Proses dan Tahapan Pengembangan Produk Baru

Apakah anda sebagai pebisnis cukup puas dengan produk yang anda jual saat ini? Jika anda telah puas dengan keberhasilan anda maka apakah anda juga memikirkan untuk proses pengembangan produk baru bagi perusahaan?

Sebagai pebisnis yang menginginkan kesuksesan bukan hanya saat ini saja tentu anda bisa memikirkan bagaiman ada memulai membangun suatu produk baru yang lebih bagus dari produk sebelumnya agar menguasai pasaran dan di minati konsumen.

Pengembangan produk baru sangat penting untuk membangun kesuksesan perusahaan atas kesuksesan produk sebelumnya. Jika anda hanya berhenti pada produk yang anda jual saat itu dan tidak ingin membuat kesuksesan tentang produk baru maka anda bukanlah seorang pebisnis yang brilliant.

Jika anda seorang pebisnis petualang maka anda tidak akan puas dengan keberhasilan produk anda yang terdahulu. Anda harus bisa menciptakan produk lagi yang jauh lebih bagus dan jauh lebih menghasilkan pemasukan dari sebelumnya.

Pengembangan produk baru merupakan langkah maju untuk perkembangan bisnis anda. Anda tidak bisa hanya mengandalkan produk lama yang telah anda jual. Pengembangan ini bukan hanya menginginkan kesuksesan yang dulu namun kadang anda harus berjuang untuk produk baru yang belum pernah anda publikasikan pada konsumen.

Dalam pengembangan produk baru anda harus memikirkan banyak hal sebelum anda menciptakan produk tersebut.

Berikut beberapa hal yang harus anda pertimbangkan dalam rangka untuk mengembangkan produk baru:

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

• Gagasan terbaik
Sebelum anda membuat produk baru anda bisa mencari gagasan terbaik anda maupun rekan atau karyawan berpotensi anda tentang apa dan bagaimana produk yang akan anda buat. Pilihlah gagasan dan ide yang benar-benar terbaik bagi produk anda.

• Identifikasi
Ujilah produk yang akan anda kembangkan atau produk yang akan anda buat, apakah produk itu di sukai oleh konsumen ataukah tidak. Hal ini sangat penting bagi perusahaan anda karena jika produk baru yang akan diciptakan tidak sesuai dengan keinginan konsumen maka anda hanya membuang biaya produksi.

Sebelum anda melakukan pengembangan produk baru, lihatlah pangsa pasar atau keinginan konsumen terhadap barang baru yang akan anda ciptakan, jika mereka sangat membutuhkan akan barang tersebut anda bisa mengembangkan produk baru yang sesuai kebutuhan konsumen.

• Pesaing
Pesaing juga bisa menjadi pertimbangan bagi anda sebelum anda mengembangkan produk baru. Jika anda ingin membangun produk baru namun produk tersebut ternyata banyak pesaingnya maka anda bisa mencari cara lain untuk mendongkrak produk baru anda agar tidak kalah dengan pesaing lainnya.

Setelah anda mempertimbangkan beberapa poin sebelum pengembangan produk baru tersebut, berikut beberapa konsep dalam pengembangan produk baru:

• Merancang produk
Jika anda sudah menetapkan produk apa yang akan anda buat maka anda bisa merancang desain dan sistem yang ada pada produk tersebut.

Buatlah produk dengan kwalitas yang terbaik mulai dari bahannya, kemasan, dan mereknya. Kwalitas dari produk baru anda sangat menentukan kepuasan dari konsumen. Produk baru harus di rancang sebaik mungkin sehingga memberikan kesan yang bagus bagi konsumen baru anda.

• Promosi produk
Ini adalah langkah selanjutnya dalam pengembangan produk baru anda. Lakukanlah promosi produk baru kepada setiap orang dengan baik. Komunikasi sangat penting untuk membangun citra dari produk bari anda. Jadi manfaatkan hubungan baik anda dengan konsumen untuk berpromosi.

• Pencapaian target
Pencapaian target ini merupakan hasil dari apa yang anda lakukan sebelumnya. Anda bisa mencapai target penjualan yang baik jika anda melakukan promosi dengan tepat.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!