Strategi Pemasaran Bank BCA

Strategi pemasaran bank BCA merupakan salah satu kunci keberhasilan bank swasta terbesar di Indonesia tersebut. Bank Central Asia didirikan pada 21 Februari 1957 dengan nama yang dipilih Bank Central Asia NV, perusahaan ini pernah menjadi bagian penting dari Grup Salim. Banyak hal yang telah dilalui sejak saat berdirinya bak tersebut.

Hal yang paling signifikan dialami adalah pada saat krisis moneter yang terjadi pada tahun 1997 lalu. Dimana krisis ini telah membawa dampak yang cukup luar biasa terhadap keseluruhan sistem perbankan yang ada di Indonesia.

Secara lebih spesifik, kondis krisis tersebut mempengaruhi aliran dana tunai di internal BCA dan bahkan telah sempat mengancam kelanjutan dari bank tersebut. Banyak nasabah yang menjadi panik selanjtnya beramai-ramai menarik dana milik mereka. Akibatnya, bank BCA terpaksa meminta bantuan kepada pihak pemerintah Indonesia.

Slide BSM Horizontal

Badan Penyehatan Perbankan Nasional atau BPPN selanjutnya mengambil alih BCA pada tahun 1998. Namun berkat kebijaksanaan bisnis BCA dan pengambilan keputusan yang tepat, bank BCA berhasil pulih kembali dari krisis pada tahun yang sama.

Jika Anda ingin mendapatkan slide presentasi bagus tentang strategi pemasaran, business strategy dan customer service, silakan KLIK disini.

Selanjutnya pada bulan Desember 1998, dana pihak ke tiga dari bank BCA telah kembali ke tingkat yang sama saat sebelum krisis. Strategi pemasaran bank BCA merupakan strategi yang cukup kreatif dan inovatif sehingga mengantarkan bank swasta terbesar di Indonesia tersebut meraih berbagai bentuk penghargaan baik di tingkat nasional maupun internasional. Salah satu keunggulan strategi pemasaran bank BCA yang cukup inovatif saat ini adalah melakukan kombinasi inovasi teknologi dengan berbagai aktivitas perbankan dan kegiatan kemudahan aktivitas kehidupan lainnya.

Bank BCA bisa dikatakan sebagai bank terbaik yang menyajikan layanan electronic money yang memuaskan pelanggan. Berbagai layanan inovasi produk perbankan yang dikombinasikan dengan teknologi selalu dihadirkan oleh BCA untuk mempermudah para nasabahnya.

Berbagai produk perbankan yang dikombinasikan dengan inovasi teknologi tersebut diantaranya adalah; BCA Mobile sebagai layanan akses perbankan elektronik m-BCA dan juga klik BCA melalui fasilitas smartphone, bank online pertama yang ada di Indonesia pada tahun 1990, menjadi bank pertama yang menyediakan bentuk pembayaran secara online melalui fasilita ATM di tahun 1996, layanan klikpay BCA dan sebagainya.

Strategi pemasaran bank BCA lainnya yang cukup bombastis adalah upaya promosi besar-besaran yang selalu dilakukan setiap saat, baik melalui iklan, sistem kerjasama, even promo dan sebagainya. Gebyar BCA yang sampai saat ini masih terus menjadi tayangan rutin di salah satu televisi swasta membuktikan komitmen dari pihak bank BCA untuk selalu melakukan upaya promosi yang maksimal kepada para konsumen.

Download slide presentasi yang sangat memikat tentang MARKETING PLAN dan MARKETING STRATEGY DISINI.

Berbagai even atau kerjasama juga dilakukan oleh pihak bank BCA, diantaranya adalah join dengan pihak Pos Indonesia, mendukung industri pupuk Indonesia, perusahaan pakaian berkelas dan sebagainya. Upaya promosi sebagai bagian dari strategi pemasaran bank BCA juga dilakukan dengan membuat even gebyar hadiah BCA dengan hadiah langsung berupa mobil mewah. Bank BCA juga selalu kreatif memberikan berbagai kemudahan bagi para penggunanya mulai dari kemudahan isi pulsa, berbelanja, liburan dan sebagainya.

Berbagai bentuk kejasama yang dilakukan oleh Bank BCA semakin memunculkan berbagai bentuk kemudahaan aktivitas dan gaya hidup para nasabahnya. Hal ini tentu akan membuat banyak orang tertarik menjadi nasabah BCA karena berbagai bentuk kemudahan yang ditawarkan. Strategi pemasaran bank BCA dengan cara ini menekankan pada pelayanan yang utama kepada para nasabahnya.

Baca Kisah Sukses Online Marketing Strategy secara lengkap disini.

Slide BSM Horizontal

Download slide presentasi yang sangat memikat tentang MARKETING PLAN dan MARKETING STRATEGY DISINI.

Comments are closed.