Manajemen pemasaran merupakan bidang ilmu dan praktek manajemen yang bertujuan untuk mengkomunikasikan produk dan jasa agar bisa terjual di pasaran atau kepada pelanggan. Manajemen pemasaran mengenal adanya empat aspek utama dalam pemasaran : yakni aspek produk, aspek harga, aspek komunikasi pemasaran dan aspek saluran distribusi.

Aspek produk berkaitan dengan pengembangan produk dan jasa yang akan kita jual. Disini kita mengela beragam produk di pasaran, seperti produk Aqua, kartu Simpati, sepeda motor Honda, mobil BMW, hp Nokia, dan celana dalam merk Hings. Dalam wilayah jasa kita mengenal jasa keuangan bank BCA, jasa penerbangan Garuda, jasa rental gedung dan lain-lain.

Pemasaran dimulai dari adanya produk yang bagus mutunya, dan kemudian dikomunikasikan dengan baik sehingga mampu menciptakan citra produk yang bagus. Contoh produk mobil Toyota atau AC merek Samsung. Dua produk ini merupakan market leader dalam bidangnya, dan dianggap sebagai produk bagus untuk dua kategori tersebut.

Selain produk harus bagus, maka ia juga harus diiklankan atau dikomunikasikan secara intensif kepada para calon pelanggan. Kita lalu mengenal banyak iklan yang disiarkan terus menerus melalui TV, internet atau dicetak di media koran dan majalah. Juga di bilboard jalanan. Iklan ini berfungsi untuk membuat produk mereka dikenal oleh para pelanggan.

Produk kartu telpon XL, Indosat dan Simpati adalah contoh produk yang rajin beriklan di media televisi dan media koran. Produk sepeda motor Honda dan Yamaha juga saling bersaing untuk memasang iklan di telivisi dan media cetak.

Maksud dari iklan itu tentu saja adalah membuat brand image yang bagus di mata pelanggan. Ujungnya diharapkan akan mampu meningkatkan penjualan secara konsisten.

Jika Anda ingin mendapatkan tambahan income yang memadai melalui kegiatan online marketing strategy, silakan klik disini.

Download amazing FREE ebook tentang Strategi Inovasi Perusahaan - perusahaan Kelas Dunia - DISINI.