Marketing Communications (marcom) bagian dari rencana produk menunjukkan pengaturan tujuan iklan, merencanakan media dan strategi kreatif.

Setting Objectives
Titik awal untuk rencana iklan adalah pengaturan tujuan. Pernyataan sasaran akan mengikuti format yang sama sebagai tujuan pemasaran secara keseluruhan. Ini akan meliputi apa yang akan berkomunikasi kepada siapa dan apa hasilnya. Haruskah ikan menciptakan penjualan, menghasilkan angka, atau meningkatkan citra?

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

Kepada siapakah pesan seharusnya disampaikan agar hal tersebut dapat terjadi? Apa yang akan menjadi hasil dari komunikasi ini? Pendapatan $X? Jumlah angka untuk setiap prospek yang diperoleh? Sebuah prosentase perubahan dalam kesadaran? Jika manajer produk melakukan operasi pemesanan lewat email tanpa kekuatan penjualan, mungkin hal ini tepat untuk menghasilkan penjualan $X dari target pasar yang ditentukan lebih dari dua belas bulan ke depan.

Tetapi kebanyakan perusahaan akan memiliki beberapa kombinasi penjualan, menciptakan angka, dan/atau penguatan citra.

Jika produk tidak dijual secara langsung kepada pengguna akhir, keputusan harus diambil mengenai apa bagian dari anggaran yang akan dikhususkan untuk iklan bagi konsumen akhir (strategi penarik) dan bagian apa yang akan dikhususkan untuk iklan perdagangan (strategi pendorong). Kedua kelompok ini akan memerlukan media dan pesan yang berbeda.
Setelah memutuskan apa yang akan dikomunikasikan kepada siapa dan dengan hasil apa, pertanyaan selanjutnya adalah bagaimana supaya hal ini terjadi.

Itulah esensi dari rencana iklan: memutuskan pada media dan strategi kreatif. Meskipun banyak pekerjaan detail yang akan ditangani oleh departemen periklanan perusahaan atau melalui biro iklan, namun manajer produk harus memahami dasar-dasar untuk membuat keputusan evaluatif yang baik.

Perencanaan media akan berisi (1) daftar media potensial, (2) memilih sarana media yang sesuai, (3) menilai penjualan, (4) menguji kombinasi media, dan (5) mengembangkan kalender media. Strategi kreatif mengubah posisi dan fitur penjualan yang unik ke dalam komunikasi yang efektif dengan pelanggan.

Bosan ngantor? Cape macet melulu? Donwload stra