Apa itu CRM – Customer Relationship Management ?

Pernahkan anda membuat suatu perencanaan bisnis besar dengan mempertimbangkan customer relationship management sebagai tujuan utamanya? Perencanaan bisnis yang anda lakukan bukan hanya sekedar memasarkan produk yang anda jual saja namun bagaimana anda harus memberikan kepuasan yang maksimal bagi mereka.

Di sini anda memerlukan customer relationship management agar apa yang anda pasarkan benar-benar menghasilkan. Bukan hanya anda memberikan kwalitas produk yang bagus namun anda juga harus memberikan pelayanan yang maksimal kepada konsumen anda.

CRM ini sangat penting untuk memaksimalkan penjualan pada perusahaan. Tanpa hubungan yang baik dari customer dan pelanggan, komunikasi tidak dapat berjalan dengan baik.

CRM memberikan kemudahan bagi perusahaan untuk mengetahui apa yang diinginkan pelanggan atau konsumen terhadap produk yang anda jual.

CRM dalam suatu perusahaan produksi maupun jasa dapat dilakukan oleh semua anggota atau semua SDM yang ada pada perusahaan.

Sistem keterbukaan yang dijalankan bagi perusahaan untuk mengetahui seberapa besar ketertarikan konsumen terhadap layanan perusahaan memberikan pemasukan dalam perusahaan untuk lebih mengembangkan dalam pencapaian target perusahaan.

Customer relationship management menggabungkan beberapa konsep yang sudah ada dalam perusahaan serta teknologi untuk lebih memahami apa yang diinginkan konsumen. Secara tidak langsung keberadaan CRM ini bisa meningkatkan penjualan dalam suatu bisnis. Anda menginginkan bisnis anda segera berkembang namun anda tidak tahu bagaimana membangun relasi atau hubungan yang baik untuk pelanggan anda.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Pelanggan di sini adalah raja, mereka menginginkan mereka di hargai selain mendapatkan kwalitas terbaik dari produk anda. Dengan peningkatan mutu dari customer relationship management ini dalam suatu perusahaan maka proses pemasaran akan lebih mudah.

Keseimbangan antara hubungan pelanggan dengan perusahaan merupakan hal penting agar terjadi interaksi yang baik ke depannya. CRM dapat berjalan dengan baik jika semua SDM dalam perusahaan itu bisa bekerja dengan tepat dan menempatkan pelanggan pada hal yang penting dan mendasar.

Berikut beberapa fungsi dari customer relationship management bagi perusahaan:

• Mengetahui selera konsumen
Terjadinya interaksi antara pelanggan dan pihak perusahaan yang bersangkutan akan menimbulkan omunikasi yang baik sehingga perusahaan bisa mengetahui selera konsumennya.

Sejauh mana konsumen menyukai produk yang anda pasarkan dan sejauh mana tingkat kebutuhan mereka akan produk anda.

CRM ini mengidentivikasi apa yang pelanggan inginkan dan mencatatnya dalam jurnal sehingga bisa mengaplikasikannnya kedalam sistem di dalam perusahaan. Bila perusahaan bisa mengetahui apa yang konsumen inginkan maka dengan mudah mereka mengubah atau membuat inovasi baru yang diinginkan konsumen.

• Meningkatkan penjualan
Ternyata terjadinya korelasi hubungan yang baik antara konsumen dan perusahaan ini sangat dasyat kaitannya dengan penjualan anda.

Jika terjadi hubungan yang baik antara konsumen maka dengan mudah marketer bisa mempromosikan produk mereka.

Konsumen akan lebih tertarik jika mereka ditawari produk oleh perusahaan yang telah lama menjalin hubungan baik dengan mereka. Jika anda bisa menjalin hubungan baik dengan konsumen maka anda ingin menawarkan produk apa saja pasti konsumen mau membelinya. Ini menjadi poin penting bagi perusahaan agar penjualan bisa ditingkatkan.

• Citra perusahaan
Jika suatu perusahaan bisa menjalin hubungan dengan baik kepada konsumennya, maka konsumen akan memandang perusahaan andalah yang terbaik sekalipun perusahaan anda kecil, konsumen akan memandang perusahaan anda yang terbaik dari perusahaan besar lainnya.

Itu dikarenakan CRM yang dijalankan benar-benar membuat pelanggan puas dan bangga terhadap pelayanan perusahaan anda.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!