Kasus : Strategi Pemasaran Telkomsel vs XL

Jika anda setiap hari menggunakan layanan Telkomsel dan XL, apakah anda juga memikirkan bagaimana Telkomsel maupun XL melakukan strategi untuk mendapatkan banyak konsumennya?

Strategi Pemasaran Telkomsel dan XL yang dijalankan saat ini bukan hanya untuk mendapatkan konsumen yang banyak namun juga untuk menjaga brand masing-masing agar terus melekat di hati konsumennya.

Sampai saat ini jumlah pelanggan Telkomsel sudah mencapai ratusan ribu konsumen itu selalu memberikan pelayanan yang prima kepada pelanggannya. Demikian juga dengan XL yang menjadi salah satu pesaing Telkomsel, XL juga melakukan strategi pemasaran produk hampir sama dengan Telkomsel.

Strategi pemasaran Telkomsel dan XL sama-sama untuk meningkatkan jumlah konsumennya. Konsumen yang banyak begitu berarti bagi kedua perusahaan Telekomunikasi ternama di Indonesia ini.

Layanan yang dilakukan oleh Telkomsel dan XL sama-sama untuk memberikan kepuasan pada pelanggannya. Telkomsel memberikan layanan baru kepada konsumennya dengan layanan 24 dan layanan pendukung lainnya untuk memudahkan kegiatan konsumen.

Strategi pemasaran Telkomsel dan XL memang berbeda namun pada intinya kedua strategi tersebut bermanfaat bagi perkembangan bisnis masing-masing.

Telkomsel melakukan strategi pemasaran dengan cara diversifikasi dengan pengembangan produk baru yang lebih canggih dan mudah diaplikasikan oleh konsumennya.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Download GRATIS – Powerful Ebook tentang Strategi Inovasi Apple dan Samsung – DISINI.

Tujuan dari semua itu karena untuk meningkatkan penjualan dan memberikan pelayanan atau jawaban atas permasalahan dari masyarakat selama ini. Selain itu jika Telkomsel mengeluarkan produk baru tentu harga yang dikeluarkan juga berbeda dari harga sebelumnya.

Ada banyak kemudahan yang dilakukan oleh telkomsel yang menjadikan konsumen suka menggunakan produk-produknya.

Seperti halnya dengan Telkomsel, ternyata XL juga menggunakan strategi khusus untuk mendapatkan banyak konsumen dan bisa bersaing dengan pesaing lainnya termasuk Telkomsel.

Memang strategi pemasaran Telkomsel dan XL ditujukan untuk meraih lebih banyak konsumen namun keduanya adalah sama-sama pesaing bisnis sehingga keduanya memiliki strategi berbeda dalam mencari pangsa pasar.

XL mengubah pandangan orang tentang harga yang di bandrol terlalu mahal untuk tiap produknya sehingga kini XL selalu menawarkan tarif yang jauh terjangkau daripada tarif-tarif sebelumnya.

Keinginan konsumen untuk mendapatkan kepuasan dan pelayanan yang baik dari XL membuat perusahaan ini mengubah citra mahalnya menjadi terjangkau dan lebih gaul. Gaul di sini XL bisa digunakan oleh semua kalangan tidak hanya untuk anak muda saja namun juga untuk orang dewasa dan anak-anak. Segmentasi pasar yang memilih target untuk semua kalangan ternyata lebih efektif daripada hanya memberikan peluang pasar untuk kalangan tertentu.

Selain beberapa strategi diatas, strategi pemasaran Telkomsel dan XL juga terletak pada distribusi yang dilakukan untuk counter-counter mereka yang tersebar di seluruh Indonesia baik di perkotaan maupun di daerah pelosok.

Namun, jika dibandingkan dengan XL, Telkomsel lebih banyak menyebarkan distribusi produk dengan penyediaan counter yang ada di berbagai daerah termasuk di daerah pelosok yang sulit di jangkau.

Dengan pendistribusian yang merata tersebut diharapkan konsumen bisa mendapatkan pelayanan yang lebih baik lagi. Telkomsel mampu menjangkau wilayah tertentu yang sulit di jangkau oleh produk telekomunikasi lainnya. Itulah yang menjadikan telkomsel lebih di kenal masyarakat.

Selain itu kedua merek perusahaan telekomunikasi itu selalu berpromosi dengan memanfaatkan beberapa artis terkenal di Indonesia. Artis yang terkenal itulah yang mampu memberikan sentuhan berbeda untuk tiap produk yang diluncurkan kedua perusahaan telekomunikasi itu. Jika kita lihat maka ke dua merek ini selalu bersaing dalam mempromosikan produknya.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!