Indikator Keberhasilan Seorang Manajer Pemasaran – Marketing Manager

Dalam dunia bisnis, kesuksesan bisa terbukti dengan adanya tindakan terakhir yang konsumen tunjukkan atau berikan pada penggunaan produk kita.

Jika tindakan yang mereka berikan tersebut berakhir dengan kepercayaan, artinya strategi yang direncanakan dan digunakan tersebut telah berhasil.

Strategi tersebut tentu saja bisa berhasil karena adanya departemen atau sebuah manajemen pemasaran yang mengelolanya dengan baik. Tanpa adanya pengelolaan dalam departemen pemasaran tersebut, tidak rencana strategi mungkin berbuah manis.

Mengelola manajemen pemasaran tentu saja bagian dari tugas manajer pemasaran secara keseluruhan. Secara umum, manajer adalah mereka yang bekerja untuk mengkoordinir semua kegiatan dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan atau sasarannya.

Ia harus berpengalaman, kaya akan ilmu pengetahuan, terampil, berwawasan luas, memiliki jiwa pemimpin, mampu mengatur dan mengelola, serta mengendalikan dan mengembangkan semua kegiatan yang terencana dalam organisasi tersebut untuk mencapai target atau tujuannya.

Bisa dikatakan sebagai pemimpin departemen, tuntutan harus bisa menumbuhkan, mempertahankan, dan mengembangkan bisnisnya harus bisa dilakukan oleh seorang manajer pemasaran. Iklim bisnis harus diciptakan dan dipertahankan dalam perusahaan.

Sebagai pimpinan, ia juga harus menjadi contoh yang baik dan bisa menjadi panutan bawahannya. Keproduktifan akan menjadi salah satu gaya yang mampu menjadi contoh yang baik tersebut. Jika sudah demikian, ia akan mudah mengarahkan semua bawahan yang dipimpinnya tersebut.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Seorang manajer pemasaran dalam perusahaan juga dituntut harus bisa melaksanakan tugas pokoknya. Diantaranya mendapatkan konsumen atau pelanggannya, mempertahankan pelanggan tersebut hingga seumur hidup, dan terakhir harus peka dengan persaingan dan mampu menanggulanginya. Sangat berat sekali tugasnya.

Pemasaran sendiri, dalam meraih atau mendapatkan pelanggan tidak mudah. Dibutuhkan strategi khusus yang mampu membidik target pasar yang telah ditentukan dari awal produk tersebut diproduksi.

Dalam satu departemen, tentu tidak hanya ada satu kepala. Banyak kepala yang harus disatukan tujuannya, dan menjadi bagian tugas manajer pemasaran lah dalam mengkoordinirnya.

Jiwa kepemimpinan harus dimiliki agar langkah yang dituju pasti. Strategi pemasaran bisa berjalan dengan sempurna, pelangganpun bisa jatuh cinta dengan produk kita.

Tanggung jawab seorang manajer pemasaran yaitu berhadapan langsung dengan manager umum. Kesuksesan bisnis memang sangat bergantung padanya. Oleh karena itu, tanggung jawabnya besar. Jadi, seorang manajer marketing selain berjiwa pemimpin memang dituntut tinggi kreatifitasnya. Kreatifitas yang tinggi akan menghasilkan inovasi terbaru untuk ide selanjutnya.

Ide bagaimana memperbaiki kualitas produk dan mempertahankannya. Ini akan menjadi kunci bagaimana pelanggannya nanti jadi pelanggan tetap seumur hidup yang percaya penuh pada produk tersebut.

Mempertahankan adalah hal tersulit. Jadi, dalam departemen pemasaran seorang manajer pemasaran harus bisa merangkul semua anggotanya agar bisa tetap satu tujuan.

Persaingan tidak akan pernah berakhir dalam dunia bisnis. Tugas manajer pemasaran yang harus peka membuatnya harus bisa menganalisa pasar setiap saat. Jika ide baru selalu bisa dihadirkan untuk mempertahankan pelanggan dengan kualitas produk yang semakin diperbaiki. Maka, untuk menghadapi persaingan, ide yang dihasilkan selain lebih baik harus mampu mengungguli produk pesaing.

Strategi pemasaran sebisa mungkin juga bisa mengunggulinya. Tapi, tentu saja mengungguli pesaing ini harus dilakukan dengan cara yang sehat. Kreatifitas harus terus digali dan ide segar terus dihasilkan. Sehingga, selain produk dikenal lebih unggul, sebagai manajer pemasaran pun Anda akan dikenal sebagai orang yang kompeten.

Analisa juga akan manajer pemasaran lakukan terhadap laporan para staff atau bawahannya. Dalam menganalisa tentu butuh ketelitian.

Namun, untuk kerja bawahan yang semakin optimal, wewenang manajer pemasaran yang dimilikinya harus mampu membuta para staff atau bawahannya semakin semangat bekerja sama. Kepentingan perusahaan dan pelayanan konsumen dijadikan yang utama oleh Anda, manajer pemasaran dan staff. Meningkatkan semangat kerja, manajer pemasaran bisa memberikan bimbingan kepada staff atau bawahan dengan berbagi ilmu pemasaran yang dimiliki.

Bisa juga Anda mengirim staff tersebut untuk mengikuti training. Tugas manajer pemasaran yang beserta dalam pertanggung jawaban pencapaian target termasuk dana dalam promosi pelaksanaan strategi pemasaran akan lebih ringan ketika didukung staff atau bawahan yang mengerti dan maju terus belajar untuk mengetahui bidang ini lebih dalam.

Berikut ini, merupakan beberapa strategi pengembangan perusahaan yang menjadi tugas manajer pemasaran dalam pengambilan langkahnya.

1. Seorang manajer pemasaran harus mampu mengidentifikasi setiap masalah sehingga ia mampu merumuskan apa alternatif yang harus diambil dalam menyelesaikan masalah tersebut. Namun, alternatif tersebut harus mampu ia analisa dari berbagai sudut pandang sehingga bisa diambil satu kesimpulan pasti.

2. Kepuasan konsumen yang utama harus bisa bertahan hingga seumur hidup atau jangka panjang merupakan tugas terbesar yang ditanggungnya. Strategi pemasaran terutama dalam penyajian produk adalah yang harus bisa manajemen pemasaran suguhkan.

3. Selain menyajikan produk memuaskan, menyajikan harga terbaik pun akan membuat konsumen bertahan dalam jangka yang panjang dengan produknya. Maka, strategi untuk penentuan harga wajib manajer pemasaran pikirkan dan rencanakan.

Selain berhubungan langsung dengan keputusan dan kepuasan konsumen, harga juga berhubungan langsung dengan persaingan pasar. Tapi, jaman sekarang ini masyarakat sudah pintar dalam memilih produk.

Mereka tidak akan menolak harga mahal untuk produk yang pantas. Jadi, memantaskan produk memang penting. Bukti produk yang nyata akan membuat harga dijadikan nomor dua oleh mereka.

4. Selain strategi untuk target pasar yang jelas, manajer pemasaran harus bisa menyalurkan atau mendistribusikan produknya dengan strategi yang mencakup tujuan pemasaran tersebut. Strategi dalam pendistribusian membuat produk bisa dengan mudah ditemukan.

5. Mendistribusikan barang tentu saja akan terjadi dengan baik jika sudah diawali dengan promosi yang baik. Proses promosi yang terstrategi akan membuat produk gampang dikenal dan semakin banyak permintaannya. Promosi, kini juga lebih mudah dilakukan.

Selain promosi dengan strategi datang langsung ke tempat konsumen melalui sales, kini bisa dilakukan hanya dengan internet saja. Dikenal dengan istilah digital marketing, promosi bisa dikenalkan dalam bentuk website.

Manajer pemasaran mengarahkan bawahan bagian digital ini untuk menaruh konten mengenai produk dengan bahasa ‘iklan’ yang menarik sehingga kepercayaan konsumen bisa didapatkan.

Tidak pernah ada tugas yang mudah untuk seorang manajer, termasuk tugas manajer pemasaran. Namun, pemahaman yang baik akan tugasnya akan membuat siapapun yang sudah mendapatkan jabatan ini merasa nyaman.

Dunia marketing memang bukan dunia main-main. Ia melihat dari berbagai segi, keuntungan perusahaan dimana ia sebagai pelaku bisnis, dan kepuasan pelanggan dimana ia juga harus bisa menempatkan dirinya jika ia pelanggan tersebut.

Setiap hari ide baru harus ia miliki agar ia bisa tetap bertahan dan memajukan perusahaan. Tanggung jawab yang berat jika dijadikan beban. Namun, jaman yang semakin maju membuat beban tersebut berubah menjadi hobi baru. Tidak jarang jika sekarang banyak yang banting setir dari profesinya ke dunia marketing.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!