Cara Menyusun Makalah Manajemen Pemasaran yang Bagus dan Lengkap

Makalah manajemen pemasaran berisikan uraian tentang ilmu pemasaran. Ilmu Pemasaran sendiri dapat didefinisikan sebagai upaya untuk menawarkan suatu produk atau layanan kepada masyarakat, dimana hal ini mencakup berbagai tindakan dan aspek yang diperlukan untuk mendukung upaya memperkenalkan produk tersebut secara efektif kepada masyarakat.

Secara lebih rinci, sebuah makalah manajemen pemasaran yang lengkap juga harus mempertimbangkan empat unsur penting dalam ilmu pemasaran yaitu:

Produk (Product)
Obyek yang dipasarkan harus sesuatu yang diperlukan atau diminati target konsumen yang disasar.

• Lokasi (Place)
Lokasi pemasaran memegang peranan penting; hal ini akan terkait dengan segmentasi pasar berdasarkan lokasi geografis dan tren serta budaya yang berlaku di lokasi tersebut.

• Harga (Price)
Harga memegang peranan penting dalam pemasaran; murah atau mahalnya suatu produk dan kesesuaiannya dengan apa yang didapat konsumen akan sangat menentukan tingkat keberhasilan strategi pemasaran tersebut.

• Promosi (Promotion)
Bentuk promosi yang tepat akan membantu dalam hal menarik perhatian target konsumen, dimana hal ini kemudian akan menjurus pada keinginan untuk membeli, yang akhirnya menjadikan hadirnya konsumen baru.

Keempat unsur ini harus dicakup dalam makalah manajemen pemasaran. Semua elemen ini harus diterapkan secara efektif untuk mendatangkan hasil yang sukses.

Dalam makalah manajemen pemasaran harus juga diuraikan 5 aktivitas kunci yang harus dilakukan untuk menerapkan unsur-unsur pemasaran dengan baik. Kelima aktivitas kunci itu adalah:

• Analisis Konsumen
Makalah manajemen pemasaran yang efektif harus menjelakan analisa konsumen dengan lengkap. Analisis ini didasarkan pada pihak pelanggan atau pembeli itu sendiri, yang mencakup karakteristik pelanggan dan kebutuhan mereka yang sebenarnya, plus pola belanja yang mereka lakukan. Misalnya, produsen sebuah mobil mencari tahu jenis mobil apa yang cocok diproduksi di suatu daerah dengan melihat demografi masyarakat seperti rentang usia, tingkat ekonomi dan pekerjaan.

• Perencanaan Produk
Hal ini terkait dengan berbagai aktifitas terkait perencanaan produk baru, rencana untuk memodifikasi produk lama atau bahkan menarik produk lama dan tak memproduksinya lagi jika perlu. Hal ini biasanya terlihat pada produk-produk yang merknya sudah beredar lama dengan diversifikasi produk luas seperti Nestle dan Unilever, dimana beberapa varian produknya ada yang hilang dan ada yang bertambah.

• Perencanaan Harga
Hal ini terkait dengan perencanaan harga suatu produk, dimana hal ini harus ditinjau dari desain produk tersebut, biaya produksi yang dikeluarkan untuk membuatnya, serta faktor luar yang memengaruhi tingkat harga seperti inflasi.

• Rencana Distribusi
Hal ini terkait dengan metode serta jalur distribusi yang paling tepat untuk produk tersebut, yang bisa membuatnya sampai dengan lebih cepat untuk memenuhi permintaan konsumen. Misalnya, apakah suatu produk akan diproduksi secara bertahap di tempat yang berbeda atau di satu pabrik saja? Apakah jalur distribusinya lebih cocok lewat jalur darat daripada udara?

• Rencana Promosi
Makalah manajemen pemasaran juga harus menjelaskan metode publisitas dan promosi yang dilakukan untuk menarik minat masyarakat untuk membeli produk tersebut. Hal ini sangat menyolok terlihat dalam berbagai kampanye iklan, dimana produsen yang berbeda menggunakan cara promosi yang berlainan.

Ada yang memasang selebritis, mendompleng nama tokoh sejarah, memberi penawaran khusus seperti beli 2 gratis 1 dan sebagainya sesuai kebutuhan.

Kesimpulannya, makalah manajemen pemasaran yang bagus harus menguraikan kelima aktifitas kunci tersebut. Mengapa? Karena dalam pemasaran lima aktivitas ini sangat vital fungsinya dalam metode pemasaran, demi bisa memasarkan produk yang dihasilkan ke konsumen yang tepat mengguna