Bagaimana Cara Ampuh untuk Menjadi Manajer Penjualan yang Sukses?

Jika anda adalah seorang yang tergabung dalam tim penjualan sebuah perusahaan, maka anda mungkin bertanya-tanya: bagaimana supaya saya bisa menjadi penjual yang handal.

Tentu saja definisi penjual di sini tidak selalu berarti sebagai orang yang diserahi tugas menjual produk kepada konsumen. Penjual di sini bisa diartikan seluas-luasnya, yakni sebagai orang menawarkan gagasan atau produk kepada orang lain.

Jadi bisa dibilang, mungkin penjual telah menjadi takdir kebanyakan orang yang bekerja di sebuah perusahaan. Boleh dibilang, sangat sulit untuk menjadi tenaga penjual yang sukses.

Meskipun demikian, tidak berarti bahwa ada kemustahilan untuk menjadi tenaga penjual yang sukses. Ini adalah soal tekad dan kerja keras, keduanya dibutuhkan selain rasa hormat untuk pelanggan dan diri sendiri.

Artikel ini akan menjabarkan lebih lanjut tentang cara-cara yang bisa dilakukan supaya anda bisa menjadi seorang penjual handal. Yakinlah bahwa tidak ada yang sulit jika anda mau berusaha dan tidak merasa pesimis walaupun belum mencapai target yang diinginkan.

Beberapa Tips Tentang Menjadi Penjual yang Handal

“Menjadi penjual yang handal” merupakan sebuah kalimat pendek yang sangat subjektif. Ia terkait dengan usaha yang dilakukan seseorang untuk menjadi handal. Nah, untuk menjadi penjual handal, orang membutuhkan panduan. Berikut beberapa tips yang bisa anda ikuti.

1) Untuk menjadi seorang salesman yang baik, tentu anda tahu bahwa kualitas adalah segalanya.

Seorang pemalu dan penyendiri tidak akan bisa menjadi seorang penjual yang handal. Seorang penjual, di sisi lain, bisa berhasil ketika ia percaya pada dirinya sendiri, dan percaya pada produk dan gagasan yang ditawarkannya.

Kepercayaan diri, dengan demikian merupakan kunci untuk yang berguna untuk memicu antusiasme konsumen. Sedikit saja goyah, maka anda akan mudah frustrasi (terutama ketika menghadapi pembeli yang cerewet). Karena itu konsistensi adalah kata kunci lain yang perlu dipikirkan oleh seorang penjual.

2) Pahamilah arti pentingnya aura kepemimpinan. Anda mungkin perlu melihat sekitar dan mengambil pelajaran dari orang-orang pintar di sekitar anda. Seraplah ilmu mereka dan bekerja tiga kali lipat dari si orang pintar, maka anda bisa menjadi penjual yang handal.

Jika anda ingin menjadi seorang penjual yang cerdas, ketrampilan komunikasi juga penting. Komunikasi efektif membantu meningkatkan ketertarikan pembeli.

Dengarkanlah pembeli, tunjukkan sikap professional, dan selalu menjelaskan dengan detail tentang kelebihan produk atau gagasan merupakan sejumlah ketrampilan yang bisa dipakai untuk menarik pelanggan.

3) Jadilah seorang pemimpin. Jika anda telah mendapatkan kepercayaan diri yang besar, maka ini akan berdampak signifikan terhadap keputusan pelanggan. Cobalah sekali-kali anda berpura-pura menjadi penjual.

Tekanlah bel pintu di rumah adik anda, dan tawarkanlah ia produk kosmetik secara langsung, tanpa anda mendahului pembicaraan dengan menjabarkan kualitas dan manfaat produk.

Tentu ini merupakan cara yang buruk untuk menawarkan sesuatu, dan terlebih, anda akan menerima penolakan. Cobalah terlebih dahulu untuk memahami pelanggan, dan jabarkan alasan mengapa mereka harus membelil sebuah produk atau gagasan dari anda. Pembeli pertama-tama melihat anda, bukan barang atau ide yang anda jual.

4) Ketika berhadapan dengan pembeli, maka jadilah temannya, bukan menjadi seorang penjual.

Sama hakikatnya seperti kepercayaan diri, sikap tenang dan kemauan untuk memperlakukan pelanggan dengan sopan, sikap terbuka, dan keramahan merupakan elemen-elemen penting yang mesti dipikirkan. Sampaikan kepada mereka bahwa Anda sedang mencoba untuk membantu mereka, dan tidak berusaha mengambil keuntungan mereka.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!