dikuasai namun juga beberapa hal di bawah ini, yaitu:

• Talent atau bakat
Ini adalah kemampuan yang dibawa sedari lahir yang merupakan modal dasar yang kuat bagi seseorang untuk menjadi pebisnis sukses. Seseorang yang telah memiliki bakat dalam berbisnis dapat kita lihat dari beberapa karakter yang dimilikinya, yaitu mudah bergaul, jujur, sopan, bertanggungjawab, cerdas, disiplin, rajin, ulet, teliti, berkomitmen dan lain sebagainya.

Terlepas dari apakah orang yang memiliki bakat tersebut dapat memanfaatkan potensinya atau tidak, bakat yang dimiliki tersebut pada dasarnya telah memberikan kesempatan emas bagi dirinya untuk menjadi pebisnis sukses.

Namun perlu disadari bahwa bakat atau talent saja tidaklah cukup karena untuk menjadi sukses dalam berbisnis juga dibutuhkan faktor – faktor penunjang yang lain.

• Product knowledge
Memiliki pengetahuan yang baik mengenai produk yang dijual menjadi modal selanjutnya yang dibutuhkan seseorang untuk menjadi pebisnis sukses.Bukan hanya produk sendiri yang hendaknya dikuasai, namun ada baiknya juga mengetahui atau menguasai seluk beluk produk yang dijual oleh para pesaing atau kompetitor.

Meski banyak pebisnis sukses yang tidak menguasai produk yang dijualnya, namun sangat dianjurkan untuk menjadi pebisnis yang berbeda karena dengan demikian konsumen atau klien akan senang untuk menjalin kerjasama.

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga.....

• Selling skills. Ini menjadi poin selanjutnya yang hendaknya dikuasai. Dalam hal ini kita akan tahu bagaimana menjual suatu produk dengan baik menggunakan teknik Probing.

Teknik ini dipakai untuk mencari tahu, menyelidiki, menggali informasi serta kebutuhan prospek dengan cara mengajukan bermacam pertanyaan kepada calon pembeli atau yang disebut sebagai prospek. Dengan selling skills yang baik, maka seorang penjual akan dapat menangani konsumen, baik perorangan maupun organisasi, secara maksimal.

Sayangnya, seringkali pebisnis kurang mengetahui dan menguasai teknik ini.Banyak pebisnis yang justru “malas” untuk melayani atau mengorek informasi dari pelanggan atau prospek yang datang ke toko atau bisnisnya.Hal ini tentunya sangat disayangkan karena kesempatan yang begitu besar tidak dapat dimanfaatkan semaksimal mungkin.

Namun, hal semacam itu juga dapat dimaklumi, karena menurut para ahli, hal semacam itu dapat terjadi karena pebisnis tidak melakukan probing terlebih dahulu sebelum menawarkan barang atau jasa yang dimilikinya.

Namun, agaknya dalam menggunakan teknik ini seorang pebisnis tidak melakukan “lips service”. Seorang pebisnis yang baik akan selalu jujur mengenai produk yang dijualnya dan tidak akan menutup – nutupi apabila produk tersebut memiliki cacat.

Oleh karena pentingnya selling skills hingga bukan hanya pebisnis yang dianjurkan untuk menguasainya.Bahkan kemampuan tersebut juga diwajibkan untuk dimiliki oleh pegawai yang bekerja sebagai recepsionist, tenaga Public Relations dan lain sebagainya.Skill ini seringkali tidak perlu dipelajari secara formal, melainkan dapat diasah seiring dengan pengalaman yang dimiliki.

Namun, ketika seseorang mengetahui dan mendapatkan pengetahuan ini secara formal, maka pada umumnya skill yang dimiliki akan semakin baik karena secara psikologi dirinya akan mengetahui apa saja yang mesti dilakukan untuk menghadapi konsumen atau klien yang berbeda – beda karakternya.

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!