Cara Merumuskan Strategi Pemasaran Digital – Digital Marketing Strategy yang Efektif

Jaman sekarang bisa dikatakan sebagai jamannya digital. Semua bisa kita dapatkan secara instan dengan proses yang mudah.

Termasuk untuk urusan bisnis. Produsen selaku pelaku bisnis dapat memasarkan produknya melalui dunia digital tersebut dan konsumen selaku pengguna jasa tersebut juga mudah mencari hingga mendapatkan apa kebutuhannya. Tapi, dalam proses tersebut, pelaku bisnislah yang mendapatkan banyak tantangan.

Jika bisnis yang menganut jaman modern ini yang memanfaatkan dunia digital sebagai jalan pemasarannya dibandingkan dengan bisnis yang masih memakai cara konvensional atau biasa, perbedaannya terletak pada pengambilan resiko.

Mungkin bisa dikatakan resiko dari pemasaran secara digital ini lebih ringan. Namun, syaratnya hanya satu yaitu kreatifitas harus terus diasah dan dikembangkan. Karena, modal strategi pemasaran digital terletak pada kreatifitas pelaku bisnisnya.

Internet adalah jalan masuk ke dunia digital yang bisa diakses oleh semua orang di seluruh dunia. Jangkauan yang luas untuk modal yang terbatas memang menguntungkan.

Semua kepentingan dalam dunia bisnis seperti pengenalan produk baik itu barang atau jasa tinggal pelaku bisnis atau marketernya sampaikan saja langsung di internet.

Rincian informasi yang jelas yang membuat orang tertarik dengan produk bisnis kita akan membuat pemasaran berjalan dengan mudah. Bahasa adalah kunci dimana penyampaian ini mampu menarik hati konsumen pada produk bisnis kita.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Bahasa harus mampu diingat terutama untuk segmen masyarakat yang telah kita bidik sebagai target pasarnya. Jadi, sesuaikan bahasanya agar begitu membacanya, mereka mengerti dan tahu bahwa jika mereka butuh produk dengan spesifikasi tertentu, maka produk kita lah jawaban atau solusi yang pertama mereka ingat.

Dunia bisnis yang terus berkembang hingga ke era digital ini memang sangat membantu. khususnya mereka yang berkeinginan besar berbisnis namun memiliki budget terbatas. Begitu juga bagi para pelaku industri kreatif. Dunia digital adalah dunia yang tepat dan cepat dalam mewujudkan mimpinya.

Hanya, dalam prakteknya, strategi pemasaran digital yang dilakukan akan berhasil jika pelaku mengetahui beberapa hal efektif berikut ini.

1. Seseorang, konsumen ketika ingin mencari jawaban atau solusi kebutuhannya tentu dia akan menggunakan mesin pencari otomatis. Keyword pun menjadi bagian penting yang menghubungkan kebutuhan mereka dengan produk kita tersebut.

Maka, Anda wajib mengetahui apa itu SEO atau Search Engine Optimization. SEO dikuasai, maka kunci sukses sudah jatuh di tangan Anda.

Saat ini, mempelajari SEO bisa dengan mudah Anda pelajari lewat seminar ataupun pelatihan. Tapi, secara otodidak di internet sendiri Anda juga bisa mempelajarinya. Jika butuh tenaga ahli, banyak juga jasa SEO yang kini bisa Anda andalkan kemampuannya.

SEO akan mengantarkan Anda pada penguasaan konten website yang lebih optimal. Sehingga, konsumen dengan mudah langsung terhubung pada website Anda termasuk jika mereka menggunakan pencarian dari sistem pencarian otomatis.

2. Jaman dulu, blog merupakan diary dimana seseorang menceritakan kisahnya. Saat ini, strategi pemasaran digital mampu mengubah fungsi blog sebagai sarana marketing yang ampuh. Mengelola blog dengan menarik.

Menaruh link-link ke situs kita langsung hingga menjadikannya tempat promosi akan membuat pengunjung singgah di website kita. Jadi, meningkatkan kemampuan blogging juga penting.

Sudah saatnya Anda mengubah bakat menulis Anda menjadi uang. Rajin update dengan mengisi konten yang sedang hits dan banyak dibicarakan orang. Arahkan siapapun yang masuk ke blog agar sampai di website bisnis yang dikelola.

3. Siapa masyarakat yang saat ini tidak mengenal social media. Bahkan, orang pedesaan pun kini tahu apa itu facebook. Social media merupakan bagian dari strategi pemasaran digital yang tidak akan ketinggalan. Account yang dimiliki gratis dan kita bisa menjaring banyak orang untuk terhubung langsung dengan account milik kita.

Sarana promosi tanpa harus banyak modal ini berpengaruh besar dalam dunia bisnis modern. Jika facebook menjadi punggawanya yang banyak dimanfaatkan sebagai online shop terutama untuk skala bisnis rumahan.

Kini, setelah twitter yang mampu menjadi pesaing facebook tersebut, muncul juga instagram. Instagram yang lebih meyakinkan karena foto dari produk yang langsung bisa dilihat konsumen tersebut sangat membantu pelaku bisnis dalam menerima kepercayaan dari konsumennya.

Setiap proses, termasuk proses bisnis pasti memiliki keunggulan dan kelemahan masing-masing. Sudah dijelaskan sebelumnya bahwa salah satu keunggulan dalam pemasaran secara digital ini yaitu tentang luasnya jangkauan pasar yang tidak terbatas.

Bagi para pemula, budget terbatas bukan lagi hambatan besar. Melalui sistem digital, selain biaya pemasaran, waktu dan tenaga kerja yang akan dipakai pun jauh lebih sedikit. Artinya pengeluaran akan semakin diperhemat. Akan banyak dana serta waktu yang bisa dialokasikan ke kebutuhan selanjutnya dalam proses bisnis yang dijalankan tersebut.

Bayangkan, jika pemasaran harus berlangsung konvensional seperti dengan sales door to door. Butuh tenaga kerja yang banyak, biaya, hingga waktu. Sedangkan produk belum jelas laku atau tidaknya. Misalnya juga dengan cara stand pemasaran biasa.

Sama, banyak waktu dan tenaga yang dibutuhkan untuk produk yang masih belum bisa diprediksikan. Sedangkan dengan pemasaran secara digital. Control bahkan bisa dilakukan sendiri, banyak waktu yang bisa digunakan untuk melakukan hal lain, dan tanpa biaya misalnya transportasi. Kita hanya butuh perangkat untuk online saja.

Kelemahan yang menjadi hambatan dalam strategi pemasaran online yang biasa terjadi yaitu dalam pemberian kepercayaan. Kepercayaan sulit sekali diraih mengingat mereka, konsumen Anda hanya melihat produk dari layar computer atau handphone saja.

Solusi untuk mengatasinya, strategi pemasaran digital yang dilakukan harus benar-benar lembut. Artinya, Anda mengenalkan dan mempromosikan produk dengan apa adanya.

Mengunggulkan tapi wajar dan tidak berlebihan. Jika mereka bertanya dan sekiranya Anda bisa menangkap ketertarikannya pada produk Anda maka jawablah sebaik-baiknya. Jangan sampai Anda memaksakan mereka harus menggunakan produk Anda. Ingat, bahwa disini tugas Anda mengarahkan kepercayaan mereka agar keputusan mereka berakhir di produk Anda tersebut.

Selain dengan menggunakan dunia internet, pemasaran digital dengan berbagai strateginya tersebut juga bisa dilakukan melalui sms. Lebih canggih lagi, kini hadir berbagai aplikasi untuk chatting yang bisa Anda gunakan langsung untuk berinteraksi dengan target pasar tanpa biaya regular. Seperti Blackberry Messenger, KakaoTalk, Line, atau WhatsApp.

Terlebih dahulu, dalam melaksanakan strategi pemasaran digital kita harus mengetahui Awareness atau kesadaran. Memasangkan iklan agar mudah mendapatkan kepercayaan sebaiknya ditaruh di halaman website yang banyak orang buka dan percaya kredibilitasnya. Salah satunya media online seperti kompas.com dan detik.com.

Media online ini banyak di klik oleh masyarakat sebagai penyedia berita yang selalu update. Kemudian kesadaran ini juga harus bisa membaca ketertarikan atau interest orang pada apa saja. Pasarnya dunia digital yang bisa kita arahkan pada website bisnis kita adalah mesin pencari. Mesin pencari yang sudah terkenal yang bisa kita gunakan adalah google dan yahoo.

Sedangkan yang marak yaitu media social seperti facebook, twitter, dan instagram. Kesadaran termasuk ketertarikan dimana biasa konsumen bisa terarah pada produk kita tersebut akan berubah menjadi keinginan ketika kita dapat menjelaskan produk kita tersebut kepadanya. Baru, kita akan mendapatkan action atau tindakan berupa keputusan konsumen terhadap produk tersebut yang bisa berakhir dengan kepercayaan. Keberhasilan strategi pemasaran digital kita pun bisa diukur dari actionnya mereka tersebut.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!