Contoh Isi Marketing Plan atau Rencana Pemasaran

Setiap rencana pemasaran harus memasukkan penjelasan yang jelas tentang segmentasi pasar, fokus sasaran pasar, dan perkiraan pasar. Untuk mengembangkan perencanaan yang efektif berdasarkan kepada kebutuhan dan bentuk pelanggan, anda harus bisa menjawab pertanyaan berikut in.

Dapatkan t-shirt keren dengan desain Android, Apple, Blackberry, serta kaos fan Manchester United dan Barcelona DISINI.

• Siapakah mereka ?
• Dimanakah mereka?
• Apa yang mereka perlukan?
• Bagaimana cara mereka mengambil keputusan untuk melakukan pembelian?
• Di mana mereka membelinya?
• Bagaimana cara anda menyampaikan pesan pemasaran dan penjualan anda?

Slide BSM Horizontal

Pengetahuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan ini merupakan permasalahan yang sangat penting, tidak peduli siapa yang mungkin akan menjadi calon konsumen anda. Hal ini juga berlaku ketika organisasi sosial pergi ke pasar untuk mencari dana, mencari bantuan, dan partisipasi sukarelawan.

Penelitian khusus yang berkaitan dengan analisa pasar ini dimulai dengan statistik yang memberikan jumlah total keluarga, ruang kelas, bisnis, dan pekerja yang ada di pasar. Ini adalah demografi dasar anda.

Apa yang anda perlukan tergantung kepada apa yang anda cari di dalam bisnis, rumah tangga atau perseorangan yang menjadi kelompok target anda. Jika memungkinkan, anda harus mampu membagi keluarga tersebut berdasarkan tingkat pendapatan, ukuran bisnis, dan pekerja berdasarkan jenis pendidikannya, dan faktor-faktor yang lain.

Statistik kepegawaian bisa menambahkan informasi tentang jenis para pekerja dan pendidikan serta latar belakang mereka. Anda juga bisa membagi target pelanggan anda ke dalam berbagai kelompok tergantung kepada psikografis. Ini adalah strategi segmentasi pasar, yang merupakan elemen utama dalam strategi pemasaran anda.

Saat melakukan perkiraan terhadap total pasar yang potensial, anda harus melakukan penelitian yang luas terhadap beberapa asumsi dasar. Anda harus melakukan asumsi tingkat harga untuk produk yang baru, yang berhubungan dengan penggantian, dan penilaian ekonomi tertentu

Anda harus melakukan asumsi bahwa potensi pasarnya berada dalam konsep yang stabil dan tidak ada perubahan. Asumsi ini memungkinkan anda untuk melakukan. Anda harus melakukan asumsi bahwa potensi pasar yang sebenarnya adalah stabil, dan tidak berubah-ubah. Asumsi ini akan membuat anda bisa terus meningkatkan penetrasi pasar secara bertahap.

Download slide presentasi yang sangat memikat tentang MARKETING PLAN dan MARKETING STRATEGY DISINI.

Pergunakan lembar segmen pasar untuk membuat pemilihan strategi anda untuk mengembangkan analisa target segmen. Tabel berikut ini menunjukkan lembar kerja sederhana untuk menjaga supaya jumpah pasar anda terorganisir. Ini akan membantu anda untuk melacak jumlah dasar potensi konsumen berdasarkan segmen, dengan kolom untuk memperkirakan pertumbuhan tingkat dan jumlahnya di masa yang akan datang.

Riset, Ekspolari dan Penjelasan
Untuk setiap segmen pasar, analisa pasar harus bisa menjelaskan sebanyak-banyaknya tentang konsumen yang menjadi target yang dimasukkan di dalam grup tersebut. Biasanya, termasuk deskripsi segmentasi, kebutuhan dan persyaratan, kanal distribusi, kekuatan kompetisi, komunikasi, dan kunci keberhasilan. Setiap hal tersebut merupakan sebuah topik dalam rencana ini:

Deskripsi segmen
Anda memerlukan penjelasan dasar untuk setiap segmen yang menjadi target, termasuk keterangan tentang karakteristiknya, seperti jumlah konsumen yang potensial, pertumbuhan tahunan, dan nilai pasar. Akan semakin bagus jika anda bisa lebih terinci.

Keperluan dan Persyaratan
Pemasaran yang terbaik adalah selalu fokus kepada pelanggan. Mengapa mereka memerlukan produk atau layanan kita? Apa yang membuat mereka membeli? Jangan terjebak kepada hal yang anda miliki saat mengidentifikasi keperluan konsumen dan berusaha melengkapi hal ini.

Distribusi Kanal
Apa yang menjadi kanal standar distribusi untuk segmen pelanggan ini? Bagaimana cara membedakan mereka dari segmen yang lain? Merupakan hal yang penting untuk melakukan pemasaran produk melalui kanal-kanal, tetapi dalam banyak kasus, anda harus mengetahui dan mengidentifikasikan keperluan dan persyaratan untuk memuaskan pelanggan .

Jika Anda ingin mendapatkan tambahan income yang memadai melalui kegiatan online marketing, silakan klik disini.

Download slide presentasi yang sangat memikat tentang MARKETING PLAN dan MARKETING STRATEGY DISINI.

Slide BSM Horizontal

Comments are closed.