Jenis Riset Pemasaran – Survei Pemasaran dan Riset Pasar

Riset pemasaran adalah pengumpulan, pencatatan, dan analisa data yang berhubungan dengan permasalahan tertentu dalam pemasaran produk atau layanan.

Meskipun definisi ini menyiratkan pendekatan sistematis untuk pemasaran, riset pemasaran sering dilakukan sebagai reaksi terhadap masalah yang terjadi. Usaha riset pemasaran, sering dilakukan untuk proyek-proyek tertentu yang telah ditetapkan dari titik awal dan titik akhirnya.

Market and Economic Analysis
Analisa pasar melibatkan analisa faktor-faktor bagian dalam pasar untuk menentukan potensi pasar dari produk atau jasa yang diberikan. Peneliti pasar mengumpulkan daya dan menganalisa faktor-faktor yang berdampak pada kemungkinan penjualan di segmen pasar yang ada. Analisa ekonomi juga dipergunakan oleh peneliti segmen pasar untuk menentukan:

• Seberapa aktif perusahaan terhadap segmen pasar yang ada.

• Seberapa banyak uang yang harus diinvestasikan dalam pemasaran untuk segmen pasar tersebut
• Seberapa banyak yang dapat dihasilkan untuk memenuhi kebutuhan segmen pasar yang ada

revisi banner Slide Pemasaran

Analisa ekonomi sering kali melibatkan juga perkiraan kondisi ekonomi, melalui analisa dan usaha untuk memperkirakan perkembangan tren pasar dan demand.

Product Research
Departemen riset pemasaran melakukan penelitian produk untuk berbagai alasan, termasuk :
• Mengukur potensi penerimaan untuk produk baru.
• Menemukan peningkatan atau tambahan untuk produk yang ada
• Membuat perubahan atau peningkatan dalam pengemasan produk.
• Menentukan tingkat penerimaan produk dibandingkan produk pesaing.

Ketika sebuah produk baru dikembangkan, departemen peneliti pasar sering kali melakukan pengujian produk untuk melihat bagaimana pelanggan bereaksi terhadap produk baru tersebut.

Biasanya, sebelum dilakukan investasi bisnis dalam mengembangkan prototipe sebuah produk atau perbaikan produk, dia akan menggunakan peneliti pemasaran untuk secara verbal atau visual melihat peluang produk terhadap kelompok pelanggan yang potensial dalam pasar yang menjadi sasaran.

revisi banner KPI Pemasaran

Sekali sebuah produk telah diterima dalam tingkat pengujian, bisnis dapat bergerak ke arah pengembangan prototipe dari produk. Departemen peneliti pasar kemudian melakukan pengujian produk, terhadap pelanggan yang potensial , mungkin pengguna barang industri atau konsumen, yang kemudian diberikan produk yang baru atau yang sudah dimodifikasi untuk dicoba.

Konsumen mungkin diberikan sebuah jenis sereal yang baru untuk sarapan, untuk mencobanya juga di rumah sehingga peneliti dapat menguji produk yang dipergunakan di dalam keluarga; industri dapat juga memberikan jenis sistem telepon baru untuk dilakukan pengujian di kantor mereka sehingga peneliti pasar dapat menerima evaluasi manajemen untuk sistem itu dan melihat bagaimana produk itu berjalan di bidang pengujian mereka .

Setelah konsep produk dan pengujian produk selesai, bisnis dapat memutuskan untuk melakukan pengujian pasar terlebih dahulu sebelum mereka masuk ke pasar dengan produk-produk mereka.

Pengujian pasar ini memungkinkan bisnis untuk melihat penerimaan produk tersebut di berbagai segmen pasar sebelum dijual secara masal di pasar, dan sebelum bisnis melakukan investasi secara besar-besaran untuk produk tersebut.

Uji pemasaran dapat dilakukan unt