Cara Melakukan Survei Kepuasan Pelanggan

Jika anda menginginkan kesuksesan tentu hal utama adalah membuat konsumen anda senang.

Bola konsumen senang maka apa yang anda jual tentu akan mereka beli. Senang dalam hal ini adalah konsumen mendapatkan kepuasan yang lebih banyak sehingga mereka bisa mendapatkan apa yang mereka butuhkan.

Di sini anda memerlukan survey kepuasan pelanggan untuk mengetahui seberapa besar kepuasan mereka terhadap produk yang anda pasarkan. Kepuasan pelanggan sangat penting agar pemasaran anda bisa mencapai target yang diinginkan.

Salah satu tujuan penting dari survey kepuasan pelanggan ini adalah untuk mengetahui apakah produk yang anda pasarkan benar-benar berkwalitas dan mampu memuaskan pelanggan anda atau tidak.

Banyak bisnis yang berkembang dan perlu melakukan survey ini agar mereka bisa menciptakan inovasi atau bisa memperbaiki dari produk lama yang di anggap kurang memuaskan pelanggan.

Survey kepuasan pelanggan bukan hanya untuk mengetahui seberapa besar antusias pelanggan atau konsumen anda dengan produk yang anda pasarkan.

Ada beberapa hal yang menyebabkan mengapa anda harus melakukan survey terhadap pelanggan anda di antaranya:

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

• Mengetahui kwalitas produk
Jika anda menjual produk pada masyarakat tentu anda ingin semua orang menyukai produk anda. Namun pada kenyataannya produk yang anda pasarkan itu tidak mendapat respon dari orang lain.

Dengan melakukan survey pada pelanggan anda bisa melihat seberapa baguskan kwalitas produk yang anda buat.

Jika produk anda mendapatkan banyak peminat atau laku dipasaran tentu saja kwalitas dari produk anda itu bagus. Namun kadang produk yang laris di pasar bukan hanya produk yang berkwalitas bagus tapi kadang harga yang murah menjadikan produk tersebut laku di pasaran.

• Evaluasi produk
Jika survey kepuasan pelanggan ini memperlihatkan bahwa produk anda tidak bisa memuaskan pelanggan, anda bisa memperbaiki produk tersebut dengan membuat inovasi baru agar konsumen lebih puas dengan produk anda. Inilah mengapa survey sangat diperlukan untuk mengetahui seberapa jauh produk anda di pasaran.

• Penilaian penjualan perusahaan
Survey yang dilakukan juga bisa untuk mengukur seberapa banyak penjualan yang dulakukan oleh perusahaan. Jika konsumen merasa puas dengan produk anda maka penjualan anda lebih mudah di ukur. Anda juga bisa melihat seberapa besar produk yang anda pasarkan untuk mencapai target penjualan yang direncanakan.

• Mengetahui kemampuan pesaing
Survey kepuasan pelanggan juga bisa digunakan untuk mengetahui seberapa besar kekuatan pesaing anda.

Beberapa langkah untuk melakukan survey kepuasan pelanggan diantaranya:

• Target Survey
Tentukanlah target dari survey anda termasuk siapa yang anda survey, tempat tujuan survey, dan berapa lama anda harus melakukan survey. Tentukan terlebih dulu siapa konsumen yang akan anda survey agar bisa mencapai target operasi.

• Biaya survey
Dalam setiap kegiatan operasional perusahaan tentu membutuhkan namanya biaya, demikian juga dengan survey yang akan anda lakukan. Anda bisa menentukan terlebih dulu berapa besar biaya yang anda perlukan untuk melakukan survey tersebut.

• Metode survey
Tentukan metode survey yang akan anda pilih sebelum anda melakukan survey tersebut. Anda bisa memilih metode survey langsung, kuisioner maupun wawancara terhadap narasumber langsung.

• Jadwal pelaksanaan survey
Anda bisa menjadwalkan tentang survey yang akan anda lakukan, berapa lama dan kapan waktu yang tepat untuk memulai survey tersebut.

• Analisa
Menganalisa terhadap hasil dari survey yang dilakukan adalah keharusan bagi setiap pekerjaan. Dan analisa ini sangat penting untuk mengetahui kepuasan dari pelanggan anda.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!