Indikator Keberhasilan Seorang Manajer Pemasaran – Marketing Manager

Dalam dunia bisnis, kesuksesan bisa terbukti dengan adanya tindakan terakhir yang konsumen tunjukkan atau berikan pada penggunaan produk kita.

Jika tindakan yang mereka berikan tersebut berakhir dengan kepercayaan, artinya strategi yang direncanakan dan digunakan tersebut telah berhasil.

Strategi tersebut tentu saja bisa berhasil karena adanya departemen atau sebuah manajemen pemasaran yang mengelolanya dengan baik. Tanpa adanya pengelolaan dalam departemen pemasaran tersebut, tidak rencana strategi mungkin berbuah manis.

Mengelola manajemen pemasaran tentu saja bagian dari tugas manajer pemasaran secara keseluruhan. Secara umum, manajer adalah mereka yang bekerja untuk mengkoordinir semua kegiatan dalam sebuah organisasi untuk mencapai tujuan atau sasarannya.

Ia harus berpengalaman, kaya akan ilmu pengetahuan, terampil, berwawasan luas, memiliki jiwa pemimpin, mampu mengatur dan mengelola, serta mengendalikan dan mengembangkan semua kegiatan yang terencana dalam organisasi tersebut untuk mencapai target atau tujuannya.

Bisa dikatakan sebagai pemimpin departemen, tuntutan harus bisa menumbuhkan, mempertahankan, dan mengembangkan bisnisnya harus bisa dilakukan oleh seorang manajer pemasaran. Iklim bisnis harus diciptakan dan dipertahankan dalam perusahaan.

Sebagai pimpinan, ia juga har