Berapa Penghasilan Bisnis Online Saya? 30 juta per bulan.

Dalam tulisan ini saya mau berbagi pengalaman pribadi saya yang telah aktif menjalankan kegiatan bisnis online sejak tahun 2008. Sebenarnya usaha online ini hanya merupakan kegiatan sampingan saya. Sebab pekerjaan utama saya adalah sebagai pendiri, pemilik dan konsultan manajemen pada PT. Manajemen Kinerja Utama – sebuah perusahaan yang memberikan jasa training dan konsultasi manajemen SDM kepada klien.

Saya juga berprofesi sebagai profesional blogger. Alamat blog saya ada di www.StrategiManajemen.net

Bisnis online ini saya lakukan sebagai usaha sampingan dan disela-sela padatnya pekerjaan utama saya sebagai konsultan manajemen. Penghasilan saya sendiri dari bisnis jasa konsultan manajemen SDM sebenarnya sudah lumayan tinggi, lebih tinggi dibanding penghasilan saya dari bisnis online.

Saya menekuni bisnis online karena saya mencintai dunia ini. Bahkan terus terang, saya lebih menyukai bisnis online ini dibanding bisnis konsultan manajemen yang saya kelola. Mungkin karena saya bisa menjalankan bisnis online hanya dari rumah (tidak perlu ke kantor klien seperti yang saya lakukan dalam bisnis konsultan manajemen. Kalau ke kantor klien, jalanannya pasti macet).

Jadi berapa penghasilan bersih (net income) dari bisnis online yang saya jalankan ini? Jawabannya : sekitar 30 juta per bulan. Sebuah tambahan penghasilan yang lumayan saya kira.

Berikut saya akan merinci komponen penghasilan dari bisnis online saya. Penghasilan 30 juta per bulan itu saya dapatkan dari dua jenis bisnis online, yakni :

Bisnis online 1 : Berjualan materi presentasi manajemen bisnis secara online. Sebagai konsultan manajemen, saya memiliki keahalian untuk menyusun materi presentasi bisnis (manajemen, pemasaran dan manajemen SDM) secara memadai. Disisi lain, sebagai trainer saya juga sering membuat materi presentasi untuk keperluan pekerjaan saya. Lalu saya berpikir kenapa materi presentasi ini tidak saya jual saja secara online?

Demikianlah, sejak tahun 2008 saya memutuskan menjual materi presentasi power point ini secara online. Saya menjual materi presentasi ini dalam dua versi : versi bahasa Indonesia untuk pasar lokal dan versi bahasa Inggris untuk pasar internasional.

Dalam paket presentasi powerpoint ini, terdapat sekitar 37 topik materi persentasi manajemen bisnis yang bagus. Saya menjualnya dengan harga Rp 295 ribu per paket.

Pendapatan dari jualan materi presentasi secara online ini adalah sebesar Rp 15 juta rupiah per bulan.

Bisnis Online 2 : Bisnis online saya yang kedua juga masih berkaitan dengan pekerjaan saya sebagai konsultan manajemen SDM. Dalam hal ini, saya berjualan materi templates dan beragam forms HRD. Saya menyebutnya Powerful HR Tools.

Intinya HR Tools ini adalah beragam alat atau forms untuk keperluan pengelolaan SDM, seperti List Pertanyaan Wajib untuk Wawancara Kerja, Alat Tes Asesmen Kompetensi, Katalog KPI (key performance indicators) atau juga kuesioner survei kepuasan karyawan. Forms dan templates ini ada yang berbentuk PDF, ada yang dalam excel, word dan powerpoint.

Semua forms itu saya buat dari hasil dari pengalaman saya selama menjadi Konsultan Manajemen SDM.

Paket materi Powerful HR Tools ini saya jual Rp 295 ribu. Rata-rata, penghasilan saya dari penjualan materi ini adalah sekitar Rp 15 juta/bulan.

Dengan demikian dari jualan dua produk diatas tersebut, rata-rata total penghasilan bisnis online saya adalah sekitar Rp 30 juta. Alhamdulilah dan puji syukur kepada Yang Maha Memberi Rezeki. Mudah-mudahan rezeki ini barokah.

Saya sendiri punya target suatu saat penghasilan saya dari bisnis online meningkat menjadi Rp 50 juta per bulan. Kalau target ini tercapai, mungkin pelan-pelan saya akan mendelegasikan bisnis konsultan manajemen saya kepada rekan saya yang lain. Dengan demikian saya bisa lebih fokus mengelola bisnis online, dan bisa lebih banyak bekerja dari rumah saja.

Untuk mencapai target pendapatan 50 juta/bulan, saya sedang menyiapkan dua produk online baru yakni : 1) jasa kursus online manajemen bisnis, dan 2) menjual produk buku serta DVD manajemen bisnis secara online.

Saat ini saya dan team sedang menyiapkan ratusan video tutorial dengan topik manajemen/bisnis untuk dijual dalam paket Kursus Online. Saya sendiri yang mengisi video ini karena memang selama ini saya punya keahlian sebagai konsultan manajemen dan juga trainer.

Saya sebenarnya sudah tidak sabar melaunch layanan Kursus Manajemen Bisnis Online ini. Namun sayang, saya masih sibuk dengan pekerjaan saya sebagai konsultan manajemen. Order dari klien selalu datang, dan saya kadang tidak tega untuk menolaknya. Alhasil waktu saya habis untuk mengerjakan order ini. Mungkin suatu saat nanti, saya akan benar-benar menolak order konsultasi, agar saya bisa full fokus untuk melaunch usaha kursus online.

Produk kedua yang saya impikan adalah menulis buku tentang personal development. Selama ini saya dikenal sebagai blogger dengan tulisan yang renyah. Banyak yang menyukai tulisan-tulisan saya. Mungkin suatu saat saya akan menulis buku, dan menerbitkan sendiri, lalu dijual hanya melalui toko online saya sendiri (tidak melalui Gramedia. Agar royalti 100% menjadi milik saya. Kalau lewat Gramedia royalti hanya dapat 10%. Too small).

Selain buku, saya mungkin akan menjual DVD saya tentang beragam topik manajemen SDM – ilmu yang saya kuasai (btw, saya lulus Master Program in HR Management dari Texas A&M University, USA atas beasiswa Fulrbight). DVD ini berisikan seminar atau workshop yang saya deliver namun direkam dalam bentuk DVD. Isinya mungkin sama dengan yang ada dalam Layanan Kursus Online.

Jadi orang bisa ikut membeli materi pelatihan saya melalui layanan kursus online, atau ada yang lebih memilih membeli DVD (beberapa orang mungkin akan memilih membeli DVD karena jaringan internet lambat, jadi kalau melalui kursus online yang web-based video, kualitas gambar bisa terputus-putus).

Demikianlah rencana dua produk online yang ingin saya luncurkan. Terus terang saya sendiri sangat antusias dengan proses peluncuran dua produk online baru ini. Mudah-mudahan suatu saat rencana dan impian ini bisa terwujud. Amin.

Bagaimanapun, harus saya katakan, tidak mudah untuk meraih hasil pendapatan online yang bagus. Juga tidak ada yang instant atau serba cepat. Butuh waktu yang cukup panjang dan perjuangan yang gigih. Namun yang juga amat penting : butuh KEAHLIAN dan KREATIVITAS untuk meraih hasil tersebut. Tanpa SKILLS dan kecakapan yang memadai, Anda tidak mungkin berhasil dalam bisnis online.

Kreativitas dan usaha yang gigih harus terus dilakukan agar penjualan online kita bisa stabil atau bahkan terus naik. Jujur saja, tanpa kreativitas promosi, penjualan online yang kita lakukan dengan mudah bisa menurun. Dan ini memang acap membuat semangat bisnis ikut menurun.

Terus belajar. Terus gigih berusaha. Terus kreatif dan mencoba mencari inovasi untuk meningkatkan penjualan online. Ini mungkin kunci untuk sukses dalam bisnis online.

Selamat berjuang, teman. Semoga bisnis online Anda juga sukses penuh keberkahan. Salam sukses mulia.

NOTE :
Anda ingin mendapatkan update artikel2 mencerahkan seperti diatas langsung melalui smartphone Anda? Langsung saja invite PIN BBM saya : 2B18E347. Atau invite + save no WA saya di 0812 8644 8789. Bagi yg invite, akan saya berikan BONUS tiga ebook bagus tentang mindset, kebebasan finansial dan cara meraih karir impian.

Free Ebook

Dapatkan Lima Buku Dahsyat tentang Karir, Strategi Inovasi, Personal Development, dan Financial Freedom secara GRATIS!