Bagaimana Cara Menentukan Segmen Pasar atau Segmentasi Pasar

Jika anda sebagai pebisnis tentu anda harus mengetahui dimana dan bagaimana serta untuk siapa anda harus menjual barang produksi anda.

Salah satu hal yang bisa meningkatkan laba perusahaan andalah dengan segmentasi pasar. Penggolongan pasar dalam proses pemasaran ini tidak lain untuk meningkatkan penjualan produk dan pada akhirnya untuk memperbesar laba yang anda peroleh.

Penetapan segmentasi pasar akan efektif jika perusahaan bisa menempatkan pada segmen terbaik sehingga dapat mengolahnya menjadi target pemasaran.

Pemasaran bukan hanya sekedar untuk menjual barang atau jasa saja namun pemasaran juga harus memperhatikan segmen pasar yang sudah ada.

Bila pemasaran hanya difokuskan sekedar mendapatkan banyak konsumen tanpa memperhatikan segmen pasar, kadang pemasaran tidak aka berjalan dengan lancar bahkan hanya beberapa saat saja produk laku dipasaran namun setelah itu akan berhenti sesaat bahkan selamanya.

Segmentasi pasar harus mengarah pada pemasaran produk yang akan dilakukan. Segmen pasar yang anda tentukan itu sangat menghemat biaya pemasaran namun anda juga harus menentukan penetapan segmentasi pasar yang baik.

Berikut beberapa ketentuan untuk menetapkan segmentasi pasar yang baik:

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga.....

• Segmen mudah di jangkau
Segmentasi pasar haruslah mudah di jangkau sehingga proses pemasaran bisa lebih efektif. Jika segmentasi pasar sulit di jangkau maka pendistribusian produk pun juga sulit dilakukan.

• Segmen mudah di ukur
Segmentasi pasar seharusnya bisa di ukur dengan jelas sehingga anda bisa memperkirakan seberapa besar kemampuan anda utuk memasuki pasar tersebut sebagai target pemasaran.

• Sesuai kemampuan pemasar
Segmentasi pasar yang di ukur sesuai kelayakan pemasar maksudnya anda bisa mengukur segmentasi pasar sesuai dengan kemampuan pemasaran produk anda. Jika anda rasa segmen yang anda pilih itu banyak kendalanya maka proses pemasaran anda tidak akan berjalan dengan mulus.

Beberapa kriteria dalam penentuan segmentasi pasar tersebut sangat penting agar anda bisa menentukan strategi pemasaran yang baik bagi usaha anda.

Pada dasarnya anda bisa menentukan segmen pasar yang terbaik bagi produk anda, ini adalah langkah awal bagi anda sebelum anda mendistribusikan produk anda ke pasaran atau kepada masyarakat.

Beberapa hal yang menyebabkan anda perlu melakukan segmentasi pasar pada usaha anda adalah:

• Konsumen
Konsumen merupakan salah satu faktor mengapa anda harus membagi area pemasaran anda. Konsumen produk yang sama namun jumlahnya cukup banyak inilah yang harus menjadi perhatian anda.

Agar pemasaran anda lebih efektif maka anda bisa melakukan segmentasi pasar terhadap produk yang sama untuk konsumen.

• Lingkungan
Lingkungan juga bisa menjadi alasan mengapa segmentasi pasar itu diperlukan. Keadaan lingkungan yang beraneka ragam dan budaya yang berbeda itulah yang menyebabkan keinginan beli tiap orang berbeda pula.

Dari beberapa perilaku konsumen yang berbeda itulah maka pembagian zona pemasaran produk bisa anda lakukan untuk memaksimalkan pemasaran anda.

• Usia
Usia menjadi salah satu tujuan pemasaran untuk produk. Semisal anda ingin menjual produk kosmetik, anda dalam hal ini juga harus memikirkan siapa yang akan anda jadikan target pemasaran.

Jika anda bisa menentukan segmen pemasaran anda maka kosmetik yang anda jual juga bisa cepat habis.

Dari uraian di atas jelas bahwa segmentasi pemasaran itu sangat penting agar anda bisa menentukan target pemasaran yang lebih efektif dan efisien. Jika segmen pasar bisa dijalankan dengan tepat maka laba perusahaan juga akan mudah didapatkan.

Anda pilih Misqien atau Kaya? Dapatkan Ebook yang Sangat Mencekam tentang Jurus Meraih Kekayaaan dan Financial Freedom. Gratis. Download DI SINI sekarang juga. Atau klik gambar di bawah.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!