Cara Menyusun dan Melakukan Komunikasi Pemasaran

Tahapan dalam komunikasi pemasaran terdiri dari lima tahapan. Tahapa pertama adalah source atau sumber pesan merupakan tahapan yang akan menentukan tujuan komunikasi dan menetapkan sasaran komunikasi. Tahap kedua adalah encoding atau penyandian tujuan diatas menjadi sebuah pesan.

Tahap ketiga adalah transmission atau yang merupakan pengiriman pesan yang telah disandi kepada khalayak ramai. Tahapan berikutnya adalah decoding atau proses penerimaan pesan oleh audiens; agar pesan dapat dipahami dan mungkin untuk disimpan dalam memori. Dan tahapan terakhir adalah action atau tindakan nyata yang dilakukan oleh konsumen setelah mereka menerima dan menyerap pesan yang telah dikomunikasikan.

Tujuan komunikasi pemasaran dapat dibedakan menjadi tiga aspek:
• Apakah pemasar ingin menempatkan pesannya dalam benak konsumen (kognitif)
• Apakah ingin merubah sikapnya (afektif)
• Atau mendorong konsumen untuk berbuat sesuatu (perilaku)

Jika sebagian besar audiens belum mengenal obyek, maka tugas komunikator adalah membangun awareness (kesadaran), mungkin sekedar pengenalan produk, dengan pesan sederhana yang diulang-ulang.Contoh : kesadaran pelanggan akan produk listrik pra bayar masih rendah; maka dalam tahap ini pengenalan produk ini perlu dilakukan secara gencar untuk membangun awareness mengenai hadirnya produk listrik pra bayar.

Selanjutnya Pelanggan mungkin sudah ada yang tahu dan sadar akan adanya produk listrik pra bayar, tapi hanya sebatas itu. Dalam tahapan ini, perusahaan mulai melakukan pengenalan produk secara lebih rinci (product knowledge) sehingga pelanggan menjadi lebih tahu apa itu produk lsitrik pra bayar. Jika pelanggan sudah mengenal dan memiliki pengetahuan yang cukup mengenai produk itu, bagaimana perasan mereka mengenai produkt tesebut? Apakah mereka mulai tertarik dan tumbuh minat untuk memakai produk tersebut?

Pelanggan mungkin menyukai produk listrik pra bayar tersebut, namun tetap memilih pembayaran secara konvensional. Dalam hal ini, komunikator bisa membangun preferensi pelanggan dengan mempromosikan benefit dan fitur-fitur yang memberikan manfaat lebih dari produk tersebut dibanding produk lainnya. Pelanggan mungkin suka produk tertentu, namun belum yakni akan membelinya. Tugas komunikator adalah meyakinkan pelanggan yang sudah berminat bahwa produk listrik pra bayar adalah pilihan yang baik bagi mereka.Pelanggan mungkin sudah punya keyakinan, namun belum tergerak juga untuk melakukan pembelian.Dalam hal ini komunikator bisa merancang program untuk menawarkan produk secara promosi, misal dengan diskon, dapat hadiah, dll.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing Download Gratis Sekarang.

GRATIS - 7 materi pelatihan yang WOW dan 5 ebook yang LUAR BIASA tentang Ilmu Bisnis dan Digital Marketing. Download Gratis Sekarang.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Bisnis, Motivasi dan Financial Freedom secara GRATIS!