Peluang bisnis online tampaknya cukup menjanjikan. Itulah kenapa banyak orang sekarang yang terjun untuk menekuni bisnis online. Lalu benarkah bisnis online menjanjikan potensi income yang besar? Dan apakah memang menjalankan bisnis online itu gampang?

Jawaban untuk pertanyaan pertama adalah benar. Jika kita tekun dan gigih, kita memang bisa mendapatkan potensi pendapatan yang besar dari bisnis online. Namun seperti bisnis lainnya, tidak ada jalan yang instan. Sekali lagi kita hanya bisa dapat puluhan atau bahkan ratusan juta dari bisnis online jika kita memang tekun dan kreatif dalam menjalaninya.

Lalu berapa sebenarnya potensi pendapatan dari bisnis online yang bisa diperoleh?

Saya mau menjawab pertanyaan itu dari pengalaman pribadi saya yang telah aktif menjalankan bisnis online sejak tahun 2008. Pendapatan saya dari bisnis online adalah sekitar 30 juta rupiah per bulan.

Berikut saya akan merinci komponen penghasilan dari bisnis online saya. Penghasilan 30 juta per bulan itu saya dapatkan dari tiga jenis bisnis online, yakni :

Bisnis online 1 : Berjualan materi file presentasi manajemen bisnis secara online. Dalam bisnis ini saya menjual materi soft copy seperti ebook. Namun yang saya jual adalah dalam bentuk powerpoint presentation. Dalam bisnis online memang lebih praktis berjualan produk digital (dalam bentuk soft copy seperti ebook) karena bisa dikirim via email. Jadi ndak ribet dikirim via pos atau TIKI.

Adapun tema materi soft copy presentasi yang saya jual adalah tentang manajemen pemasaran, manajemen SDM dan manajemen bisnis umum. Tema ini saya kira banyak diminati oleh para pengguna internet. Saya menjual materi ini dalam versi bahasa Indonesia untuk pasar domestik, dan juga versi Bahasa Inggris untuk pasar internasional.

Pendapatan saya dari bisnis online pertama ini adalah sekitar Rp 15 juta per bulan.

Bisnis Online 2 : Berjualan Kaos secara Online. Dua bisnis online yang saya uraikan diatas sejatinya hanya menjual informasi secara online, dan jenis bisnis ini memang lebih praktis.

Nah, dalam bisnis online yang ketiga ini saya berjualan produk fisik berupa kaos secara online. Desain kaos yang saya juga unik dan banyak mengambil tema sepakbola. Mungkin karena desainnya bagus dan harga yang saya kenakan adalah harga grosir, maka cukup banyak pembelinya. Pengalaman saya berjualan secara online akan lebih bagus jika pakai harga grosir, dibanding harga retail/eceran.

Dengan harga grosir yang lebih murah, kita memang lebih mengejar omzet dan bukan kentungan setinggi-tingginya. Lebih baik untung sedikit namun pembeli banyak. Dalam bisnis online, metode ini kelihatannya lebih efektif.

Lalu berapa penghasilan online saya dari berjualan kaos ini? Setelah dipotong biaya produksi, biaya promosi dan lain-lain, pendapatan bersih saya adalah sekitar Rp 15 juta per bulan.

Demikianlah kira-kira rincian pendapatan dari bisnis online yang saya jalankan. Dari 2 bisnis online diatas, rata-rata saya mendapatkan penghasilan sekitar Rp 30 juta/bulan. Alhamdulilah. Puji syukur kepada Allah SWT. Mudah-mudahan rezeki ini barokah.

Dari pengalaman saya, keberhasilan dalam menjalankan bisnis online sangat membutuhkan ketekunan, kreativitas, keahlian dan skills yang memadai. Tanpa kreativitas dan wawasan yang memadai, kita tidak akan mungkin menggapai kesuksesan dalam bisnis online.

Selain itu, tentu kita juga harus terus belajar dengan gigih dan tekun. Selama ini saya sendiri banyak belajar dari buku-buku tentang panduan bisnis online. Salah satu sumber untuk menjadi wirausaha online yang sukses, dapat Anda nikmati DISINI.

Download amazing FREE ebook tentang Strategi Inovasi Perusahaan - perusahaan Kelas Dunia - DISINI.