Studi Kasus : Strategi Penjualan Honda Motor

Apa yang anda katakan ketika mendengar Honda, pasti mengatakan “ wow ada produk baru lagi, ya”. Ya, setiap kali Honda menmgeluarkan produk baru yaitu sepeda motor, pasti diserbu orang hanya dalam hitungan hari saja. Bahkan kadang beberapa saat setelah peluncuran produk orang-orang mendatangi shorum Honda dan membeli produk tersebut.

Mengapa produk anda tak bisa seperti Honda? Kalau anda menginginkan produk anda laku dipasaran hanya dalam hitungan jam sama seperti Honda, mulailah belajar dari strategi penjualan Honda yang tak kenal lelah dan tak kenal ampun.

Sekalipun ada merek motor lainnya, Honda akan tetap menjual produk dengan target yang luar biasa.

Apakah Honda membayar konsumennya agar mereka mau membeli produk yang dikeluarkan ataukah menggunakan strategi penjualan Honda yang berbeda dari merek lainnya? Seperti kita ketahui Honda memiliki banyak saingan bisnis seperti Yamaha, Suzuki, Kawasaki dan beberapa merek sepeda motor lainnya.

Yang paling menonjol adalah Yamaha. Coba kita lihat, setiap Honda mengeluarkan produk baru, pasti Yamaha juga ikut-ikutan mengeluarkan produk yang hampir sama. Demikian dengan Honda, kayaknya kedua merek sepeda motor ini memang ingin unggul segalanya. Strategi penjualan Honda tidak lepas dari keikutsertaan konsumen. Apa jadinya jika Honda tidak memiliki konsumen, mereka memegang peranan penting bagi kemajuan Honda hingga saat ini.

Konsumen menjadi hal utama bagi perkembangan produk Honda. Honda selalu mengaitkan konsumennya dalam produk yang akan dikeluarkan, apa yang menjadi keinginan konsumen, apa yang menjadi impian konsumen akan selalu diberikan oleh Honda. Strategi penjualan Honda yang selalu fleksibel ini karena daya beli masyarakat yang terus bertambah dan keinginan masyarakat dipenuhi pada produk yang dikeluarkan.

Kita lihat saja beberapa produknya, Honda Scorpio, V-Ixion, Scopy, Vario dan Beat, beberapa merek tersebut desainnya sangat bagus dan disesuaikan dengan harapan dan kebutuhan konsumen. Bagi wanita mereka bisa memilih merek Vario, Scopy dan Beat, beberapa merek tersebut memang dibuat untuk kebutuhan konsumen wanita. Namun, pria pun juga bisa memakai sepeda motor tersebut.

Strategi penjualan Honda yang ingin mewujudkan harapan konsumen dengan produk yang didesain sesuai perkembangan zaman dan teknologi modern ini juga didukung dengan promosi yang hebat.

Anda kenal Agnes Monika, atau sering melihat iklan Honda yang dibintangi oleh artis multi tilent ini? Jelas saja kita akan kagum dan senang jika melihat iklan Honda Vario. Ini dia yang jadi kagum banyak orang, bukan hanya artisnya yang cantik namun juga karena sepeda motornya yang keren ketika dipakai Agnes. Coba kalau yang memakai sepeda motor tersebut nenek-nenek, bagus tidak?

Jelas saja semua orang malas melihat iklannya, tapi jika artis cantik atau ganteng yang jadi model iklannya tentu semua orang akan senang melihatnya. Dengan menggaet artis-artis ternama, Honda semakin meningkatkan brandnya dimata semua orang.

Tentu anda bangga bukan jika memakai sepeda motor yang diiklankan oleh artis terkenal? Rasa bangga dan puas ini menjadi alasan strategi penjualan Honda. Selain itu, honda juga mengadakan beberapa pameran dan mengikutsertakan konsumen dalam setiap acaranya.

Konsumen diikutkan beberapa even dan Honda juga mendirikan komunitas sesama Honda agar lebih dekat dengan konsumen.

Kedekatan ini adalah satu dari beberapa strategi penjualan Honda untuk mendapatkan hati konsumen sampai kapanpun. Selain itu Honda juga selalu mengedepankan mesin dan desain yang selalu terdepan sehingga konsumen tidak akan kecewa. Honda akan terus berinovasi dan meningkatkan kepuasan konsumen untuk bersaing dengan merek lain.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!